Image default
Metropolitan

13.109 Orang Padati Monas Saksikan Orkestra Musik Klasik

Ada belasan ribu pengunjung memadati kawasan Monas, Minggu (8/9/2019) malam. Mayoritas dari mereka hadir untuk menyaksikan pertunjukan musik orkestra bertajuk "Konser Akbar Monas Jakarta Bersorak 2019". 13.109 pengunjung berkumpul menyaksikan acara yang terpusat di Silang Monas sisi tenggara itu.

Jumlah ini disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menyampaikan sambutannya di atas panggung utama. "Malam hari ini berkumpul 13.109 orang berdasarkan data tim kita di UPT Monas, yang selalu bisa menghitung berapa orang yang bisa masuk ke sini untuk sebuah kegiatan," kata Anies di lokasi. Bahkan kata dia, jumlah tersebut bisa menjadi rekor pengunjung konser musik klasik di Indonesia.

"Insya Allah ini sebuah rekor penonton konser musik klasik di Indonesia," ungkap dia. Dalam kesempatan itu, mantan Mendikbud ini juga menuturkan bahwa konser akbar musik orkestra yang terselenggara di Monas malam ini, merupakan penyelenggaraan perdana. Ia turut mendukung sekaligus berharap acara serupa bisa kembali digelar rutin.

Pemprov DKI kata dia juga bakal berencana untuk membuat Jakarta jadi salah satu rumah penting, bagi musik klasik dunia. "Ini diselenggarakan kita sangat mendukung dan kita berharap ini bukan kegiatan sekali tapi berkali kali di lapangan ini," katanya. "Pemprov DKI akan mendukung dan setelah ini kita duduk bersama bagaimana bisa membuat Jakarta menjadi salah satu rumah penting bagi musik klasik dunia," pungkas Anies.

Konser Akbar Monas Jakarta Bersorak 2019 berlangsung di Silang Monas Tenggara, Jakarta Pusat, Minggu (8/9/2019) malam. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan serta Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Susi Pudjiastuti terlihat hadir. Keduanya tampak duduk mengisi kursi bagian VIP.

Hadir dengan memakai setelan batik hitam bercorak cokelat dipadu celana hitam, Anies Baswedan didampingi sang istri Fery Farhati Ganis yang mengenakan pakaian merah, kerudung krem, serta bawahan celana hitam. Sedangkan beberapa kursi di sisi sebelah kanan Anies, duduk Menteri Susi Pudjiastuti. Ia hadir mengenakan pakaian serba hitam yang dikombinasi dengan syal bercorak kuning mencolok.

Dengan rambut dikuncir ke belakang, Susi juga rampak memakai anting emas. Pada setelan bagian bawah, ia terlihat mengenakan sepatu berwarna senada dengan antingnya. Dalam kesempatan itu, Ketua Konser Akbar Monas, Stephen Tong mengatakan dalam sambutannya bahwa musik adalah bahasa internasional.

Khususnya musik bergenre klasik, kata dia, tidak akan punah dan akan tetap tumbuh mengikuti sejarah manusia hingga kapan pun. "Musik adalah bahasa internasional. Musik klasik tak pernah mati, tak pernah punah akan terus menerus ikuti sejarah manusia sampai kiamat," ungkap Stephen di lokasi. Ia juga mengatakan belasan ribu pengunjung Monas yang malam ini memenuhi lokasi, bakal dihibur oleh orkestra musik lewat lantunan lagu dari Itali, Jerman, Austria, Finlandia dan mancanegara lainnya.

Alasannya, disebutkan karena sentuhan sentuhan musik yang berasal dari negara tersebut punya kemiripan jiwa dengan yang dipunyai Indonesia. "Malam ini ada suara dari alat musik, ada suara manusia. Musik dari Itali, Jerman, Austria, Finlandia, musik dari mancanegara. Karena jiwanya sama, jiwa Indonesia," ucapnya. Konser ini sendiri diadakan oleh Jakarta Simfonia Orchestra (JSO) dan Jakarta Oratorio Society (JOS).

Adapun repertoar yang bakal dibawakan, di antaranya karya Wolfgang Amadeus Mozart, Strauss, Franz von Suppé, Gioachino Antonio Rossini, dan Ludwig van Beethoven. Sementara repertoar dari Beethoven yang akan dimainkan meliputi Simfoni Nomor 9, bagian 4, Ode to Joy.

Berita Terkait

3 Diantaranya Dinikahi Siri Lalu Diperas Pengemudi Taksi Online Tiduri 14 Mantan Penumpangnya

Maya Rosfi'ah

Tanggapan PT KCI Soal Viralnya Penumpang yang Didorong Petugas agar Bisa Masuk menuju KRL

Maya Rosfi'ah

Sekda DKI Tidak Menggunakan Kata ‘Reklamasi’ Tapi ‘Perluasan Daratan’ Kawasan Ancol

Maya Rosfi'ah

Manajemen Mal Kota Kasablanka Pastikan Hoaks Diisukan Lockdown

Maya Rosfi'ah

Satu RT di Jakarta Barat Ini Masih Tergenang Enam Hari Pascabanjir

Maya Rosfi'ah

Warga Perumahan Citayam Village Temukan Anak Ular Kobra Lagi

Maya Rosfi'ah

Dishub Segera Tutup Perlintasan Sebidang di Dekat Kantor Imigrasi Jakarta Timur

Maya Rosfi'ah

Wali Kota Tangsel Tegur Camat Pondok Aren Gara-gara Beri Info Keliru soal Corona

Maya Rosfi'ah

Tak Pakai Masker di Masa Transisi PSBB Jakarta Didenda Rp 250 Ribu

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment