Image default
Bisnis

2 miliar Dolar AS American Airlines Kehilangan 2 Diterpa Pandemi Covid-19

Maskapai American Airlines kehilangan lebih dari 2,2 miliar Dolar Amerika Serikat (AS) pada kuartal pertama 2020 akibat pandemi virus corona (Covid 19) yang mulai mengganggu industri penerbangan global. Kuartal ini pun diperkirakan akan menjadi lebih buruk, seperti yang disampaikan maskapai itu pada Kamis kemarin. Angka ini mengindikasikan kerugian terbesar sejak awal krisis keuangan 2008 silam.

Kerugian itu muncul di tengah berlangsungnya krisis akibat corona yang telah menyebabkan penurunan permintaan secara signifikan terhadap perjalanan udara. Ini tentu saja membuat bisnis industri penerbangan dunia termasuk AS nyaris berantakan. Dikutip dari laman Business Insider, Jumat (1/5/2020), demi menyelamatkan perusahaan di tengah melesunya ekonomi, maskapai ini juga telah menerima bantuan sebesar 10,6 miliar Dolar AS melalui jalur kredit dan hibah pembayaran dari UU CARES federal, dan juga mencari jalur kredit lainnya.

Maskapai penerbangan AS ini pun telah memangkas kapasitas sebanyak 80 hingga 90 persen dalam beberapa pekan terakhir, karena permintaan perjalanan telah turun sebanyak 97 persen di tengah pemberlakuan berbagai aturan pemerintah AS. Mulai dari larangan melakukan perjalanan udara hingga kebijakan untuk tetap berada di rumah. Hal ini diakui CEO American Airlines Group Doug Parker yang mengatakan bahwa perusahaannya kini tengah mengalami kesulitan akibat pandemi ini.

"Belum pernah sebelumnya maskapai kami, atau industri kami, menghadapi tantangan yang sedemikian signifikan," kata Parker dalam siaran persnya.

Berita Terkait

PLN Didatangi Jokowi, Dimana Menteri BUMN Rini Soemarno?

Maya Rosfi'ah

Malaysia Beri Kelonggaran Cicilan Enam Bulan buat Warga Terdampak Corona

Maya Rosfi'ah

Tol Layang Japek Perlu Batasi Kecepatan & Bebas Truk ODOL Pengamat

Maya Rosfi'ah

Penjualan Motor Anjlok Bebani IHSG Bagaimana Besok

Maya Rosfi'ah

Kementerian BUMN Angkat Satu Komisaris Baru PT Pertamina

Maya Rosfi'ah

9 Triliun buat Kebutuhan Nasabah Jelang Tahun Baru BNI Siapkan Rp 16

Maya Rosfi'ah

BI Sebut Pertumbuhan Kredit Juni 2020 Mencapai 1 Persen

Maya Rosfi'ah

Hyundai Iconic Jadi Armada Taksi Listrik Grab di Terminal 3 Bandara Soetta

Maya Rosfi'ah

Erick Thohir Duga Direksi Garuda yang Lain Terlibat Penyelundupan Harley Davidson Tak Hanya Dirut

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment