Image default
Nasional

22 April 2020 Materi SMP Belajar di TVRI Rabu Jawaban Soal Apakah Keunikan Tari Lenggang Nyai

Berikut materi, soal, dan jawaban di TVRI Belajar dari Rumah untuk SMP hari ini, Rabu(22/4/2020). Pada pembelajaran jenjang SMP sederajat terdapat materi Pelangi Nusantara: Tradisi Lenggang Nyai. Setelah pembelajaran mengenai Tradisi Lenggang Nyai selesai, maka diberikan pertanyaan kepada peserta Belajar dari Rumah.

Pertanyaan tersebut, misalnya mengenai apakah keunikan Tari Lenggang Nyai hingga sinopsisnya. Lalu, bagaimana jawaban dari materi tersebut? Materi untuk jenjang SMP Sederajat adalah Tari Lenggang Nyai.

Peserta Belajar dari Rumah diberikan pengetahuan mengenai Tari Lenggang Nyai. Dalam pembelajaran tersebut, dipandu oleh Wiwiek Widiyastuti sebagai pencipta TariLenggang Nyai. Seniman tari tersebut, menciptakan Tari Tari Lenggang Nyai yang merupakankesenian tari masyarakat Betawi di Jakarta.

Kemudian, ia juga memberikan pengetahuan mengenai gerakan tarian hingga merias wajah. 1. Apakah keunikan Tari Lenggang Nyai? 2. Apa perbedaan pola tari tradisional dan tari kreasi?

3. Ceritakan Sinopsis Tari Lenggang Nyai! Lenggang Nyai merupakan wujud tarian yang terinspirasi dari cerita perjuangan Nyai Dasimah dalam memperjuangkan kebebasannya. Gerakan dalam tarian tersebut, melambangkan semangat dan kelincahan dari Nyai Dasimah.

Dalam pertunjukannya, penari menari dengan gerakan yang lincah yang menggambarkan keceriaan dan keluwesan gadisBetawi. Kelincahan tersebut terlihat dari gerak tubuh, kaki dan tangan para penari. Para penari bergerak cepat tetapi tetap harmonis dengan musik.

Sementara itu,gerakan juga menggambarkan kebingungan Nyai Dasimah saat mengambil keputusan untuk memilih pendamping hidupnya. Hal unik lain dariTari Lenggang Nyai terletak dari busana yang dikenakan. Ada perpaduan unsurbudayaChina danBetawi.

Biasanya busana penari Lenggarng Nyai menggunakan warna terang, seperti warna hijau terang dan merah terang, sebagaimana dilansir . Selain itu, pada bagian kepala dihiasi hiasan mahkota. Mahkota yang identik denganbudayaChina.

Kemudian, pada pertunjukan tarian diiringi dengan musik tradisionalBetawi, yaituGambang Kromong. Tari Lenggang Nyaimerupakan kesenian tari masyarakat Betawi di Jakarta yang diciptakan oleh Wiwiek Widiyastuti. Tarian kreasi baru tersebut, terinspirasi dari sebuah cerita rakyat sehingga memiliki banyak pesan dan makna.

Tari Lenggang Nyai terinsipirasi dari kehidupan Nyai Dasimah. Nyai Dasimah adalah seorang wanita cantik asal Betawi yang kebingungan di antara dua pilihan, sebagaimana dilansir . Ia kebingungan untuk menentukan pendamping hidupnya.

Namun, keputusan akhirnya untuk memilih seseorang di antara dua pilihannya justru membawa petaka bagi dirinya sendiri. Sementara itu, gerakanTari Lenggang Nyaimerupakan gerakan yang luwes, tetapi pasti. Namun, terkadang terselip gerakan ragu ragu yang menggambarkan perasaan galau seorang gadis.

Pada bagian lainnya, gerakan menggambarkan keceriaan dan kegembiraan. Materi PAUD & Sederajat Jalan Sesama

Materi SD Kelas 1 3 dan Sederajat Sabahat Pelangi: Puisi Nisa Juara Materi SD Kelas 4 6 dan Sederajat

Sejarah dan Budaya Maluku Materi SMP & Sederajat Pelangi Nusantara: Tradisi Lenggang Nyai

Materi SMA & Sederajat Negeriku Maritim: Potensi Sumber Daya KeluargaIndonesia: Parenting

Sahabat Keluarga: Menanamkan Nilai nilai Pada Anak Film Nasional Garasi

Jadwal ini dapat berubah sewaktu waktu sesuai kebijakan penyiaran TVRI dan Kemendikbud. Perubahan jadwal akan diinformasikan lebih lanjut.

Berita Terkait

Pemerintah Tunjuk Laboratorium UI & Lembaga Eijkman Periksa Spesimen Corona

Maya Rosfi'ah

Butuh Sosok Komprehensif untuk Daya Ungkit Pertumbuhan Ekonomi Sektor Kelautan

Maya Rosfi'ah

Simak Tata Cara Salat Idul Adha Kemenag Gelar Sidang Isbat Idul Adha 21 Juli 2020

Maya Rosfi'ah

Daftar Promo Hari Kemerdekaan: Beli 1 Gratis 1 di Pizza Hut, Beli 2 Minuman di J.CO Bayar Rp 50 Ribu

Maya Rosfi'ah

Teror Terhadap Aktivis Anti Korupsi Tidak Pernah Diungkap Novel Baswedan

Maya Rosfi'ah

6 Kota Diprediksi Hujan Pagi Hari Prakiraan Cuaca BMKG 33 Kota di Indonesia Selasa 16 Juni 2020

Maya Rosfi'ah

Sadari Dirinya Viral sebelum Acara Wisuda rampung kisah Mahasiswa Wisuda Bawa Sayur Dagangan

Maya Rosfi'ah

Upaya PDIP Menempuh Jalur Hukum Dinilai Tindakan Tepat Bendera Dibakar

Maya Rosfi'ah

Dua Polisi Aktif Diduga Pelaku Penyiram Air Keras Terhadap Novel Baswedan Jadi Tersangka

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment