Image default
Tips

4 Cara Tepat Merawat Bayi 1-6 Bulan yang Wajib Diketahui Para Orangtua

Awal awal kehidupan anak memang menjadi momen penting bagi setiap orangtua, pasalnya pada usia tersebut bayi masih belum bisa melakukan semuanya sendiri dan begitu bergantung pada orangtuanya. Maka dari itu cara merawat bayi 1 bulan hingga 6 bulan, wajib anda pelajari dengan baik.

Tips Merawat Bayi

1. Pemberian Nutrisi

Tentunya bayi yang baru lahir memerlukan nutrisi yang banyak untuk bekal tumbuh kembangnya. Bahkan pada usia bulanan, si kecil sering merasa lapar. Memberikan ASI secara eksklusif sangat dianjurkan oleh WHO terutama pada 6 bulan pertama usia anak. ASI ini lah yang menjadi nutrisi dan gizi utama untuk tumbuh kembang bayi.

Jadi anda tidak perlu memberikan makanan maupun minuman selain ASI pada bayi. Biasanya bayi sendiri setidaknya akan menyusu sebanyak 8 hingga 2 kali dalam rentang waktu 24 jam, mungkin bisa lebih saat minggu minggu pertama kelahiran. Namun polanya sendiri akan berbeda antara bayi satu dengan bayi lainnya.

2. Menggendong Bayi

Cara merawat bayi 1 bulan hingga usia 6 bulan, sangat berkaitan dengan cara menggendongnya. Karena pada usia tersebut bayi masih belum bisa menopang kepalanya sendiri. Ini bahkan menjadi tantangan sendiri bagi para ibu muda, karena menggendong bayi tidak boleh asal dan sembarangan.

Prinsip utama dalam menggendong bayi yaitu si kecil harus dibuat nyaman terlebih dahulu. Apabila ketika digendong merasa tidak nyaman, maka bayi pasti langsung akan menangis dan berontak. Di samping kenyamanan, anda juga harus selalu memperhatikan tangan dalam kondisi bersih sekaligus selendang atau gendongan yang digunakan untuk menggendong.

3. Memandikan Bayi

Agar tetap dalam keadaan bersih dan sehat, bayi memang perlu dimandikan. Meski begitu untuk usia minggu minggu pertama, anda tidak perlu terlalu sering memandikan si kecil. Cukup 1 hingga 2 kali saja dalam satu minggu, kecuali jika anak banyak mengompol mungkin bisa dimandikan hingga 3 kali dalam satu pekan.

Setelah usianya bertambah, maka cara merawat bayi 1 bulan yang dimandikan hanya beberapa kali seminggu bisa lebih intens. Produk untuk memandikan bayi ini juga sangat penting untuk diperhatikan. Pasalnya kulit bayi masih begitu sensitif dan rentan, sehingga anda tidak boleh asal pilih sabun maupun berbagai produk perawatan lainnya.

4. Pemberian Imunisasi

Kemenkes RI telah menetapkan konsep imunisasi rutin lengkap untuk semua anak Indonesia. Pemberian imunisasi ini dilakukan untuk mempertahankan serta meningkatkan imunitas si kecil, agar anak tidak mudah sakit dan memiliki kekebalan tubuh optimal. Sehingga setiap orangtua wajib untuk memenuhi pemberian imunisasi tersebut sesuai dengan usia anak.

Pada awal kehidupannya, bayi memang belum bisa melakukan apapun sendiri. Sehingga anda sebagai orangtuanya perlu melakukan berbagai perawatan terbaik untuk si kecil. Dalam hal ini, pemilihan produk perawatan juga tidak kalah penting, dimana produk yang berkualitas dan aman seperti Mitu Baby merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi.

Berita Terkait

Bayar Listrik Hingga Top Up Pulsa, Semua Bisa di Aplikasi! 

Maya Rosfi'ah

4 Etika Mencerna Berita dari Media Informasi Indonesia

Maya Rosfi'ah

7 Tips Menentukan Pilihan Headphone untuk Kebutuhan Gaming

Maya Rosfi'ah

Tips Ampuh Mencegah Tikus Agar Tidak Masuk Ke Dalam Hunian Anda

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment