Image default
Tips

4 Etika Mencerna Berita dari Media Informasi Indonesia

Kita semua tahu bahwa sumber berita di Indonesia saat ini semakin beragam. Apalagi ditambah dengan kemudahan akses sumber informasi secara online. Media informasi Indonesia yang begitu beragam membuat kita semakin dibanjiri informasi. Perlu diketahui bahwa kita tak boleh sembarangan dalam menerima maupun mencerna sebuah berita.

Etika Menerima Informasi

Sebagai penerima berita, Anda juga tidak boleh bertindak seenaknya. Ada etika dan aturan yang harus diikuti agar masyarakat tidak semakin dibodohi dengan informasi bohong. Berikut adalah etika mencerna berita dari berbagai sumber atau media.

1.     Harus Baca sampai Selesai

Pastikan untuk selalu membaca berita sampai benar-benar selesai. Jangan membaca berita setengah-setengah apalagi hanya membaca bagian judul atau headline. Ini jelas menjadi kesalahan besar karena bisa berpotensi membuat Anda menarik kesimpulan yang tidak benar.

Ketika menemukan judul berita yang dirasa menarik, maka buka berita tersebut dan bacalah sampai selesai. Ini menjadi prinsip penting yang sebaiknya diikuti oleh semua orang. Sayangnya kebanyakan orang malas membaca dan hanya ingin melihat permukaannya saja.

2.     Jangan Sembarangan Menyebar Berita

Menyebarkan berita juga tidak boleh dilakukan asal-asalan. Apalagi jika berita tersebut belum terbukti kebenarannya dan tidak didukung oleh fakta yang tepat. Pastikan untuk tidak sembarangan menyebarkan berita karena bisa saja berita tersebut adalah informasi bohong atau hoaks. Telusuri dulu kebenarannya baru Anda bisa menyebarkan berita jika memang sudah dipastikan tepat.

3.     Hindari Komentar tanpa Fakta

Memberikan komentar yang tidak berlandaskan fakta juga sebaiknya dihindari. Banyak sekali media informasi Indonesia yang bisa diakses online, menyediakan kolom komentar. Di sinilah biasanya orang akan berkomentar buruk dan meninggalkan pendapat yang padahal tidak dilandasi fakta. Perilaku seperti ini sebaiknya tidak dipelihara demi menjaga kedamaian bersama.

4.     Jangan Malas Mencari Fakta

Begitu selesai membaca berita langsung percaya dengan apa yang sudah dibaca tanpa melakukan pencarian lagi. Padahal berita yang dibaca juga tidak jelas sumbernya. Sikap seperti ini biasanya dimiliki oleh golongan orang yang mudah tercemar hoaks. Seharusnya Anda selalu mencari fakta dari informasi atau berita yang sudah diterima.

Ada banyak cara menelusuri fakta dan salah satunya adalah dengan membaca beberapa sumber. Jika Anda masih merasa malas untuk mencari fakta, maka lebih baik simpan informasi itu untuk diri sendiri. Tidak perlu menyebarkan informasi ke orang lain karena bisa berpotensi menyebarkan hoax.

Itulah tadi etika mencerna berita dari media informasi Indonesia. Zaman sekarang memang semakin mudah untuk menemukan beragam informasi. Sayangnya hal ini juga membuat semakin mudahnya penyebaran berita bohong di masyarakat. Untuk mencegah hal tersebut semakin merebak, Anda harus menerapkan etika mencerna berita yang sudah dibahas tadi. Baca berita-berita yang nyata salah satunya mediago.id

Berita Terkait

Tips Ampuh Mencegah Tikus Agar Tidak Masuk Ke Dalam Hunian Anda

Maya Rosfi'ah

Rekomendasi 5 Hero Mobile Legends untuk Pemula

Maya Rosfi'ah

4 Cara Tepat Merawat Bayi 1-6 Bulan yang Wajib Diketahui Para Orangtua

Maya Rosfi'ah

Bayar Listrik Hingga Top Up Pulsa, Semua Bisa di Aplikasi! 

Maya Rosfi'ah

Ingin membeli Gitar? Perhatikan Hal-Hal Berikut Ini!

Maya Rosfi'ah

7 Tips Menentukan Pilihan Headphone untuk Kebutuhan Gaming

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment