Image default
Bisnis

41 Triliun di Bisnis Trading Minyar Gara-gara Ulah Trader Ini Mitsubishi Rugi Hingga Rp 4

Mitsubishi Corp, kelompok perdagangan terbesar Jepang, akan menutup unit perdagangan minyak mentah dan bahan bakar yang berbasis di Singapura. Keputusan itu mereka umumkan sembari mengungkapkan kerugian besar besaran pada September lalu. Petro Diamond Singapore, nama unit Mitsubishi Corp di Singapura, akan kehilangan uang setara sekitar Rp 4,41 triliun untuk terpaksa menutup posisi tidak resmi tadi.

Mitsubishi telah melaporkan trader yang melakukan transaksi tidak sah komoditas turunan minyak itu kepada polisi. Mereka tidak bisa lagi mengontak Wangdan yang tak lagi berada di Singapura. Wang Xingchen, nama asli si trader yang lebih dikenal sebagai Jack Wang, membantah melakukan kesalahan dalam pernyataan yang dikeluarkan melalui pengacara.

Akibat peristiwa iniMitsubishi terpaksa mengambil keputusan tragis terhadap bisnis minyakdi Singapura. Reutersmelaporkan bahwa Mitsubishi akan memboyong bisnis perdagangan minyak dan bahan bakar kembali ke Tokyo, kata Chief Financial Officer Kazuyuki Masu. Padahal, dalam beberapa tahun terakhir, Mitsubishi telah memindahkan kantor pusat perdagangan minyaknya ke Singapura.

Dia menambahkan, bisnis perdagangan minyak di Amerika Serikat dan Eropa tidak terpengaruh. Ke depan, sebagian bisnis akan mereka lakukan di Hong Kong. Masu tidak mengatakan berapa banyak staf yang akan dipotong atau terpengaruh oleh penutupan tersebut. Petro Diamond memiliki sekitar 50 karyawan di Singapura.

Para pegawai Petro Diamond baru tahu keputusan ini pada Rabu kemarin, kata salah seorang yang tahu benar masalah ini mengungkapkan kepada Reuters. Sejak kerugian terungkap, Mitsubishi meminta semua transaksinya ditinjau oleh kantor pusat Mitsubishi di Tokyo. Reporter: Hasbi Maulana

Berita Terkait

Indonesia Akan Tiru Dua Negara Maju Ini buat Atasi Kesenjangan Usaha Besar & Kecil

Maya Rosfi'ah

Zilingo Ikuti Pameran Tekstil Terbesar di Indonesia

Maya Rosfi'ah

Organisasi Mahasiswa Didorong buat Tingkatkan Peran dalam Pemberdayaan Ekonomi

Maya Rosfi'ah

Bank BJB Syariah Masih Catatkan Kinerja Positif Di Tengah Pandemi Covid-19

Maya Rosfi'ah

Awal Bulan, Harga Emas Antam Rp 664 Ribu per Gram

Maya Rosfi'ah

LPDB Target Wujudkan 25 Unit Koperasi Modern Berbasis Teknologi

Maya Rosfi'ah

Tol Layang Japek Perlu Batasi Kecepatan & Bebas Truk ODOL Pengamat

Maya Rosfi'ah

Penjelasan Bea Cukai atas Temuan Spare Part Ilegal Harley Davidson di Pesawat Garuda

Maya Rosfi'ah

Sriwijaya Air Kembali Buka Rute Jakarta-Belitung PP

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment