Image default
Lifestyle

5 Cara Packing Tanaman Hias untuk Pengiriman ke Luar Negeri

Beberapa waktu belakangan ini, tepatnya selama pandemi Covid-19 melanda dunia, penjualan barang online semakin meningkat. Bahkan tingkat ekspor dan kirim barang ke Singapura dari Indonesia juga meningkat walaupun di tengah resesi ekonomi.

Tanaman hias menjadi produk komoditas ekspor yang diminati konsumen luar negeri. Belakangan ini hobi berkebun tanaman hias memang sedang tren dan membuat banyak orang mendadak ingin memiliki berbagai tanaman hias. Indonesia menjadi salah satu penyedia beragam tanaman hias yang dilirik oleh konsumen mancanegara.

Packing Tanaman Hias

Melakukan bisnis jual beli tanaman hias memang sangat menguntungkan, apalagi jika berhasil melakukan ekspor ke luar negeri. Namun, akan menjadi masalah apabila Anda tidak mengetahui bagaimana cara packing tanaman hias tersebut, bisa-bisa konsumen kecewa. Agar konsumen Anda tidak kecewa gunakan cara berikut:

1.     Perhatikan Karakter Tanaman

Harus Anda ketahui bahwa tidak semua tanaman tahan dengan perubahan kondisi lingkungan seperti suhu, kelembaban, dan pencahayaan. Oleh sebab itu, tidak semua tanaman hias dapat dikirim ke luar negeri sehingga tidak bisa diperjualbelikan online.

Tanaman seperti anggrek, bromeliads, sukulen, dan kaktus merupakan beberapa jenis tanaman hias yang tahan dengan kondisi ekstrim sehingga tanaman-tanaman ini dapat dikirimkan lintas negara.

2.     Tidak Boleh Goyang

Ketika kirim barang ke Singapura berupa tanaman saat packing harus sangat diperhatikan. Anda harus membungkus tanaman agar tidak goyang dan memastikan tanaman tidak berbenturan dengan benda lain. Bungkus tanah dengan kantong plastik berlapis agar tidak bocor, kemudian beri lakban agar tidak mudah goyang.

3.     Jaga Kelembaban Agar Tidak Mudah Busuk

Untuk menjaga kelembaban tanaman hias saat dalam perjalanan ke tempat tujuan, Anda harus membalut daerah akar menggunakan plastik. Hal ini berguna untuk menjaga agar tanaman tidak mengalami kebusukan karena terlalu lembab.

Proses pengiriman akan melibatkan beragam situasi yang tidak diduga seperti paparan sinar matahari, suhu panas, atau benturan. Setidaknya, Anda sudah menyiapkan tanaman yang dikirim untuk menghadapi situasi-situasi tersebut.

4.     Beri Zat Adaptan

Karena akan melalui perjalanan panjang dan tidak mudah, tanaman hias harus diberikan tambahan daya tahan untuk menghadapi perubahan kondisi tersebut. Dengan memberikan hormon Auksin dan vitamin dapat meningkatkan daya tahan tumbuhan selama perjalanan.

Rendam akar selama setidaknya 3 jam dengan cairan auksin sehingga dapat menyerap adaptan dengan sempurna. Setelah itu, semprotkan pula auksin ke daun tanaman.

5.     Pilih Kemasan Kokoh

Packing kayu paling baik untuk melapisi bagian luar paket tanaman hias yang Anda kirimkan. Penggunaan packing kayu di luar kardus berisi tanaman hias akan melindungi tanaman dari benturan yang terjadi selama pengiriman.

Tidak sulit bukan untuk mempacking tanaman hias? Anda bisa menggunakan cara packing di atas untuk kirim barang ke Singapura atau berbagai negara lainnya. Dengan demikian bisnis jual beli tanaman hias Anda akan makin berkembang.

 

Berita Terkait

Leo Mudah Senyum 7 Zodiak Paling Berkharisma Kamu Termasuk

Maya Rosfi'ah

Tes Kepribadian : Hitung Jumlah Kuda yang Kamu Lihat, Karakter Aslimu akan Terungkap!

Maya Rosfi'ah

Insurgency Bakal Gelar Party di Fable Club Jakarta HUT Pertama

Maya Rosfi'ah

Tes Kepribadian – Mana yang Paling Tak Menunjukkan Potret Keluarga

Maya Rosfi'ah

Cara Menyilangkan Jari Dapat Ungkap Karakter Sesungguhnya dalam Dirimu Tes Kepribadian

Maya Rosfi'ah

Ramalan Zodiak Besok, Jumat 12 Juli 2019: Pisces Waspada Orang Sekitar, Gemini Ungkapkan Perasaanmu!

Maya Rosfi'ah

Ramalan Zodiak Cinta Besok Sabtu, 8 Juni: Virgo Jangan Main Mata, Leo Lebih Perhatian

Maya Rosfi'ah

Selamat Hari Jumat! Ramalan Zodiak Hari Ini 23 Agustus 2019: Taurus Terluka, Aquarius Tertekan

Maya Rosfi'ah

Perhatikan Dulu 5 Hal Ini Yuk Ingin Membelikan Si Kecil Mainan

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment