Image default
Travel

5 Kawasan Pecinan di Indonesia buat Liburan Tahun Baru Imlek 2020

Imlek2020 jatuh pada esok hari, Sabtu (25/01). Beragam cara biasanya dilakukan untuk meramaikanImlek, salah satunya menyambangi KampungCinayang akan membuat kita semakin kenal budayaTionghoalebih dekat. Tak hanya itu, saat perayaanImlekberagam atraksi budaya juga banyak dihadirkan, yang dijamin akan membuat kita jadi semakin terpesona.

Sebut saja pertunjukan seperti barongsai atau pawai kue bulan juga bisa kita lihat saat menyambangi kampungCina. Dan, beruntungnya lagi, Indonesia punya banyak kampung Cina yang bisa kita kunjungi untuk berpetualang sejenak. Nah, di antara perkampungan Cina tersebut, ada beberapa tempat yang wajib banget disambangi traveler.

Penasaran di mana saja? Simak ulasannya berikut ini. Wah, Singkawang merupakan destinasi terbaik untuk mengenal budaya Tionghoa, khususnya saat Imlek.

Kota yang berada di Kalimantan Barat ini terkenal dengan sebutan 1000 Kelenteng, karena memang sepanjang jalan kita akan menemukan banyak kelenteng. Dan, saat Imlek tiba, warga keturunan Tionghoa akan meramaikan jalanan dengan pawai salah satunya pawai barongsai yang panjang bahkan hingga 20 meter. Kota Lama Semarang, Jawa Tengah

Kawasan Semarang memang tak bisa lepas dari sejarah masuknya saudagar Cina ke Indonesia. Maka jangan heran, kalau datang ke Kota Lama Semarang ini kita akan disambut dengan beragam kelenteng kuno yang memiliki arsitektur bersejarah. Di antaranya ada Sioe Hok Bio yang berdiri di tahun 1753 yang menjadi salah satu wihara tertua di Indonesia.

Di samping itu, ada juga kelenteng Sam Poo Kong yang didirikan oleh Laksamana beragama muslim yaitu Cheng Ho. Duh, kawasan Nagoya ini dijamin bikin kita enggan untuk kembali pulang rasanya. Sebab, Nagoya terkenal dengan sajianstreet foodkhas Cina yang sangat lezat dan membuat lidah rasanya juga enggan berhenti mengunyah.

Bahkan,street fooddi sini juga sudah terkenal hingga mancanegara loh. Ibukota Jakarta juga punya kawasan Pecinan yang memiliki nilai sejarah tinggi dari masa penjajahan Belanda dulu. Saat Imlek, kawasan ini akan dipadati dengan beragam pawai barongsai, dewa dewi, hingga pertunjukandebus.

Jika ingin menapaki sejarah, kita bisa melipir ke Petak Sembilan yang menjadi salah satu klenteng bersejarah di sini. Waktu Belanda masih menjajah Indonesia dulu, para saudagarCinadating ke Surabaya dan membuat perkampungan di jalan Kembang Jepun. Kawasan ini pun dikenal sebagai sentra bisnis pada saudagar tersebut, sehingga jalan Kembang Jepun menjadi salah satulittle Netherlands.

Nah, Kye kye yang berada di jalan Kembang Jepun ini menjadi destinasi wisata terbaik untuk mengenal budayaTionghoa. Tak hanya dari makanan saja, tetapi juga arsitektur pertokoan bernuansaCinayang membuat kita semakin bahagia jalan jalan di sini.

Berita Terkait

6 Juta 10 Restoran Paling Mahal di Paris Harga Menu Makanannya Rp 7 Apa Istimewanya

Maya Rosfi'ah

Yuk Ikuti Pameran Seni Daring di Artscience Museum Singapura Lagi di Rumah Aja

Maya Rosfi'ah

Ini Tips buat Wisatawan yang Ingin Liburan menuju Jogja Heboh Kasus Klitih

Maya Rosfi'ah

Mengetahui Arti Kode SSSS di Boarding Pass Pesawat

Maya Rosfi'ah

Ini 5 Menu Makanan A&W Ini Paling Disukai Orang Indonesia

Maya Rosfi'ah

Spot Wisata untuk Libur Lebaran Bersama Keluarga dan Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bogor

Maya Rosfi'ah

Penumpang dengan Alergi Kacang Mengaku Harus Duduk di Dalam Toilet Selama Penerbangan

Maya Rosfi'ah

Wajib Coba 3 Es Krim Unik di Kota Kembang Liburan Tahun Baru 2020 di Bandung

Maya Rosfi'ah

5 Tips Seru Backpacker ke Singapura untuk ‘Low Budget’

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment