Image default
Travel

5 Kuliner Khas Betawi Ini dari Langka Pernah Coba

Makanan khas Betawi<span></span>apa yang jadi favoritmu, traveler? Ada banyak<span></span>makanan khas Betawi<span></span>yang bisa kita nikmati. Mulai dari kerak telor, toprak, gado gado, nasi uduk, soto betawi, dan banyak lagi.

Tapi selain<span></span>makanan khas Betawi<span></span>yang populer, ada juga<span></span>makanan khas Betawi<span></span>yang sudah jarang ditemui. Bubur ase juga dikenal dengan sebutan bubur betawi, traveler. Bubur ini merupakan campuran bubur yang disantap dengan kuah semur, daging sapi, dan kentang.

Bubur ase juga diberi taburan ikan teri goreng, kacang tanah, bawang goreng, daun kucai, dan banyak rempah. Sayur besan ini adalah hidangan lauk yang biasanya ada di acara pernikahan atau besanan Betawi, traveler. Apa kamu pernah melihat terubuk atau bunga tebu? Itulah bahan utama untuk membuat sayur besan.

Hidangan yang termasuk<span></span>kuliner Betawi<span></span>kuno ini dibuat dari terubuk, kentang, soun, petai, dan ebi. Pecak ini adalah olahan ikan air tawar seperti lele, yang dimasak dengan bumbu pecak. Bumbu pecak ini terbuat dari berbagai rempah seperti bawang putih, bawang merah, ketumbar, jahe, kencur, terasi, kemiri, dan cabai.

Kebanyakan ikan untuk hidangan ini digoreng kemudian ditumis dengan bumbu pecak. Ada juga yang diolah dengan ikan yang dibakar, tapi lebih jarang ditemukan penjualnya. Apa kamu pernah mencoba kue khas Betawi yang satu ini? Kue sagon adalah kue yang terbuat dari tepung beras dan kelapa, traveler.

Biasanya, kue sagon banyak dijumpai saat hari raya. Kue dongkal ini adalah kue dari tepung beras yang dikukus dengan isian gula aren, traveler. Biasanya kue ini disantap dengan taburan parutan kelapa. Kue ini biasanya dijual dengan bentuk gunungan kecil, sesuai wadah kukusannya.

Kue dongkal juga terkenal dengan sebutan dodongkal atau kue awug di Jawa Barat. Adonan kue dongkal ini mirip dengan kue putu, traveler. Dari keenam makanan khas Betawi ini, yang mana yang pernah kamu coba?

Berita Terkait

Hidangan yang Wajib Saat Idul Fitri di Indonesia 7 Fakta Ketupat

Maya Rosfi'ah

6 Makanan Indonesia dengan Nama Unik, Ada Nasi Kentut Hingga Ketela Bajingan, Seperti Apa Wujudnya?

Maya Rosfi'ah

Pengunjung di Museum Louvre Diharuskan Patuhi Protokol Kesehatan Hari Pertama Pembukaan

Maya Rosfi'ah

Dari yang Murah hingga Mewah, 9 Hotel di Banyuwangi Ini Cocok Jadi Alternatif Menginap

Maya Rosfi'ah

5 Tips Seru Backpacker ke Singapura untuk ‘Low Budget’

Maya Rosfi'ah

Viral Polisi Buang Cairan Hitam di Laguna Biru Agar Tak jadi Pusat Keramaian Pemburu Foto Instagram

Maya Rosfi'ah

Kisah Sepenggal Tembok Gereja St Paul di Macao Kokoh Berdiri Setelah Disambar Petir

Maya Rosfi'ah

Termasuk Stop Keluarkan Visa buat Warga China Kebijakan Berbagai Negara buat Cegah Virus Corona

Maya Rosfi'ah

Punya Zona Waktu Sendiri hingga Gunung Berapi 7 Fakta Menarik Antartika

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment