Image default
Travel

5 Wisata Wajib Dirasakan di Jepang Pada Awal Tahun

Musim dingin dan Jepang menjadi komoditas liburan yang menarik untuk dirasakan. Fenomena alam yang mengubah lanskap pemandangan sehari hari, acara tradisional, sampai menikmati hidangan hidangan unik khas Negeri Sakura menjadi atraksi utama yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Suhu dinginnya memang terkadang menyakitkan, tapi semuanya akan terbayar saat Anda dan keluarga mendatangi lima tempat berikut di Jepang pada awal tahun nanti. Main ski saat musim dingin di Jepang menjadi kewajiban nomor satu. Niigata dan Nagano menjadi tempat ski terbaik yang bisa didatangi karena kedua tempat ini memiliki jumlah resort terbanyak di Jepang. Kedua lokasi ini juga sangat mudah diakses dari Tokyo.

Untuk mengunjunginya, tinggal menggunakan kereta shinkansen dengan durasi sekitar satu jam lebih sedikit sudah sampai di Gala Yuzawa, Niigata. Keunggulan lainnya adalah pengunjung bisa mendatangi kedua resor ski ini tanpa persiapan alat apa pun, cukup sediakan uang saja ya. Resor resor ski di Niigata dan Nagano telah menyediakan alat alat ski yang lengkap dan pengunjung pun tinggal menyewanya saja. Satu hal yang perlu diperhatikan, kedua tempat ini akan sangat ramai dengan rombongan pada periode akhir dan awal tahun. Selain menggelar festival, setiap negara juga sering merayakan momen momen tertentu dengan membuat makanan khas. Kuliner yang wajib dirasakan saat momen tahun baru di Jepang adalah Toshikoshi Soba. Pada dasarnya ini adalah soba seperti umumnya, hanya saja ada makna filosofis di dalamnya. Menyantap soba pada malam tahun baru disebut sebagai Toshikoshi Soba yang artinya "melewati satu tahun ke tahun berikutnya."

Bentuk mie soba yang panjang dimaknai sebagai perlambang umur yang panjang, kekuatan, dan pertahanan. Ketiga hal inilah yang diharapkan oleh semua orang untuk terjadi pada tahun yang baru nanti. Beberapa Toshikoshi Soba terbaik bisa didapatkan di Tokyo seperti di Kanda, Asakusa, dan Nihonbashi. Jika Rusia menghadirkan vodka untuk melawan cuaca dingin yang menusuk, Jepang memiliki caranya tersendiri yang jauh lebih nyaman. Orang orang di sana sering menghangatkan diri mereka saat musim dingin di onsen atau tempat pemandian air panas. Mungkin terdengar biasa saja, tapi beberapa tempat onsen berlokasi di luar ruang dan dibuka saat musim dingin tiba. Salah satu tempat onsen yang wajib dicoba adalah Nyuto Onsen yang berada di pelosok hutan Towada Hachimantai National Park. Buat yang menggemari animasi studio Ghibli, jangan lewatkan untuk mendatangi Ginzan Onsen yang akan mengingatkan pada latar tempat film Spirited Away garapan Studio Ghibli.

Jepang dan musim dingin menghadirkan festival yang penuh cahaya dan kemilauan pada malam hari. Jadikan momen momen ini terasa magical dan abadikan dengan bidikan lensa untuk mewarnai sosial media Anda. Misalnya saja Nagano Lantern Festival yang digelar untuk memperingati Winter Olympics 1998. Permainan warna biru, merah, kuning, ungu, dan hijau mewarnai beberapa bagian Kuil Zenkoji. Sementara itu, ratusan lentera yang dibuat penduduk setempat menghiasi jalanan mulai dari Stasiun Nagano sampai kuil ini. Festival lainnya yang bisa diabadikan adalah saat langit malam Tsunan terang benderang dengan berkat titik titik cahaya yang berasal dari ribuan lentera kertas yang diterbangkan.

Tercatat sekitar 10 ribu orang datang ke sini setiap tahunnya untuk ikut serta melepas lentera dalam festival yang awalnya diadakan hanya untuk sekedar meramaikan area Stasiun Tsunan ini. Buat Anda yang ogah bermalas malasan di bawah selimut yang hangat dan menikmati cuaca dingin dalam kemasan yang berbeda, berwisata di Sungai Mogami bisa menjadi perjalanan yang seru. Perjalanan mengarungi Sungai Mogami tidak akan terasa dingin menusuk karena perahu perahu yang digunakan telah dipasangkan penghangat (kotatsu). Jika biasanya kotatsu dipasang di ruang keluarga, kali ini meja penghangat dipasang di atas perahu sehingga Anda bisa tetap merasa hangat sambil menikmati panorama pinggir sungai yang fenomenal.

Jepang pada musim dingin tentunya menawarkan atraksi yang berbeda dengan musim musim yang lainnya. Buat yang ingin dingin dinginan pada akhir tahun 2019 dan awal tahun 2020 ayo cari sekarang juga di Traveloka dan dapat penawaran harga yang menarik.

Berita Terkait

Mulai dari Pegunungan hingga Pantai 9 Tempat Berkemah di Jogja buat Liburan Akhir Pekan

Maya Rosfi'ah

Hadirkan Replika Bangunan Ikonik Eropa, Playparq Bintaro Siap ‘Tantang’ Tiga Generasi

Maya Rosfi'ah

Dari yang Murah hingga Mewah, 9 Hotel di Banyuwangi Ini Cocok Jadi Alternatif Menginap

Maya Rosfi'ah

Jangan Pernah Berani Menyentuh Tangan Patung Buddha di Candi Borobudur

Maya Rosfi'ah

Klub di Disneyland yang Kenakan Rp 362 Juta buat Bergabung Fakta Unik Club 33

Maya Rosfi'ah

Sebelum Liburan menuju Luar Negeri Sebaiknya Bikin Paspor Biasa atau E-Paspor

Maya Rosfi'ah

Penumpang dengan Alergi Kacang Mengaku Harus Duduk di Dalam Toilet Selama Penerbangan

Maya Rosfi'ah

Pramugari Ungkap 4 Permintaan Paling Absurd yang Pernah Diminta Penumpang Pesawat

Maya Rosfi'ah

6 Makanan Indonesia dengan Nama Unik, Ada Nasi Kentut Hingga Ketela Bajingan, Seperti Apa Wujudnya?

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment