Image default
Lifestyle

6 Kesalahan Keramas Berakibat Rambut Rusak

Membersihkan rambut dari debu atau minyak dari kulit kepala menggunakan sampo, biasa disebut keramas. Walau kegiatan ini sudah sering dilakukan, tapi masih banyak kesalahan yang dilakukan dan berakibat pada rusaknya rambut. Kita mungkin sering bangun dengan rambut kusut setelah keramas pada malam sebelum tidur.

Rupanya hal itu terjadi bukan karena polah kita saat tidur, melainkan kesalahan saat kita mencuci rambut. Proses pembilasan yang kurang bersih juga kerap membuat sisa sampo dan minyak belum terangkat sepenuhnya dan menyumbat pori pori. Akibatnya, kesuburan rambut terganggu. Untuk itu, ada baiknya kamu memperhatikan enam kesalahan yang mungkin kamu lakukan saat keramas.

Rambut paling lemah dalam kondisi basah. Jadi, alih alih menyisir rambut saat mandi atau sesudahnya, sisirlah rambut sebelum mandi. Jika kamu perlu menyisir rambut saat mandi, pastikan untuk menggunakan sisir bergigi lebar untuk memperkecil dan menarik rambut dari akarnya. Jangan cuci rambut setiap hari, cukup dua sampai tiga kali seminggu. Kebiasaan menggunakan sampo dua kali saat keramas rupanya tidak efektif.

Satu kali lebih dari cukup untuk membersihkan kulit kepala kita. Penggunaan sampo yang berlebihan, terutama sampo biasa yang mengandung SLS dan formaldehyde akan mengupas kulit kepala dari minyak alami, yang pada akhirnya akan menyebabkan rambut keriting. Cucilah rambutmu dan bukan kulit kepala. Bagian terpenting dari mandi adalah membersihkan kulit kepala.

Ujung rambut membutuhkan kondisioner, sedangkan kulit kepala hanya perlu dibersihkan dengan sampo. Pastikan untuk menggosok kulit kepala Anda dengan ujung jari, bukan kuku jarimu. Sampo sebagian besar untuk membersihkan kulit kepala dan pembersihan mendalam, sedangkan kondisioner akan membuat rambut kita terasa nyaman dengan mengunci kelembapan pada rambut.

Pemakaian kondisioner juga akan mengurangi rambut kusut dan kering di ujungnya. Cobalah mengganti area kepala di mana kamu mulai mencuci rambutmu. Artinya, jika kamu selalu memakai sampo di titik yang sama di kulit kepalamu, rambut Anda akan berubah menjadi berantakan.

Mandi dan menyiram kepala dengan air hangat memang sangat menyenangkan. Namun sayangnya, air panas justru merusak rambutmu. Jika kamu perlu mandi air hangat, pastikan untuk mengakhiri dengan air dingin, untuk menutup kutikula rambut, yang akan membuat rambut terlihat sehat.

Berita Terkait

Tes Kepribadian – Sisi Tersembunyi Dalam Dirimu Dapat Terlihat dari Gambar yang Kamu Pilih!

Maya Rosfi'ah

Cara Efektif Merawat Jam Tangan Wanita Swatch Agar Tahan Lama

Maya Rosfi'ah

Leo Mudah Senyum 7 Zodiak Paling Berkharisma Kamu Termasuk

Maya Rosfi'ah

Cancer Merenungkan Masa Lalu Ramalan Zodiak Minggu Leo Ingin Bersantai 14 Juni 2020

Maya Rosfi'ah

Gemini Bakal dari Hal Baru! 3 Zodiak yang Paling Beruntung Minggu Ini Sampai 26 Januari 2020

Maya Rosfi'ah

Capricorn Akan Beruntung Sagittarius Dengar Nasihat Ramalan Zodiak Besok Senin 30 Maret 2020

Maya Rosfi'ah

Zodiak Hari Ini: 5 Zodiak yang Paling Penuh Perasaan Ketika Menyayangi Orang

Maya Rosfi'ah

Pisces Keluar dari Zona Aman Ramalan Zodiak Kamis Aquarius Ada Masalah Keuangan 4 Juni 2020

Maya Rosfi'ah

Pekerjaan Scorpio Menumpuk Cancer Ada Banyak Kesenangan Ramalan Zodiak Besok Senin 13 Juli 2020

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment