Image default
Kesehatan

6 Makanan Alami Ini Dipercaya buat Bersihkan Organ Hati Tanpa Tindakan Medis

Liver atau hati manusia ternyata dapat dibersihkan dengan mengkonsumsi beberapa makanan alami. Hati manusia merupakan organ tubuh yang paling penting untuk detokfikasi. Hal tersebut membantu pencernaan dan metabolisme lemak.

Bahkan liver manusia juga dapat mendetoksifikasi tubuh dari polutan berbahaya, adiktif makanan hingga racun. Sehingga sangat penting untuk menjaga hati tetap bersih. Ada beberapa cara medis untuk membersihkan organ hati, namun tindakan medis tentu juga memiliki resiko.

Sebaiknya gunakan bahan alami untuk bersihkan organ hati Kamu. Jeruk besar yang sering disebut orange ini sangat bagus untuk organ hati karena kandungan antioksidannya. Ada dua antioksidan utama yang ada di dalam grapefruit yakni naringenin dan naringin.

Keduanya membantu mengurangi peradangan dan melindungi sel sel hati. Keluarga buah berry dari blueberry hingga cranberry mengandung antioksidan berupa anthocyanin. Selain memberi warna pada buah berry, antioksidan ini tentu juga baik untuk kesehatan organ hati.

Makan buah berry setiap hari selama tiga hingga empat minggu telah terbukti melindungi hati dan mencegah perkembangan lesi, jaringan parut, dan fibrosis. Anggur terutama yang merah mengandung senyawa yang bermanfaat, yakni resveratrol. Resveratrol membantu hati dengan mengurangi peradangan dan kerusakan dari radikal bebas.

Menurut sebuah penelitian, konsumsi buah anggur merah alami selama tiga bulan dapat meningkatkan fungsi organ hati. Prickly Pear merupakan jenis buah kaktus besar yang dapat dimakan. Selain membantu fungsi organ hati, prickly pear juga dapat meredakan rasa mual, mulut kering, dan menyembuhkan rasa mabuk.

Manusia dengan konsumsi alkohol terlalu banyak akan membuat hati bekerja lebih ekstra. Ekstrak prickly pear dipercaya mengurangi kerja hati yang berlebih setelah tubuh mengkonsumsi alkohol. Akar buah bit dikenal dengan rasa yang kurang diminati beberapa orang.

Namun ternyata manfaat akar buah bit sangatlah luar biasa untuk organ hati. Pasalnya bit ini mengandung antioksidan yang masuk dalam kategori betalain. Senyawa ini sangat baik untuk mengurangi kerusakan oksidatif dan peradangan organ hati serta meningkatkan enzim detoksifikasi.

Akar buah bit sebenarnya bisa juga dimakan langsung, namun untuk orang yang tidak menyukai rasanya diolah menjadi jus akan mentolerir rasa aneh buah berwarna merah ini. Meski teh dan kopi bukan termasuk dalam makanan, namun ternyata biji kopi terbukti melindungi organ hati dari penyakit. Bahkan pada laman tersebut menyebutkan jika Kamu telah memiliki masalah liver, kopi dapat menurunkan resiko baik sirosis maupun kanker.

Beberapa peneliti juga telah membuktikan secangkir kopi dapat mencegah penumpukan sel sel lemak yang menjadi penyebab penyakit hati. Sementara pada studi lain, teh hijau juga dikaitkan dengan kesehatan hati. Sama halnya kopi, teh hijau juga mengurangi lemak di hati.

Berita Terkait

Latihan Mudah Cardio Pembakaran Lemak Tanpa Gunakan Bantuan Alat

Maya Rosfi'ah

Tiga Alasan Ini yang Menjelaskan Mi Instan Berbahaya buat Kesehatan

Maya Rosfi'ah

Sering Buang Air Kecil hingga Lelah Setiap Saat 9 Tanda Diabetes yang Jarang Diketahui

Maya Rosfi'ah

Bukan Hanya Penyakit Fisik, Penyakit Kejiwaan Juga Kerap dialami Jemaah Haji

Maya Rosfi'ah

6 Cara Menghilangkan Stres saat Kamu Merasa Berada di Titik Terendah dalam Hidup

Maya Rosfi'ah

Efek Merokok pada Kulit dan Rambut: Mengakibatkan Jerawat hingga Penuaan Dini

Maya Rosfi'ah

Ini 8 Cara Menurunkan Berat Badan buat umur di Atas 40 Tahun Mudah & Efektif

Maya Rosfi'ah

Bionime Perkenalkan Tes Deteksi Diabetes Personal Terintegrasi Internet

Maya Rosfi'ah

Penggunaan Rokok Elektrik di Selandia Baru Membantu Orang Berhenti Merokok

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment