Image default
Travel

6 Makanan Indonesia dengan Nama Unik, Ada Nasi Kentut Hingga Ketela Bajingan, Seperti Apa Wujudnya?

Indonesia memang terkenal sebagai surganya kuliner, bahkan kamu dapat menemukan beraneka jenis kuliner dari Sabang sampai Merauke. Tidak hanya khas, beberapa kuliner di Indonesia ternyata juga memiliki nama nama yang unik. Penasaran apa saja nama nama unik makanan yang ada di Indonesia?

Ketela Bajingan merupakan makanan khas daerah Magelang dan Temanggung. Maksud dari penamaan makanan tersebut bukan untuk mengumpat, melainkan karena makanan ini memiliki kemiripan dengan bajing (musang) rebus. Sepintas tidak ada yang aneh dengan makanan yang satu ini, hanya ketela yang dimasak dengan gula jawa dan santan hingga matang dan meresap.

Tidak lupa dilengkapi dengan kuah manis yang telah mengental akibat pati yang terkendung dalam ketela. Ketela Bajingan berbeda dengan dulu, jika dulu saat memasak ketela bajingan orang akan memasukkan ampas parutan kelapa dari sisa santan yang digunakan dalam pembuatan bajingan ke dalam masakan ini. Selain itu, ketela yang digunakan juga masih utuh tanpa dipotong terlebih dahulu, karena itu makanan ini terlihat mirip dengan bajing rebus dan mulai disebut dengan nama ketela bajingan.

Nasi Kentut merupakan makanan khas Medan yang terbuat dari nasi yang dimasak dengan daun kentut (Paederia Foetida) atau orang jawa biasa menyebutnya dengan nama daun 'kesembukan'. Daun ini memiliki khasiat melancarkan saluran pencernaan dan juga obat bagi sariawan. Nasi kentut biasanya dihidangkan dengan berbagai macam lauk seperti ikan pepes, ayam gulung, tahu, dan tempe sesuai selera.

Kue Dollar adalah kue kering yang berasal dari Kota Surabaya. Kue yang memiliki bentuk bundar dan pipih ini punya rasa yang mirip dengan kue semprong. Karena bentuknya yang pipih dan bundar inilah yang menjadi penyebab kue ini disebut Kue Dollar.

Bahan dasar untuk membuat Kue Dollar ini terdiri dari tepung beras, telur, kacang tanah bubuk dan gula palem yang dimasak menggunakan cetakan yang terbuat dari alumunium ataupun besi. Cetakan inilah yang membuat kue kering ini berbentuk pipih dan kering. Satu lagi kuliner unik dari Magelang yang bernama Endog Bulus yang dalam bahasa Indonesia berarti Telur Kura kura.

Makanan ini diadptasi dari kue nopia yang dipopulerkan oleh Etnis Tionghoa yang bermukim di Banyumas pada 1880. Karena memiliki ukuran yang lebih kecil dan seukuran dengan telur kura kura lengkap dengan kulit luar yang agak keras serta terdapat adonan gula merah yang manis di dalam, maka kue ini cocok sebagai pendamping minum teh. Cara untuk membuat kue ini cukup unik yaitu dengan menempelkan adonan kue dalam sebuah tungku yang berbentuk seperti gentong yang sebelumnya telah dipanaskan terlebih dahulu.

Cara memasak seperti inilah yang menghasilkan kulit kue renyah di luar dan lembut di dalam. Siapa yang tidak tahu macan? Binatang yang terkenal dengan sebutan raja rimba ini ternyata menjadi nama makanan khas dari Pulau Kalimantan lho.

Ya, makanan khas Kalimantan ini bernama Amplang Kuku Macan. Makanan ini terbuat dari adonana tepung dan daging ikan tenggiri dengan campuran bumbu seperti bawang, merica, dan juga telur. Yang menybabkan makanan khas Kalimantan ini disebut dengan kuku macan adalah bentuknya yang seukuran kuku jari macan dengan ujung yang runcing mirip seperti kuku macan.

Dalam bahasa Indonesia melarat itu berarti miskon, tetapi di Cirebon ada makanan khas yang bernama Kerupuk Melarat. Berbeda dengan kerupuk pada umumnya yang digoreng dengan minyak goreng, maka Kerupuk Melarat ini digoreng menggunakan pasir. Nama Kerupuk Melarat sendiri berasal dari penggunaan pasir yang dipanaskan untuk menggoreng, karena dahulu minyak goreng sangat mahal sehingga tidak semua masyarakat bisa membelinya.

Ciri khas dari kerupuk ini yakni memiliki warna warna warni dengan rasa asin dan gurih yang dominan. Jika kamu ke Cirebon, jangan lupa untuk membeli Kerupuk Melarat ini ya, bisa jadi oleh oleh buat keluarga di rumah juga kok.

Berita Terkait

3 Fakta Menarik Tentang Hari Raya Waisak

Maya Rosfi'ah

Wisatawan Diminta Patuhi Protokol Kesehatan yang Berlaku Persiapan New Normal di Jogja

Maya Rosfi'ah

Ini Akibatnya Jangan Pernah Berani Lakukan Vandalisme di Tembok Besar China

Maya Rosfi'ah

Ini Pilihan Tempat Wisata yang Bisa Traveler Kunjungi Liburan menuju Bangka

Maya Rosfi'ah

5 Tempat Terbaik untuk Saksikan Sunset di Maluku, Coba Kunjungi Tanjung Nusaniwe

Maya Rosfi'ah

Jangan Pernah Berani Menyentuh Tangan Patung Buddha di Candi Borobudur

Maya Rosfi'ah

Prof I Gde Pitana: Di Tangan Arief Yahya, Pariwisata Indonesia Semakin Maju

Maya Rosfi'ah

5 Fakta Unik Makanan di Pesawat yang Tak Diketahu Penumpang

Maya Rosfi'ah

Lokasinya Dekat Wisata Grojogan Sewu Inilah Kamar yang Pernah Diinapi Bung Karno di Tawangmangu

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment