Image default
Travel

7 Rekomendasi Kuliner Sepanjang Jalur Mudik Pantura, Cobain Lezatnya Empal Gentong

Rekomendasi kuliner yang wajib kamu coba saat berada di sepanjang jalur mudik Pantura. Di jalur mudik Pantura Jawa, ada setidaknya kuliner khas yang menggugah selera untuk kamu coba. Meski sedang mudik, kamu bisa sekaligus berwista kuliner di beberapa tempat yang tersebar di sepanjang jalur mudik Pantura.

Simak rekomendasi kulinernya berikut ini. Berada di ujung Timur pulau Jawa, jangan lupa untuk mencicipi kelezatan makanan Rujak Soto Banyuwangi. Satu porsi Rujak Soto Banyuwangi, kamu akan mendapatkan isian mulai dari sayuran, potongan daging atau babat, dengan siraman kuah soto yang hangat.

Biasanya Rujak Soto Banyuwangi juga diberi tambahan potongan lontong agar lebih mengenyangkan. Saat tengah berada di Jawa Timur, jangan lupa untuk mencicipi kuliner Rrawonnya yang khas. Dalam satu porsi Rawon, kamu akan mendapatkan beberapa potongan daging sapi yang diolah dengan bumbu hitam.

Ada juga tambahan tauge kering, dan telur asin yang akan membuat cita rasanya menjadi lebih gurih. Saat memasuki area Pati Jepara kamu akan menemukan kuliner Mangut Ndas Manyung. Mangut Ndas Manyung atau yang lebih dikenal dengan nama kepala ikan Manyung merupakan kuliner yang tidak boleh kamu lewatkan.

Makanan ini disajikan dengan kuah yang bersantan dan bercita rasa pedas. Mangut Ndas Manyung ini cocok untuk dinikmati sebagai menu makan siang. Bergerak menuju ke Utara Jawa Tengah akan membawamu tiba di Pati.

Di kawasan ini, kamu bisa mencicipi kuliner Sego Gandul yang enak dan tentunya mengenyangkan. Dalam satu porsi Sego Gandul ini, berisi nasi, potongan daging sapi, telur bacem, jeroan sapi, tempe goreng, dan perkedel. Setelah itu semua menu makanan tadi disiram dengan kuah yang menyerupai gulai.

Beralih ke Kudus, menu kuliner yang tidak boleh kamu lewatkan adalah masakan sotonya. Soto Kudus ini sangat pas dinikmati sebagai menu sarapan atau makan siang. Kamu pun bisa memilih isian soto dengan daging ayam atau daging kerbau, sesuai dengan selera.

Saat tiba di Demak, jangan lupa untuk menjajal kuliner khas Nasi Brongkos. Brongkos adalah olahan aneka sayur berkuah santan, isinya berupa potongan kentang, wortel, buncis dan kacang merah. Nasi Brongkos akan jauh lebih mudah kamu temukan saat pagi hari.

Empal Gentong adalah Kudapan khas Cirebon yang berisi daging yang dimasak dengan olahan yang menyerupai gulai. Daging dan jeroan sapi dimasak dalam kuali dari tanah liat yang disebut gentong. Empal Gentong biasanya dinikmati dengan tambahan lontong atau sepiring nasi hangat.

Cita rasa khas masakan ini dihasilkan dari proses memasaknya yang masih menggunakan alat tradisional dan kayu bakar.

Berita Terkait

Penyebrangan menuju Karimunjawa Dihentikan Sementara Karena Gelombang Tinggi

Maya Rosfi'ah

Dua Kebiasaan Baik yang Dilakukan Penumpang Menurut Mantan Pramugari

Maya Rosfi'ah

Termasuk Berjalan Tanpa Alas Kaki Jangan Pernah Lakukan 7 Hal Ini saat di Pesawat

Maya Rosfi'ah

Rekomendasi 7 Destinasi di Bogor yang Asyik Dikunjungi

Maya Rosfi'ah

Rekomendasi 4 Hotel di Surabaya yang Tawarkan Paket Spesial Tahun Baru 2020

Maya Rosfi'ah

Intip Keunikannya Pesawat Listrik Terbesar di Dunia Diterbangkan buat Pertama Kalinya

Maya Rosfi'ah

7 Maskapai Ini Batalkan Penerbangan menuju Korea Selatan karena Wabah Virus Corona

Maya Rosfi'ah

Berlaku dari November 2019 Jadwal KA Lodaya & KA Malabar Terbaru

Maya Rosfi'ah

Viral Polisi Buang Cairan Hitam di Laguna Biru Agar Tak jadi Pusat Keramaian Pemburu Foto Instagram

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment