Image default
Bisnis

76 Persen Jumlah Pemudik yang Gunakan Mobil Pribadi Naik 17 Ada Tol Trans Jawa & Sumatera

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat jumlah pemudik Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang menggunakan mobil pribadi mengalami lonjakan sebesar 17,76 persen. Berdasarkan data dari Jasa Marga, jumlah kendaraan pribadi meningkat dari 4,7 juta unit selama Nataru 2018/2019 menjadi 5,5 juta unit pada Nataru 2019/2020. Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, peningkatan ini didorong oleh kehadiran Tol Trans Jawa dan Tol Sumatera.

"Tampaknya masyarakat masih coba coba kondisi jalan tol yang hubungkan beberapa provinsi dan kota. Jumlah kendaraan sebanyak 5,5 juta kendaraan naik 17 persen. Jadi banyak masyarakat naik kendaraan pribadi," kata Budi di kantornya, Jakarta, Senin (6/1/2020). Menurutnya, peningkatan kendaraan pribadi ini berdampak pada angkutan bus. Jumlah pemudik Nataru yang menumpangi bus turun sebesar 22,75 persen karena banyak masyarakat yang beralih ke mobil pribadi. "Bus kompetitornya memang mobil pribadi, mudah mudahan saat angkutan lebaran kembali ke angkutan umum. Kita perbaiki fasilitas angkutan umum kita, titik titik simpul (terminal) juga diperbaiki," ujarnya.

Seiring dengan peningkatan kendaraan pribadi, jumlah penumpang kapal penyeberangan juga naik 18,8 persen. "Pak menteri (Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi) aware selalu ke penyeberangan. Dengan adanya infrastruktur jalan tol ini jadi lebih seksi untuk pakai kendaraan pribadi," pungkasnya.

Berita Terkait

Sempat Pergi lalu Kembali hingga ketentuan dari Erick Thohir McDonald’s Sarinah akan Tutup Hari Ini

Maya Rosfi'ah

Shopee Donasi Rp 1 Miliar menuju PMI buat Covid-19

Maya Rosfi'ah

Laba Emiten Properti PT Urban Jakarta Propertindo Tbk Melesat 466 Persen Kinerja Kinclong

Maya Rosfi'ah

Generasi Milenial Pelajar Tumpuan Kemajuan Indonesia Wamendag

Maya Rosfi'ah

Bisnis Logistik di Jakarta Merugi Dampak Banjir

Maya Rosfi'ah

Ikuti Kebutuhan Pasar hingga Manfaatkan Media Sosial Tips Bisnis UMKM di Era New Normal

Maya Rosfi'ah

Investree Gandeng Mbiz Kucurkan Kredit menuju Pengusaha UMKM

Maya Rosfi'ah

PLN Didatangi Jokowi, Dimana Menteri BUMN Rini Soemarno?

Maya Rosfi'ah

Rupiah Diprediksi Terkerek Hasil Rapat The Fed

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment