Image default
Nasional

Akses sso.bpjsketenagakerjaan.go.id buat Cek Nama di BPJS Ketenagakerjaan BLT Rp 600 Segera Cair

Berikut cara cek nama terdaftar di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan dengan mengakses laman sso.bpjsketenagakerjaan.go.id . Bantuan senilai Rp 600 ribu bagi perkerja swasta dengan penghasilan di bawah Rp 5 juta per bulan akan cair pada 25 Agustus 2020. Persyaratan untuk mendapat bantuan Rp 600 ribu adalah harus terdaftar dalam BPJS Ketenagakerjaan.

Untuk diketahui, pekerja akan mendapat bantuan selama empat bulan dengan dua kali pencairan. Dengan begitu, dalam satu kali pencairan pekerja mendapatkan uang sebesar Rp 1,2 juta. Sebelumnya, Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah mengatakan bantuan tersebut akan mulai diberikan pada 25 Agustus 2020 mendatang.

Pemberian bantuan akan dilakukan secara simbolik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). "Rencananya, Bapak Presiden menyerahkan secara langsung dan me launching. Insya Allah tanggal 25 Agustus ini," ujarnya, dikutip dari . Selain gaji di bawah Rp 5 juta, Ida menambah, karyawan dan pegawai yang menerima bantuan harus tercatat sebagai peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan.

"Kita minta teman teman BPJS untuk memvalidasi datanya dan kami di Kementerian Ketenagakerjaan menerima datanya dari BPJS Ketenagakerjaan. Jadi yang melakukan validasi adalah teman teman dari BPJS Ketenagakerjaan," tambah Ida. Nantinya, subsidi upah yang diberikan sebesar Rp 600.000 selama 4 bulan dengan dua kali pencairan. "Jadi untuk subsidi bulan September Oktober akan kita berikan pada akhir Agustus ini. Dan 2 bulan berikutnya akan diberikan. Jadi diberikan dalam bentuk transfer langsung ke rekening penerima 2 bulan sekali, Rp 1.200.000," tutur Ida.

Lantas, bagaimana cara mengecek nama kita terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan? Cara cek status kepesertaan dan saldo bisa dilakukan melalui laman . Apabila belum terdaftar di laman tersebut, bisa melakukan registrasi dengan cara:

Masuk ke laman . Pilih menu registrasi. Kemudian isi formulir sesuai dengan data:

Apabila berhasil, kamu akan mendapatkan PIN yang akan dikirimmelalui email dan SMS dari nomor ponsel yang didaftarkan. Sementara, berikut cara cek kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan via website. Masuk ke laman .

Masukkan alamat email di kolom user. Kemudian, masukkan kata sandi. Setelah masuk, pilih menu layanan.

Unduh aplikasi BPJSTK Mobile di Android, iOS, dan BlackBerry. Lakukan registrasi terlebih dahulu untuk mendapatkan PIN. Syarat registrasi di aplikasi BPJSTK Mobile antara lain Nomor KPJ (ada di kartu BPJS Ketenagakerjaan), NIK e KTP, dan tanggal lahir, dan nama.

Setelah terdaftar dan login, peserta dapat mengetahui status kepesertaan BPJAMSOSTEK. Kemudian pilih di "Kartu Digital". Setelah muncul tampilan kartu digital BPJS Ketenagakerjaan, klik di tampilan tersebut.

Pada bagian bawah akan terlihat status kepesertaan BPJS TK (aktif/tidak aktif). Cara cek status kepesertaan yang paling tradisional adalah datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan. Peserta BPJS Ketenagakerjaan juga harus membawa persyaratan untuk mengecek kepesertaan.

Berita Terkait

Kami Serahkan menuju Presiden Soal Kursi Wakil Menteri PPP

Maya Rosfi'ah

Kini Divonis Mati Bunuh Suami Agar Bisa Lunasi Utang Rp 10 M Perjalanan Kasus Aulia Kesuma

Maya Rosfi'ah

PP Pagar Nusa Beri Gelar Pendekar Lensa kepada Junaidi Mahbub

Maya Rosfi'ah

Jenazah Afridza Munandar Akan Diterbangkan menuju Tanah Air Senin Siang

Maya Rosfi'ah

Ki Gendeng Pamungkas Meninggal Dunia di RS Mulia Bogor BREAKING NEWS

Maya Rosfi'ah

HNW Ajak Anak Bangsa Teladani Para Pendiri Bangsa buat Berkontribusi dalam Melawan Covid-19

Maya Rosfi'ah

Belum Terbukti Sebagai Anti Covid-19 Soal Kalung Antivirus Corona Guru Besar Farmasi UGM

Maya Rosfi'ah

Presiden Jokowi Dipastikan Tak Menggelar Open House Idul Fitri Besok

Maya Rosfi'ah

Dilengkapi Tata Cara Pelaksanaan Idul Adha 1441 H Jumat 31 Juli 2020 Bacaan Niat Salat Idul Adha

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment