Image default
Nasional

Akses sso.bpjsketenagakerjaan.go.id buat Cek Nama di BPJS Ketenagakerjaan BLT Rp 600 Segera Cair

Berikut cara cek nama terdaftar di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan dengan mengakses laman sso.bpjsketenagakerjaan.go.id . Bantuan senilai Rp 600 ribu bagi perkerja swasta dengan penghasilan di bawah Rp 5 juta per bulan akan cair pada 25 Agustus 2020. Persyaratan untuk mendapat bantuan Rp 600 ribu adalah harus terdaftar dalam BPJS Ketenagakerjaan.

Untuk diketahui, pekerja akan mendapat bantuan selama empat bulan dengan dua kali pencairan. Dengan begitu, dalam satu kali pencairan pekerja mendapatkan uang sebesar Rp 1,2 juta. Sebelumnya, Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah mengatakan bantuan tersebut akan mulai diberikan pada 25 Agustus 2020 mendatang.

Pemberian bantuan akan dilakukan secara simbolik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). "Rencananya, Bapak Presiden menyerahkan secara langsung dan me launching. Insya Allah tanggal 25 Agustus ini," ujarnya, dikutip dari . Selain gaji di bawah Rp 5 juta, Ida menambah, karyawan dan pegawai yang menerima bantuan harus tercatat sebagai peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan.

"Kita minta teman teman BPJS untuk memvalidasi datanya dan kami di Kementerian Ketenagakerjaan menerima datanya dari BPJS Ketenagakerjaan. Jadi yang melakukan validasi adalah teman teman dari BPJS Ketenagakerjaan," tambah Ida. Nantinya, subsidi upah yang diberikan sebesar Rp 600.000 selama 4 bulan dengan dua kali pencairan. "Jadi untuk subsidi bulan September Oktober akan kita berikan pada akhir Agustus ini. Dan 2 bulan berikutnya akan diberikan. Jadi diberikan dalam bentuk transfer langsung ke rekening penerima 2 bulan sekali, Rp 1.200.000," tutur Ida.

Lantas, bagaimana cara mengecek nama kita terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan? Cara cek status kepesertaan dan saldo bisa dilakukan melalui laman . Apabila belum terdaftar di laman tersebut, bisa melakukan registrasi dengan cara:

Masuk ke laman . Pilih menu registrasi. Kemudian isi formulir sesuai dengan data:

Apabila berhasil, kamu akan mendapatkan PIN yang akan dikirimmelalui email dan SMS dari nomor ponsel yang didaftarkan. Sementara, berikut cara cek kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan via website. Masuk ke laman .

Masukkan alamat email di kolom user. Kemudian, masukkan kata sandi. Setelah masuk, pilih menu layanan.

Unduh aplikasi BPJSTK Mobile di Android, iOS, dan BlackBerry. Lakukan registrasi terlebih dahulu untuk mendapatkan PIN. Syarat registrasi di aplikasi BPJSTK Mobile antara lain Nomor KPJ (ada di kartu BPJS Ketenagakerjaan), NIK e KTP, dan tanggal lahir, dan nama.

Setelah terdaftar dan login, peserta dapat mengetahui status kepesertaan BPJAMSOSTEK. Kemudian pilih di "Kartu Digital". Setelah muncul tampilan kartu digital BPJS Ketenagakerjaan, klik di tampilan tersebut.

Pada bagian bawah akan terlihat status kepesertaan BPJS TK (aktif/tidak aktif). Cara cek status kepesertaan yang paling tradisional adalah datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan. Peserta BPJS Ketenagakerjaan juga harus membawa persyaratan untuk mengecek kepesertaan.

Berita Terkait

Jaksa Agung Tidak Tahu Status Kewarganegaraan Djoko Tjandra

Maya Rosfi'ah

Jokowi Disarankan Beri Porsi Kewenangan Lebih Besar menuju Ma’ruf Amin Tangani Covid-19

Maya Rosfi'ah

Moeldoko Minta LKPP & BPKP Perkuat Pendampingan Badan Pelaksana Kartu Prakerja

Maya Rosfi'ah

Peternakan Bebas Kandang Jadi Tren Baru yang Diklaim Tak Menyiksa Hewan

Maya Rosfi'ah

BPJS Kelas III akan Dibayari Mantan Jubir Prabowo-Sandi Gamal Albinsaid Nyalon Wali Kota Surabaya

Maya Rosfi'ah

Hari Lingkungan Hidup Sedunia Menginspirasi Pemerintah & Masyarakat Menjaga Alam

Maya Rosfi'ah

Tidak Ada Open House saat Idul Fitri Istana

Maya Rosfi'ah

Prabowo: Untuk Apa Sih Jabatan? Ganti Kepemimpinan Itu Hal Biasa

Maya Rosfi'ah

Kemendikbud Minta Guru Tanamkan Soft Skill Kepada Siswa Agar Tidak Tergantikan Teknologi Canggih

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment