Image default
Otomotif

Alasan Kawasaki KLX 230 sudah Gusur Fitur Kick Starter

Salah satu yang bikin heboh dariKawasaki KLX 230adalah tidak tersedianya kick starter, untuk menyalakan mesin cukup pencet tombol saja. Yup, motor ini hanya dibekali dengan electric starter di panel setang sebelah kanan. Sebenarnya komponen ini memudahkan sekali ketika motor mati di trek adventure off road yang jelas sangat melelahkan. Enggak perlu capek capek ‘ngengkol’ lagi.

Sama seperti kebanyakan trail trail masa kini, hingga motor special engine untuk balap pun kebanyakan sudah tidak lagi menggunakan kick starter. Namun banyak yang menyayangkan, kenapa tidak dibekali kick starter buat jaga jaga. “Biar enggak nyangkut di dahan atau ranting saat masuk hutan,” buka Sucipto Wijono Sutjiawan, Line Head Marketing, PT. Kawasaki Motor Indonesia (KMI).

Tapi bukan itu yang utama, Sucipto menambahkan jika motor ini sudah menggunakan injeksi bahan bakar. “Jika aki tekor, fuel pump dan sistem injeksi tidak akan bisa bekerja. Jadi apapun kondisinya memang harus menjaga kondisi aki,” terangnya. Artinya, meski ada kick starter tapi aki tekor pun kemungkinan besar mesin tetap tidak bisa hidup.

Sedang electric starter pun bekerja dengan tenaga dari aki. Pada motor ini merawat aki sama saja menjaga motor ini tetap bisa hidup dengan sempurna kapan pun. Jadi, ayo ubah kebiasaan. Dari menggunakan kick starter ke electric starter! Mesin total baru, berkapasitas 233 cc yang diproduksi di Thailand. SOHC 2 katup, berpendingin udara, 6 percepatan. Sudah fuel injection dari Keihin dengan diameter throttle body 32 mm. Perbandingan kompresinya rendah, hanya 9,4:1.

Klaim tenaga maksimumnya 18,8 dk di 7.600 rpm dan torsi 19,8 Nm pada 6.100 rpm. Karakter tenaga dan torsi diset kuat di putaran bawah sampai menengah sesuai kebutuhan saat off road.

Berita Terkait

Kawasaki Ninja ZX-25R 4 Silinder Kabarnya akan Dijual di Atas Rp100 Juta

Maya Rosfi'ah

Toyota Team Juara Lagi di Kejurnas Slalom Auto Gymkhana 2019

Maya Rosfi'ah

Petualangan Berlanjut! Toyota 5 Continents Drive Kunjungi Benua Kelahiran Otomotif

Maya Rosfi'ah

Wah, Banderol Vespa GTS 300 Naik Rp 10 Juta

Maya Rosfi'ah

Marcus Gideon Jadi Pemilik Pertama GR Supra Warna Kuning Pas dengan Julukan ‘The Minions’

Maya Rosfi'ah

Toyota 5 Continents Drive Asia 2019-2020 Utamakan Safety Driving

Maya Rosfi'ah

ADV 150 hingga Honda BeAT Harga Motor Honda Terbaru Bulan Januari 2020

Maya Rosfi'ah

Berapa Budget Servis ECU Mobil yang Terendam Banjir

Maya Rosfi'ah

Versi ABS Rp 32 Jutaan Harga & Spesifikasi Yamaha NMAX Terbaru Desember 2019

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment