Image default
Kesehatan

Alat Makan Sampai Tenda di Pusat Observasi WNI dari Wuhan Disemprot Desinfeksi 3 Kali Sehari

— Proses observasi 238 (WNI) dari Wuhan China di Natuna tidak lepas dari pemantauan kondisi kesehatan dengan memperhatikan kebersihan tempat observasi. Untuk memastikan kebersihan tersebut, Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Masyarakat Kementerian Kesehatan, Anung Sugihantono menjelaskan dilakukan desinfeksi sebanyak tiga kali sehari. Desinfeksi adalah membunuh mikroorganisme penyebab penyakit dengan bahan kimia atau secara fisik, hal ini dapat mengurangi kemungkinan terjadi infeksi dengan jalan membunuh mikroorganisme patogen.

Penyemprotan desinfektan dilakukan pada barang barang yang digunakan para WNI mulai dari alat makan hingga tenda tempat para WNI beristirahat. “Penyemprotan desinfeksi pada meja dan alat makan tiga kali sehari setelah digunakan, disinfeksi tenda juga,” ungkap Anung dari pusat observasi melalui sambungan telepon saat konferensi pers Kementerian Kesehatan, di Jakarta Selatan, Rabu (5/2/2020). Proses desinfeksi ini seperti yang dilakukan ketika para WNI turun dari pesawat ketika proses evakuasi dari Wuhan ke Natuna, Minggu (2/2/2020) lalu.

Selain dengan desinfeksi, pemantauan kesehatan juga dilakukan dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi hingga air dan tata kelola sampah selama proses observasi. “Tim kami melakukan berbagai pengendalian seperti pemeriksaan makanan yang akan disajikan, pengawasan kualitas air, pemberian kaporit pada kolam penampuangan yang ada di ring 1,” kata Anung. Anung memastikan kondisi 238 WNI dan para tim pendamping WNI semu dalam keadaaan baik dengan dilakukan tes kesehatan dua kali sehari.

Kata Anung dari segi nafsu makan juga para WNI tidak kehilangan nafsu makan sehingga tubuh mereka tetap kuat. “Saya juga bisa lihat melihat WNI yang dievakuasi sehat masih ada nafsu makan dan menikmati menu yang disediakan,” tutur Anung.

Berita Terkait

Bisa Mengatasi Rasa Sakit saat Menstruasi 8 Manfaat Daun Ubi Jalar buat Kesehatan

Maya Rosfi'ah

Benarkah Kecanduan Internet Bisa Turunkan Daya Ingat dan Fungsi Otak? Simak Penjelasannya!

Maya Rosfi'ah

Mengatasi Flu Tanpa Minum Obat

Maya Rosfi'ah

Bukan Hanya Enak untuk Masakan, Lada Hitam Bermanfaat untuk Kesehatan

Maya Rosfi'ah

6 Makanan Alami Ini Dipercaya buat Bersihkan Organ Hati Tanpa Tindakan Medis

Maya Rosfi'ah

VIRAL Video Balita Merokok Vape dengan Santai Seolah Sudah Terbiasa Apa Bahayanya

Maya Rosfi'ah

Kesiapan Fasilitas KRI Dr. Soeharso buat Evakuasi WNI di Jepang

Maya Rosfi'ah

Bijak Sebelum Membeli Suplemen Vitamin buat Perkuat Imunitas Tubuh

Maya Rosfi'ah

Diabetes dan Hipertensi Picu Kerusakan Ginjal

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment