Image default
Kesehatan

Alat Makan Sampai Tenda di Pusat Observasi WNI dari Wuhan Disemprot Desinfeksi 3 Kali Sehari

— Proses observasi 238 (WNI) dari Wuhan China di Natuna tidak lepas dari pemantauan kondisi kesehatan dengan memperhatikan kebersihan tempat observasi. Untuk memastikan kebersihan tersebut, Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Masyarakat Kementerian Kesehatan, Anung Sugihantono menjelaskan dilakukan desinfeksi sebanyak tiga kali sehari. Desinfeksi adalah membunuh mikroorganisme penyebab penyakit dengan bahan kimia atau secara fisik, hal ini dapat mengurangi kemungkinan terjadi infeksi dengan jalan membunuh mikroorganisme patogen.

Penyemprotan desinfektan dilakukan pada barang barang yang digunakan para WNI mulai dari alat makan hingga tenda tempat para WNI beristirahat. “Penyemprotan desinfeksi pada meja dan alat makan tiga kali sehari setelah digunakan, disinfeksi tenda juga,” ungkap Anung dari pusat observasi melalui sambungan telepon saat konferensi pers Kementerian Kesehatan, di Jakarta Selatan, Rabu (5/2/2020). Proses desinfeksi ini seperti yang dilakukan ketika para WNI turun dari pesawat ketika proses evakuasi dari Wuhan ke Natuna, Minggu (2/2/2020) lalu.

Selain dengan desinfeksi, pemantauan kesehatan juga dilakukan dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi hingga air dan tata kelola sampah selama proses observasi. “Tim kami melakukan berbagai pengendalian seperti pemeriksaan makanan yang akan disajikan, pengawasan kualitas air, pemberian kaporit pada kolam penampuangan yang ada di ring 1,” kata Anung. Anung memastikan kondisi 238 WNI dan para tim pendamping WNI semu dalam keadaaan baik dengan dilakukan tes kesehatan dua kali sehari.

Kata Anung dari segi nafsu makan juga para WNI tidak kehilangan nafsu makan sehingga tubuh mereka tetap kuat. “Saya juga bisa lihat melihat WNI yang dievakuasi sehat masih ada nafsu makan dan menikmati menu yang disediakan,” tutur Anung.

Berita Terkait

Katarak Nenek Ratmah Kini Bisa Diobati Sempat Ditolak di Rumah Sakit

Maya Rosfi'ah

Segudang Masalah Akibat Penyakit Katarak, Berikut Kisah Naryo

Maya Rosfi'ah

Diabetes dan Hipertensi Picu Kerusakan Ginjal

Maya Rosfi'ah

Hal-hal yang Mungkin Membuat Kita Tidak Bahagia

Maya Rosfi'ah

Fokus Yayasan Kanker Indonesia Mengurangi Penderita Kanker Di Indonesia

Maya Rosfi'ah

VIRAL Video Balita Merokok Vape dengan Santai Seolah Sudah Terbiasa Apa Bahayanya

Maya Rosfi'ah

Penjelasan Dokter Tentang Cara Ampuh buat Penderita Hepatitis A Agar Sembuh Total

Maya Rosfi'ah

Jadi Buruan Artis Hingga Izinnya Hanya Dokter Umum Fakta Klinik Suntik Punca Ilegal Disegel

Maya Rosfi'ah

Ini Penjelasannya Kenapa Penyakit ISPA & Diare Kerap Menyerang di Musim Pancaroba

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment