Image default
Internasional

Anak Muda Ini Salip Jack Ma Jadi Orang Terkaya Kedua di China Apa Bisnisnya

CEO Pinduoduo Colin Huang menyalip Jack Ma sebagai orang terkaya nomor dua di China Hal tersebut terungkap berdasarkan Forbes Real Time Billionaire Index pada Minggu (22/6/2020) lalu. Melonjaknya kekayaan pria berusia 40 tahun itu berkat harga saham Huang di perusahaan e coomerce China tersebut yang melonjak 87,59 dollar AS per lembar saham pada perdagangan Jumat (20/6/2020) pada perdagangan saham di Nasdaq. Angka tersebut merupakan rekor harga saham tertinggi yang pernah dicapai Pinduoduo. Berdasarkan Forbes Real Time Billionaire Index Minggu (28/6/2020), Huang saat ini memiliki total nilai kekayaan 44,2 miliar dollar AS atau sekitar Rp 627,64 triliun atau berada di posisi nomor 2 setelah CEO Tencent Holdings Ma Huateng yang juga dikenal sebagai Pony Ma, yang nilai kekayaannya mencapai 54 miliar dollar AS.

Sementara saat ini Jack Ma, yang telah mengundurkan diri dari posisi CEO Alibaba dan tengah fokus pada kegiatan filantropis memiliki nilai kekayaan sebesar 43,3 miliar dollar AS. Harga saham Pinduoduo yang mengalami peningkatan hingga 300 persen tahun lalu membuat Huang yang merupakan mantan pegawai Google mampu mempersempit selisih kekayaannya dengan pendiri sekaligus mantan bos Google yang kekakayaannya sebesar 64,3 miliar dollar AS dan Seergey Brin dengan kekayaan 62,6 miliar dollar AS. Selain itu, kekayaan Huang juga sudah melampaui nilai kekayaan bos Google lainnya, Eric Smichdt.

Perusahaan e commerce milik Huang, Pinduoduo didirikan pada 2015 dan dalam waktu pendek telah menjadi salah satu bisnis ritel online terbesar di China. Kapitalisasi pasar dari perusahaan tersebut telah mencapai 104 miliar dollar AS. Berkat kinerja saham Pinduoduo tersebut, nilai kekayaan para investor pun melejit. Beberapa investor yang sukses akibat berinvestasi pada saham Pinduoduo adalah Tencent, Sequoia China dan Gaorong Capital atau Banyan Capital. Performa saham Pinduoduo juga membantu pendiiri Gaorong Zhang Zhen dan Gao Xiang masuk ke dalam daftat Forbes Midas 2020.

Untuk diketahui, sebelum mendirikan Pinduoduo, Huang merupakan pendiri Xinyoudi Studio untuk mengembangkan dan mendirikan game online serta Ouku.com, sebuah perusahaan dan platform untuk barang barang elektronik serta perlengkapan rumah tangga. Huang memulai karirnya di kantor pusat Google pada 2004, kemudian pindah ke China sebagai bagian dari tim yang mendirikan Google China. Setelah itu, Huang dilatih sebagai data scientist serta mempresentasikan hasil kerjanya pada konferensi internasional seperti ACM SIGMOD COnference serta Konferensi Internasional MEchine Learning.

Huang merupakan seorang sarjana ilmu komputer dari Zhejiang University dan memiliki gelar master ilmu komputer dari University of Misconsis Madison.

Berita Terkait

Qatar Tuan Rumah 7th Gopac Global Conference

Maya Rosfi'ah

Ibu ini Viral Setelah Mengantarkan GrabFood, Si Pelanggan Juga Terkejut Ketika Pesanannya Sampai

Maya Rosfi'ah

Area Mataf Dibuka Lagi buat Jemaah Non Umrah Sempat Disterilisasi

Maya Rosfi'ah

Mahfud MD Tegaskan Tidak Perlu Kerja Sama dengan Amerika Serikat Soal Konflik Laut Natuna

Maya Rosfi'ah

Menhankam Jepang akan Buat Standar Bagi SDF Antisipasi Menghadapi UFO

Maya Rosfi'ah

Polisi Wanita Amankan Jalannya Ibadah Haji di Mekkah buat Pertama Kalinya

Maya Rosfi'ah

Penemunya Goro Hasegawa Gunakan Tutup Botol Susu Awal Mula Permainan Othello dari Jepang

Maya Rosfi'ah

KJRI Houston Tanggapi Vonis Pelaku Tabrakan yang Tewaskan WNI Ratih Sinta di Lousiana

Maya Rosfi'ah

Trump Tarik Tentara Nasional dari Lokasi Demo George Floyd Balas Sindir Wali Kota Washington DC

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment