Image default
Metropolitan

Anies Baswedan Tunda Rencana Pembebasan PBB P2 Bagi Warga Yang Bangun Sumur Resapan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menunda rencana pembebasan biaya Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan Pedesaan (PBB P2) bagi pemilik tempat tinggal yang bangun drainase vertikal atau sumur resapan. Anies Baswedan menjelaskan, ada data mengenai perubahan wilayah untuk menjadidasarpengubahantarifPBBbelumselesaidisusun. "Belum dirumuskan secara detail karena tidak tahun ini. Karena data pajak kita itu belum rapi sesudah fiscal cadaster baru kita buatkan yang rapi. Agar nanti ketika kita membuat aturan di lapangan tidak muncul selisih selisih antara aturan dan pelaksanaannya," ungkap Anies kepada wartawan di Balai Kota, Gambir, Jakarta Pusat pada Selasa (7/5/2019).

Walau begitu, dirinya berharap penundaan intensif tersebut tidak menyurutkan niat masyarakat untuk membangun sumur resapan. Pasalnya, sumur resapan tersebut diyakini mampu mengurangi genangan ketika hujan lokal serta dapat menjaga ketersediaan pasokan air tanah. Anies pun mengaku pihaknya kini tengah mendorong program sumur resapan, bukan hanya pemerintah, tetapi lewat partisipasi publik, baik individu maupun komunitas.

"Jika dia punya rumah atau tanah cukup luas, 1500 meter persegi misalnya, dia harus bangun sendiri. Tapi kalau warga dengan dominasi luas tanah 50 meter persegi, 60 meter persegi, itu sumur resapannya dilakukan secara komunitas," jelas Anies. Bersamaan dengan hal tersebut, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menargetkan pembuatan ribuan sumur resapan di seluruh lahan milik pemerintah. Pembangunan yang dimulai sejak Bulan Januari 2019 lalu hingga Maret 2019, pihaknya mencatat ada sebanyak 3.770 buah sumur resapan yang tersebar di Ibu Kota.

"Kemudian kalau di lapangan yang besar itu oleh negara jadi tiga komponen oleh pemerintah komunitas dan oleh rumah tangga," jelasnya.

Berita Terkait

MS Diduga Terpengaruh Narkoba saat Habisi Nyawa Bayinya Sendiri

Maya Rosfi'ah

Densus 88 Tangkap 8 Terduga Teroris di Jakarta dan Bekasi pada Hari Ini, Ada yang Pasutri

Maya Rosfi'ah

Sudah Tahu Bedanya LRT, MRT, dan KRL atau Commuter Line?

Maya Rosfi'ah

Mahasiswa Binus Ditemukan Tewas di Kampusnya, Diduga Bunuh Diri

Maya Rosfi'ah

Anies Usul Stasiun Kota Tua Masuk Rencana Penataan Berikutnya Setelah Resmikan 4 Stasiun Terpadu

Maya Rosfi'ah

Begini Nasibnya Nyaris Tabrak Pengendara Polisi Ngamuk & Kabur Gegara Ditegur Tak Pakai Masker

Maya Rosfi'ah

Manajemen Mal Kota Kasablanka Pastikan Hoaks Diisukan Lockdown

Maya Rosfi'ah

Pesan Jokowi ‎untuk Usman, Pedagang yang Jualannya Dijarah Perusuh 22 Mei

Maya Rosfi'ah

Polisi Cari Pemicunya Seorang PNS Gantung Diri di Kantor Wali Kota Jakarta Barat

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment