Image default
Metropolitan

Anies Usul Stasiun Kota Tua Masuk Rencana Penataan Berikutnya Setelah Resmikan 4 Stasiun Terpadu

Hari ini, Rabu (17/6/2020) Pemprov DKI, Kementerian BUMN, dan Kementerian Perhubungan meresmikan empat (4) stasiun terpadu, meliputi Stasiun Juanda, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Tanah Abang, dan Stasiun Sudirman. Selanjutnya, akan ada empat (4) stasiun lagi yang masuk dalam rencana penataan. Yaitu Stasiun Manggarai, Stasiun Tebet, Stasiun Gondangdia, dan Stasiun Palmerah. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengusulkan satu (1) stasiun lagi, yaitu Stasiun Kota Tua untuk masuk dalam proyeksi perencanaan berikutnya.

"Ke depan akan ada empat lagi yang rencananya dibuat. Tambahannya adalah Manggarai, Tebet, Gondangdia, dan Palmerah. Kalau boleh usul, tambah satu lagi sekarang yaitu Stasiun Kota Tua. Jadi lima stasiunnya," kata Anies dalam acara peresmian di Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (17/6/2020). Pasalnya kata dia, Pemprov DKI juga tengah menata kawasan Stasiun Kota Tua. Sehingga jika usulan tersebut disetujui, maka fasilitas kendaraan umum massal yang terintegrasi di lokasi itu bisa benar benar di wujudkan. Karena menurutnya pengintegrasian jadi penting untuk mengoptimalisasi penggunaan transportasi oleh masyarakat.

"Karena kita tahu persis bahwa ketika kendaraan umum itu tersedia tapi tidak terintegrasi, maka masyarakat tidak akan menggunakannya dengan optimal," ungkap dia. Dalam kesempatan yang sama, mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu turut menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Presiden Joko Widodo karena telah memberi arahan dalam pengembangan transportasi, salah satunya lewat pengintegrasian ini. "Izinkan saya juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada bapak Presiden atas dukungan, atas arahannya," tutur dia.

"Dalam rapat yang dipimpin oleh bapak Presiden di awal 2018, pada waktu itu bapak Presiden sudah menggarisbawahi bahwa di Jakarta, kita harus integrasikan transportasi dan pengelolaan integrasi itu bersamaan dengan pengelolaan tata ruang, sehingga rencana pengembangan transportasi sejalan dengan rencana pembangunan tata ruang," pungkasnya.

Berita Terkait

Terkait Reklamasi, Pemprov DKI Diminta Berikan Kepastian dan Keadilan Hukum

Maya Rosfi'ah

Mahasiswa Binus Ditemukan Tewas di Kampusnya, Diduga Bunuh Diri

Maya Rosfi'ah

Viral Pria Gendong Jenazah Karena Ambulans Puskesmas Tak Bisa Dipakai, Ini Respons Wali Kota

Maya Rosfi'ah

Kendaraan Pribadi Terpaksa Melintas di Jalur Busway Aksi Demo di Thamrin Tower

Maya Rosfi'ah

Pemkot Depok Larangan Kegiatan Keagamaan Bersifat Massal hingga 4 April Antisipasi Corona

Maya Rosfi'ah

Jamaan Majelis Rasullullah Ikuti Tabligh Akbar Maulud Nabi

Maya Rosfi'ah

Sudah Tahu Bedanya LRT, MRT, dan KRL atau Commuter Line?

Maya Rosfi'ah

Ini Penjelasan Polisi Mayat Pria Ditemukan di Kamar Mandi Toko Kaca di Depok

Maya Rosfi'ah

Saat Ditanya Dia Mengaku Khilaf Ayah di Depok Rudapaksa Putri Kandungnya Sampai 3 Kali

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment