Image default
Bisnis

Apresiasi BI buat Seribuan Milenial yang Aktif Sosialisasikan QRIS ‘BI Netifest 2020’

Bank Indonesia (BI) baru saja memberikan penghargaan terhadap ribuan milenial dalam acara 'Bank Indonesia Netizen Festival (BI Netifest) 2020'. Penghargaan ini diberikan sebagai wujud apresiasi terhadap para milenial yang telah aktif mensosialisasikan QR Code Indonesian Standard (QRIS) kepada masyarakat secara luas melalui konten menarik yang mereka tawarkan dalam bentuk video maupun blog. Para penerima penghargaan BI Netifest 2020 ini sebenarnya adalah mereka yang menjadi pemenang maupun peserta dalam kompetisi bertajuk 'Video dan Blog Competition Tahun 2019'.

Acara penganugerahan ini digelar di Museum Bank Indonesia, Jakarta Utara, Jumat (17/1/2020) malam, dan dihadiri oleh Deputi Gubernur Senior BI, Destry Damayanti yang juga mengambil peran sebagai pemberi penghargaan. Mengusung tema 'QRIS: Standar Pembayaran Digital Ala Milenial', kompetisi yang berlangsung sejak September hingga November 2019 ini diikuti oleh 1707 peserta dan menghasilkan 586 artikel blog serta 1121 video. Destry menjelaskan bahwa peran milenial, khususnya yang berfokus sebagai influencer kini sangat penting.

Bahkan pemerintah pun turut serta melibatkan para influencer ini sebelum membuat suatu kebijakan. "Jadi kalian tahu, Pemerintah pun sekarang kalau mau membuat suatu kebijakan itu pasti akan mengundang influencer influencer," ujar Destry, dalam acara tersebut. Ia menyebut acara penganugerahan ini sebagai wadah khusus dalam mengumpulkan talenta kreatif para milenial agar bisa diolah secara efektif untuk kebutuhan masyarakat.

"Rangkaian BI Netifest merupakan wadah bagi generasi milenial untuk menciptakan karya karya kreatif melalui dunia vlog dan blog," jelas Destry. Destry berharap BI Netifest 2020 bisa membentuk para milenial ini menjadi generasi yang unggul, sesuai dengan cita cita Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakni membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing. "Diharapkan (acara ini) mampu menjadi salah satu sarana untuk mencetak generasi milenial yang unggul," kata Destry.

Perlu diketahui, saat ini industri kreatif menyumbang sekitar 7 persen pada perekonomian Indonesia. BI Netifest 2020 merupakan puncak dari rangkaian acara Festival Edukasi Bank Indonesia (FesKaBI) 2019 yang menyediakan fasilitas bagi para generasi milenial untuk mengenal kebijakan terkini BI, yakni QRIS. Generasi milenial ini diharapkan bisa semakin memahami terkait pembayaran digital melalui penggunaan kode QR pembayaran yang terstandarisasi.

Selain itu, melalui kegiatan ini, mereka diharapkan turut berperan secara aktif menjadi endorser dalma menyuarakan QRIS kepada masyarakat luas. Ke depannya, BI akan terus berupaya mengedukasi dan mensosialisasikan QRIS ini untuk meningkatkan pemahaman publik terhadap kebijakan terbaru Bank Indonesia. Berikut nama pemenang Video dan Blog Competition yang diberikan penghargaan dalam BI Netifest 2020:

Blog 1. Masruro 2. Umi Marfathonah 3. Dian Restu Agustina Video 1 Menit

1. Leonard Gahansa 2. Bhekti Setyowibowo 3. Diego Armando Takaredase Vlog 1. Steeve Muntu 2. Mahendrayana Setiawan Triatmaja 3. Sigit Rizky Ramadhan

Animasi 1. Sudibyo Saputro 2. Catya Wido Ahmad 3. Mohammad Najib Short Movie

1. Sarwadiono 2. Muh Irwan Setiawan 3. Ali Mulyawan

Berita Terkait

Mentan SYL Tantang Eksportir Genjot Ekspor Produk Pertanian hingga 3 Kali Lipat

Maya Rosfi'ah

Pengembangan Wisata Pulau Rinca Taman Nasional Komodo Akan Gandeng KLHK

Maya Rosfi'ah

Bank BJB Syariah Masih Catatkan Kinerja Positif Di Tengah Pandemi Covid-19

Maya Rosfi'ah

OJK Masih Dalami Laporan Keuangan Garuda Indonesia

Maya Rosfi'ah

Perusahaan Ritel Mdans Akan Akuisisi Saham Ocado

Maya Rosfi'ah

Curang, Sejumlah Pom Bensin di Jalur Pantura Disegel Kemendag

Maya Rosfi'ah

Bos BCA Khawatir Terjadi ‘Shortage’ Imbas Virus Corona

Maya Rosfi'ah

Shopee Donasi Rp 1 Miliar menuju PMI buat Covid-19

Maya Rosfi'ah

76 Persen Jumlah Pemudik yang Gunakan Mobil Pribadi Naik 17 Ada Tol Trans Jawa & Sumatera

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment