Image default
Pendidikan

Asosiasi Guru Marketing Tingkatkan Kompetensi Pengajar SMK melalui Pelatihan & Sertifikasi

Merespon tingginya kebutuhan lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) yang memiliki keterampilan mumpuni di bidang pemasaran, sejumlah guru mereka yang aktif di dunia pendidikan mendirikan Asosiasi Guru Marketing Indonesia (AGMARI). Asosiasi ini resmi dideklarasikan pembentukannya di Jakarta pada 6 Maret 2020 di kegiatan Simposium Guru Marketing Indonesia dalam Rangka HUT I AGMARI di Hermina Tower, Kemayoran, Jakarta. Dedy Budiman, Ketua Pembina dan founder AGMARI menyatakan, SMK selama ini sudah banyak meluluskan siswa dengan keahlian marketing dari jurusan Pemasaran. Namun kualifikasi mereka dinilai belum sesuai dengan tuntutan yang diminta sektor industri.

KetuaAGMARI PebrizaYanti, SE, M.Pd mengatakan, pendirianAGMARIdilandasi kepedulian pada guru SMK Pemasaran se Indonesia. Asosiasi ini diharapkan dapat berkontribusi untuk menambah kompetensi, profesionalisme dan wawasan siswa siswi dan guru guru marketing di setiap SMK. "Selain itu juga bisa menjadi penyambung antara dunia akademis dengan dunia usaha dan dunia industri,” kata Pebriza. Untuk menguatkan kegiatannya, AGMARI juga bersinergi dengan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) di seluruh Indonesia.

AGMARIjuga telah menginisiasi pembentukan SMKJurusan BisnisDaringdanPemasaran lengkap dengan kurikulum akademis serta memfasilitasi kegiatan PKL (Praktek Kerja Lapangan) siswa siswi di beberapa perusahaan. Asosiasi ini juga menyelenggarakan pelatihan pemasaran digital untuk para guru dan siswa SMK jurusan BDP di sejumlah kota mengkoordinir program sertifikasi digital marketing dengan BNSP bagi guru guru BDP. AGMARI juga mengandeng dunia usaha secara langsung. Misalnya dengan Astra Otoshop,AGMARI menggelar pelatihan Effective Educational Videos di 13 Kota untuk para guru BDP dan kegiatan kunjungan perusahaan untuk para guru BDP ke sejumlah perusahaan.

Harapannya, melalui kegiatan ini para guru BDP dapat memperoleh inisght terbaru tentang perkembangan dunia industri yang semakin dinamis di tengah penetrasi teknologi digital. Dari kegiata ini pula para guru BDP bisa mengukur kompetensi yang dibutuhkan dunia usaha terhadap para lulusan SMK khususnya jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran. Saat ini AGMARIdikelola oleh DedyBudiman yang menjabat sebagai ketua dewan pembina embina sekaligus pendiri AGMARI, bersama Kemal Gani, Group Chief Editor SWA Media; Thomas Dragono, Direktur Fiber Star; Frinda, pemilik Jaringan Rumah Sakit Hermina; dan Trisya Suherman, CEO PT Louise and Chelsea Ind dan pemilik jaringan Bambu Spa.

Saat iniAGMARIsudah terdaftar di Kementerian Hukum & HAM dan kehadiran asosiasi ini dinyatakan telah mendapat dukungan dari Direktorat Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Berita Terkait

VIDEO Panduan Lengkap Sholat Gerhana Matahari / Sholat Khusuf & Ini Isi Tausiyah yang Dianjurkan

Maya Rosfi'ah

Kemendikbud Resmikan Program Merdeka Belajar Telkom Schools

Maya Rosfi'ah

Tuntut Ganti Rugi Rp 551 Juta Fakta Fakta Orang Tua Gugat Sekolah Karena Anaknya Tidak Naik Kelas

Maya Rosfi'ah

Pesan Mahfud MD di Munas IKA UII

Maya Rosfi'ah

Dapat Nilai UN Sempurna, Ananda Hafidh Rifai Siswa SMA N 4 Solo: Ya Allah, Nggak Nyangka

Maya Rosfi'ah

Program Edukasi Gizi Frisian Flag & Kemendikbud-BPOM Latih 1.300 Guru di 20 Kota

Maya Rosfi'ah

Nadiem wajib Jelaskan Implementasinya Ganti Ujian Nasional dengan Assesment Fraksi PDIP DPR

Maya Rosfi'ah

Ini 4 Amalan Agar Panen Pahala Selamat Datang Bulan Rajab 1441 H Hari Ini Selasa 25 Februari 2020

Maya Rosfi'ah

Link Pengumuman Hasil UTBK SBMPTN 2019, Bisa Diakses di Sini, Diumumkan Besok

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment