Image default
Travel

Awalnya Jadi Customer Service Kondektur KA Bandara Solo yang Viral Ceritakan Perjalanan Karirnya

Sejak diperkenalkan dan difungsikan oleh publik pada 29 Desember 2019, Kereta Api (KA) Bandara Internasional Adi Soemarmo (BIAS) semakin terkenal. Ya, selama uji coba gratis ini ratusan orang berbondong bondong dan rela antre mengular demi mencobanya kereta yang melayani rute BandaraAdiSoemarmo Solo Stasiun Solo Balapan (PP) tersebut. Di balik itu, ternyata ada sosok yang tidak kalah 'terkenal'.

Dia adalah kondektur PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang memiliki nama lengkap WilzanBillyHusein. Wajahnya menghiasi lini massa karena banyak penumpang yang meminta swafoto dengan pria yang akrab dipanggil Billy itu. Bahkan banyak netizen yang menyebut pegawai PT KAI itu mirip artis Korea Siwon hingga menyaingi paras tokoh Sandiaga S Uno.

Pria yang mengaku masih single ini awalnya ditempatkan di bagian Customer Service sebagai pegawai Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) saat awal diterima di PT KAI. "Jadi ini baru saya dipindah tugaskan ke bagian kondektur KA Bandara BIAS," aku dia menekankan. Sebelum Billy menjadi kondektur kereta api, dia ternyata seorang atlet Taekwondo di tempat kelahirannya, di Magelang.

Dia pernah menempuh pendidikan tinggi di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang mengambil Jurusan Pendidikan Kesehatan Jasmani dan Olahraga dari 2012 hingga lulus pada tahun 2016. Billy menceritakan bahwa sebenarnya dia mempunyai keinginan yang mendalam untuk melanjutkan studi Starta 2 (S2), karena dia mempunyai cita cita menjadi dosen atau Aparatur Sipil Negara (ASN). Tetapi karena ada masalah yang mendesak, keinginannya ditunda.

"Saya akhirnya saya tunda dahulu dan saya fokus untuk mencari pekerjaan," ucap Billy. Tidak mudah bagi Billy untuk mencari pekerjaan. Dia mengalami masa menjadi 'pemburu pekerjaan', sehingga pernah mengirimkan lamarannya ke sejumlah instasi pemerintah, bank, dan perusahaan lain.

Hingga sampai pada akhirnya, dia diterima salah satu perusahaan BUMN yakni PT KAI. Dari sosok pria tinggi serta kulit putih dan ganteng itu, ternyata tersimpan kisah yang unik. Waktu Billy masih kecil, dia pernah mempunyai cita cita bisa bekerja yang memakai jas seperti orang kantor, hingga pada akhirnya, keinginannya terkabul.

"Di kondektur PT KAI saya pakai jas, rapi," ujar dia. Selama menjadi kondektur PT KAI, dia mengalami banyak kenangan dan pengalaman, baik suka maupun duka. "Dari sisi sukanya, saya bisa lebih mengenal banyak orang, bisa mengenal sifat dan karakter orang, dan bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada penumpang kami," jelas Billy.

"Kalo dari sisi dukanya, pada saat libur Idul Fitri, yang lain bisa berkumpul dengan keluarga, kalo kita tetap bekerja dan tidak bisa berkumpul dengan keluarga" tambah billy Akibatnya, dia sempat berdebat dengan keluarga perihal pekerjaannya yang membuat dia tidak bisa berkumpul. Bahkan saat disinggung soal foto fotonya yang viral karena banyak penumpang memposting swafoto dengan dirinya, Billy mengaku kaget.

Pasalnya dia jarang aktif memantau media sosial, baik Instagram, Fcebook hingga Twitter. Billy mengaku foto foto dirinya yang tengah bertugas viral, justru dari rekan kerjannya. Dia menyambut baik, tetapi dirinya lebih suka dia viral karena prestasi dari pada viral karena fisiknya.

"Jujur, saya lebih menyukai saya lebih dikenal orang karena prestasi saya dari pada karena fisik saya" ucap Billy. Billy menambahkan, selama bekerja di PT KAI siap bertugas di mana pun bahkan rasa cintanya kepada perusahaan terbesar di Indonesia itu, sudah mendalam sehingga saat ini cita cinta hanyalah mengabdi. "Jika saya berhenti di sini dan melanjutkan cita cita saya itu jawabannya tidak, bagi saya, ingin memberikan dedikasinya penuh kepada perusahaan ini" tegas Billy.

Berita Terkait

Cek Kuota Bagasi Panduan Traveler yang Baru Pertama Kali Naik Pesawat

Maya Rosfi'ah

Mengetahui Arti Kode SSSS di Boarding Pass Pesawat

Maya Rosfi'ah

Bisa Dicoba Saat Liburan 7 Tempat Sarapan di Pekalongan

Maya Rosfi'ah

Promo OVO Kulineran #PakeOVO, Dapat Cashback 60 Persen Di Boga Group Se Jabodetabek

Maya Rosfi'ah

Termasuk Es Dibungkus Plastik di Malaysia 8 Kebiasaan Unik di Berbagai Negara yang Buat Turis Heran

Maya Rosfi'ah

Niat Pelesir di Indonesia, Warga Singapura Tewas Tenggelam di Laut Bintan

Maya Rosfi'ah

7 Roti Bakar Enak di Yogyakarta, Roti Bakar Kretek Kewek 1872 Dibungkus Daun Pisang

Maya Rosfi'ah

Dua Kebiasaan Baik yang Dilakukan Penumpang Menurut Mantan Pramugari

Maya Rosfi'ah

Pengunjung Savana Propok Lombok Berpesta dengan Pengeras Suara Viral di Medsos

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment