Image default
Sport

Balapan Indianapolis 500 Ditunda hingga 23 Agustus Akibat Virus Corona Resmi

Salah satu balapan paling bergengsi dunia, Indianapolis 500 secara resmi ditangguhkan oleh pihak penyelenggara. Balapan Indy 500 terpaksa ditunda selama tiga bulan akibat pandemik virus corona yang telah melanda berbagai belahan dunia. Grand Prix perdana ajang balapan Indy 500 awalnya akan dimulai pada tanggal 24 Mei 2020 di Amerika Serikat.

Akibat penundaan tersebut, seri balapan Indy 500 diharapkan bisa kembali bergulir pada 23 Agustus mendatang. Salah satu tokoh pebalap yang akan kembali berpartisipasi adalah Fernando Alonso. Seperti yang kita ketahui, Fernando Alonso merupakan pebalap Indianapolis Motor Speedway yang pernah menjadi juara dunia Formula One sebanyak dua kali.

Dengan kematangannya mengendari kendaraan, Fernando Alonso ingin membuktikan kapasitasnya sebagai pebalap hebat di Indy 500. Nada kecewa dilontarkan oleh Roger Penske atas keputusan penundaan balapan hingga lima bulan mendatang. Roger Penske sendiri merupakan sebagai salah satu pembentuk tim balap Penske Racing.

Penske Racing juga menjadi salah satu tim paling sukses dalam ajang balapan Indy Car dan Nascar. "Bulan Mei di Indianapolis Motor Speedwaay adalah waktu favorit saya tahun ini dan seperti para penggemar kami, saya kecewa bahwa kami harus menjadwal ulang Indianapolis 500," ungkap Roger Penske, seperti dikutip dari Walaupun demikian, mantan pebalap F1 asal Amerika Serikat tersebut menyadari situasi sekarang menjadikan faktor keselamatan dan kesahatan jadi yang utama.

"Namun, kesehatan dan keselamatan peserta acara serta penonton kami adalah prioritas utama kami," tambahnya. "Kami percaya bahwa menunda acara merupakan keputusan yang dilandasi tanggung jawab dengan kondisi serta batas yang kami hadapi," lanjut pria kelahiran Ohio, 20 Februari 1937 tersebut. Guna mengisi jeda jadwal balapan tersebut, Roger Penske akan memanfaatkannya dengan membuat inovasi terkait penyelenggaraan balapan yang lebih mengesankan bagi para penggemarnya.

"Kami akan terus fokus pada cara cara kami dalam meningkatkan pengalaman para pendukung pada bulan bulan mendatang," ujarnya. "Saya yakin kami akan menyambut para penggemar dengan fasilitas yang diubah dan tontonan dunia ketika kami menjalankan balapan terhebat di dunia," pungkas pria berusia 83 tahun tersebut. Balapan Indianapolis dijadwalkan akan kembali dimulai pada pertengahan bulan Agustus mendatang.

Pihak penyelenggara balapan Formula One secara resmi memutuskan untuk melakukan penundaan Grand Prix Azerbaijan. Keputusan tersebut terpaksa diambil mengingat situasi dunia akibat pandemi virus corona belum kunjung membaik. Sebelumnya, beberapa seri balapan Formula One mulai dari Australia, Monaco, hingga Kanada telah ditunda pelaksanaannya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua sekaligus CEO Formula One, Carey mengungkapkan pihaknya tengah berdiskusi untuk mencari solusi terkait situasi saat ini. Salah satu solusi yang coba dipikirkan oleh Carey adalah merevisi jadwal Formula One musim 2020. Dimana, berbagai penundaan seri balapan yang terjadi bisa saja membuat jadwal Formula One musim ini direvisi antara 15 18 balapan saja.

"Kami menyadari ada potensi yang signifikan terkait penambahan penundaan jadwal lain kedepannya," ujar Carey, seperti yang dilansir dari "Namun, kami dan mitra sepenuhnya berharap musim ini bisa dimulai pada musim panas mendatang dengan kalender yang telah direvisi antara 15 18 balapan saja," jelasnya. Carey menambahkan kemungkinan pergeseran jadwal tersebut juga akan berdampak pada selesainya kompetisi musim ini.

"Seperti yang diumumkan sebelumnya, kami akan memanfaatkan liburan musim panas untuk diubah ke Maret atau April," ujarnya. "Untuk balapan periode liburan musim panas bisa saja melampuai jadwal akhir yang telah kami tetapkan yakni 27 29 November," tambah Carey. Kondisi tersebut tentu membuat balapan Formula One musim ini akan mengubah seluruh jadwal yang telah ditetapkan.

"Tidak mungkin untuk membuat jadwal yang lebih spesifik dalam situasi sekarang tetapi kami berharap mendapatkan informasi yang lebih jelas tentang situasi di masing masing negara yang akan menjadi tuan rumah Formula One," beber sang Presiden F1. "Kami juga perlu data terkait masalah yang berkaitan dengan perjalanan ke negara tujuan tersebut pada bulan depan," tambahnya. Untuk mengisi kekosongan jadwal balapan, pihak F1 telah meluncurkan seri virtual Grand Prix berbasis game pada minggu kemarin.

Ajang Formula One seri balapan Grand Prix Azerbaijan secara resmi ditunda pelaksanaannya oleh panitia penyelenggara, Senin (23/3/2020) malam. Grand Prix yang awalnya akan diselenggarakan pada 7 Juni mendatang ditunda karena pandemik corona yang belum reda. Kepastian penundaan tersebut disampiakn oleh pihak Azerbaijan sebagai calon tuan rumah balapan F1.

"Penundaan ini telah disepakati setelah diskusi panjang dengan F1 serta Federasi Internasional Automobile, dan pemerintah Azerbaijan," demikianlah rilis pernyataannya. "Hal itu terjadi sebagai akibat langsung dari pandemi global Covid 19 yang sedang mewabah dan sepenuhnya didasarkan pada panduan tim ahli yang telah diberikan kepada kami oleh otoritas terkait,". "Kesimpulan yang menjadi perhatian utama kami adalah kesehatan dan kesejahteraan rakyat Azerbaijan serta semua penggemar, staff, dan peserta kejuaraan F1 yang akan berkunjung,".

"BBC berbagi kekecewaan kepada para penggemarnya karena tidak dapat melaksanakan balapan melalui jalan jalan di Baku pada juni mendatang,". "Untuk itu kami akan terus bekerjasama dengan F1, FIA, dan pemerintah Azerbaijan untuk terus memantau situasi terkait untuk segera mengumumkan tanggal balapan baru di musim 2020 nanti,". Selain Grand Prix Azerbaijan yang ditunda, Australia dan Monaco menjadi dua seri balapan F1 yang juga ditunda sebelumnya.

Berita Terkait

Cucu Saya Lebih Pendiam Ibunda Afridza Munandar Masih Terpukul Hingga Firasat Sang Nenek

Maya Rosfi'ah

Indonesia Jadi Satu dari Delapan Lokasi Perlombaan Terjun Bebas Internasional 2020

Maya Rosfi'ah

Menanti Langkah Valentino Rossi yang Terdepak dari Tim Yamaha Factory Racing Sang Legenda Pensiun

Maya Rosfi'ah

Indonesia Posisi Ketujuh Jadwal SEA Games 2019 Esports Mobile Legends & Perolehan Medali

Maya Rosfi'ah

Marcus/Kevin Tak Bertemu Endo/Yuta Anthony & Jonatan Beda Pool Hasil Drawing All England 2020

Maya Rosfi'ah

Kembali Takluk Jalan Greysia/Apriyani menuju Semifinal Tertutup Hasil BWF World Tour Finals 2019

Maya Rosfi'ah

Live Streaming New Zealand Open 2019 Hari Ini, Kamis 2 Mei 2019: 12 Pemain Bertanding di Babak Kedua

Maya Rosfi'ah

PP Perbasi Akan SeleksI Ulang Pemain Timnas Basket Pada Juni 2020

Maya Rosfi'ah

Peluang Jumlah Race MotoGP 2020 Bertambah Sirkuit Le Mans Prancis Minta Dilibatkan

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment