Image default
Nasional

Bawa Helm Sendiri Asosiasi Ojol Buat Protokol Bonceng Penumpang buat Bersiap Hadapi New Normal

New Normal tengah banyak dibicarakan masyarakat. Berbagai protokol akan diterapkan di masyarakat termasuk protokol untuk ojek online. Seperti apa?

Asosiasi Ojek Online persiapkan protokol membawa penumpang menjelang tahapan New Normal, diharuskan bawa helm sendiri. Presiden Joko Widodo mengimbau masyarakat Indonesia untukbersiap untuk menghadapi tahapan tatanan kehidupan baru atau new normal. New normal adalah keadaan normal baru karena pandemi virus Corona.

Tahapan New Normal ini disebut sebut akan dilaksanakan di Indonesia pada 1 Juni 2020. Dikutip dari Kompas.com, Rabu 20 Mei 2020, Wiku Adisasmita, Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19, mengatakan new normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal di tengah pandemi virus Corona. Perubahan ini dengan menerapkan protokol kesehatan.

Sehingga, masyarakat diminta untuk tidak menghindari virus Corona namun'berdamai' dengan virus Corona. Menghadapai fase new normal , asosiasi ojek online (ojol) yang tergabung dalam Gabungan Aksi Roda Dua Indonesia (Garda Indonesia), rupanya telah menyiapkan beberapa protokol kesehatan untuk mengangkutpenumpang. Protokol tersebut dibuat dan dirancang sendiri oleh Garda Indonesia dengan mangadopsi beberapa aturan kesehatan, tanpa ada campur tangan dari pihak pemerintah apalagiaplikator.

Bahkan, aturan yang mewajibkan penumpang untuk membawahelmsendiri pun sudah lebih dulu dicetuskan sebelum dimasukan sebagai salah satu point dalam panduan menghadapi kenormalan baru yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes). "Untuk helm itu sudah kami terapkan dari awalCovid 19mulai masuk Indonesia. Kita minta penumpang berinisiatif, sama sama menjaga kebersihan dan kesehatan agar tidak tertular.

Dan sekarang kami masukan jadi protokol yang kami akan terapkan menuju new normal, " ucap Ketua Presidium Nasional Garda Indonesia Igun Wicaksono, saat dihubungi Kompas.com , Kamis (28/5/2020. Takbhanya sekadar helm, protol yang disiapkan Igun bersama rekan rekannya juga terbilang inovatif. Untuk benar benar menjaga kebersihan, asosiasinya juga sedang mencanangkan basic hygiene.

Hal ini dilakukan sebagai langkah preventif baik bagi pengemudi maupun penumpang yang akan menggunakan jasa ojol dalam mencegah penularanan Covid 19. "Itu ( basic hygiene ) intinya kita higienis, termasuk juga penumpang. Kita ingin antara ojol dan penumpang menjaga kesehatan, jadi sama sama melindungi.

Teman teman sudah ada yang mulai melakukan, seperti menyediakan hand sanitizer bagi penumpang dan lainnya," ujar Igun. "Nanti sebagai prosedur standar, kami juga akan membuatpartisikhusus,. Jadi penumpang bisa benar benar terlidungi minim sentuhan," kata dia.

Ketika menanyakan apakah protokol ini sudah disetujui oleh Kementerian Kesehatan, Igun hanya menjelaskan bila pihaknya sudah membuka suara ke pada pihak Kementerian Perhubungan dan juga Ketuga Gugus Tugas Penanganan Covid 19. Tapi memang belum ada respon resmi dari keduanya. Sementara dari sisi aplikator sendiri, sejauh ini justru tak ada perhatian khusus bagi mitranya.

Penerapan mengenai fase new normal serta di mana masih banyak ojol yang beroperasi saat pandemi, menurut Igun aplikator hanya sebatas normatif saja. "Sudah kita bicarakan, tapi memang belum ada seperti apa. Intinya ini jadi inisiatif dan kesiapan kami dalam menghadapi new normal.

Untuk aplikator tidak ada perhatiannya, kalau pun ada hanya terbatas dan normatif saja, jadi ini benar benar berangkat dari kami bukan mereka," kata Igun.

Berita Terkait

Menkes Terawan Sebut WNI di Wuhan Sehat & Imbau Jaga Imun 106 Orang Meninggal Karena Virus Corona

Maya Rosfi'ah

Selasa Besok, MK Bacakan Putusan Sengketa Hasil Pileg 2019

Maya Rosfi'ah

Harga Capai Rp 95 Ribu Per Biji Kota Solo Langka Masker Waspada Corona & Dampak Hujan Abu Merapi

Maya Rosfi'ah

Meteor Jenjang SMA TVRI & Heat Shield Planet Bumi Atmosfer Jawaban Soal Makna atau Arti Kata

Maya Rosfi'ah

Bandung & Surabaya Hujan Petir Prakiraan Cuaca Jabodetabek & 33 Kota Besok Kamis 23 Januari 2020

Maya Rosfi'ah

Survei IPO Prediksi Prabowo Kalah Jika Ikut Pilpres 2024

Maya Rosfi'ah

Sudah Ada Api Sebelum Jatuh Kesaksian Warga yang Melihat Jatuhnya Pesawat TNI AU di Riau

Maya Rosfi'ah

Polri Ungkap Kronologi Bentrok Antar Warga Desa di Buton Sulawesi Tenggara

Maya Rosfi'ah

Kejaksaan Agung Bantah Lelet Usut Kasus Korupsi Jaksa Pinangki

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment