Image default
Corona

Beberapa Di Antaranya Positif Covid-19 ‎Ridwan Kamil Sebut 360 Ribu Pemudik Sudah Masuk Jawa Barat

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengakui sebanyak 360 ribu pemudik dari Jakarta dan sekitarnya telah masuk ke wilayahnya hingga Kamis (14/5/2020). Para pemudik tersebar di sebagian kota Jawa Barat dan kini berstatus Orang Dalam Pengawasan (ODP). "Sebelum pengumuman pelarangan mudik sudah bocor 200 ribu dan setelah mudik diumumkan bocor 160 ribu. Jadi total bocor 360 ribu," kata Ridwan Kamil saat menjadi pembicara Ngobrol Tempo, Kamis (14/5/2020).

Kang Emil, sapaan akrabnya, menyebutkan angka tersebut masih dibilang suatu keberhasilan. Sebab pada tahun 2019 lalu, total pemudik yang masuk ke Jawa Barat bisa mencapai 3,8 Juta. Artinya, masih ada 3,44 juta lagi yang belum mudik atau tercegah untuk mudik ke kampung halaman.

"Jadi kalau diperbandingkan dari tahun lalu itu 3,8 juta. Kurang dari 10 persen yang bocor. Jadi kalau teori keberhasilan di atas 90 persen itu sebenarnya masih bisa dikategorikan berhasil," ungkapnya. Untuk pemudik yang terlanjur tiba di Jawa Barat, Ridwan Kamil mengaku tidak mengusir kembali warganya tersebut dari daerahnya. Dia hanya mengintruksikan warga tersebut untuk karantina mandiri di rumahnya. "Kepada yang sudah pulang aturannya di semua negara dan di semua daerah sama itu dia langsung dikasih cap sebagai ODP," jelasnya.

Emil mengatakan, pihaknya juga melakukan pemeriksaan kesehatan secara acak sejumlah pemudik yang telah sampai ke kampung halaman. Hasilnya, ada beberapa yang positif Covid 19. "Kami melakukan tes secara acak dan ditemukan bahwa para pemudik dari luar negeri itu positif covid yaitu 3 persen dari jumlah pemudik yang pulang. Kalau pemudik dalam negeri dari Jakarta Raya itu rata rata kita temukan 1 persen yang positif," ungkapnya.

Tak hanya itu, pihaknya telah memerintahkan pemerintah daerah hingga kepala desa untuk mengawasi aktivitas para pemudik yang telah sampai di daerahnya masing masing. "90 persen desa desa sekarang menyeleksi orang orang yang keburu bocor karena tidak bisa diusir balik," katanya.

Berita Terkait

Kisah Tung Desem Bantu Tenaga Medis Saat Dirawat sebagai Pasien Covid-19

Maya Rosfi'ah

Juli Diharapkan Kita Bisa Mengawali Hidup Normal Doni Monardo

Maya Rosfi'ah

Penerapan New Normal Bergantung Pada Kedisiplinan Masyarakat Hari Ini Hingga 4 Juni Anies

Maya Rosfi'ah

Ridwan Kamil Umumkan Jabar Bisa Produksi Masker Bedah Seperti Standar WHO Lawan Penimbun

Maya Rosfi'ah

Bertambah 32 Pasien Meninggal Total Kematian 1.883 Orang Update Corona Indonesia 8 Juni

Maya Rosfi'ah

Hingga Senin RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Rawat 524 Pasien

Maya Rosfi'ah

Ini Baru Presiden! Sujiwo Tejo Salut Jokowi Resmi Melarang Mudik buat Cegah Penyebaran Covid-19

Maya Rosfi'ah

Bukan Negara Besar Kalahkan Negara Kecil tapi Negara Cepat Kalahkan Negara Lambat Presiden

Maya Rosfi'ah

”Mau di Bagasi kek ga Bakal Bisa. Kan Semua Bus udah Nggak Boleh Lewat” hendak di Mesin kek Polisi

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment