Image default
Nasional

Begini Komentar Muhammadiyah Nadiem Makarim Jadi Mendikbud

Wakil Ketua Majelis Tabligh PP Muhammadiyah, Fahmi Salim, mengkritisi langkah pemerintah yang tidak memilih kadernya sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud). Fahmi menyebut pihaknya kecewa tidak mendapatkan jatah Mendikbud bukan karena kepentingan pragmatis. "Yang penting bagi kami kalau ada kekecewaan kami kecewa bukan dalam urusan pragmatis. Karena Muhammadiyah tidak terlibat dalam politik praktis. Tidak terlibat dalam dukung mendukung Pilpres kemarin, hingar bingar, tarik menarik, seperti misalnya kawan kawan PA 212," ujar Fahmi di D'consulate, Jakarta Pusat, Sabtu (26/10/2019).

Menurut Fahmi, masalah pendidikan memiliki kaitan erat dengan Muhammadiyah. Ada empat aspek yang menjadi konsen Muhammadiyah selama ini, salah satunya mengenai pendidikan. "Yang jelas kalau urusan keagamaan pendidikan, sosial, kesehatan kan sangat berkait erat dengan Muhammadiyah," ungkap Fahmi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih Mendikbud pada Kabinet Indonesia Maju bukan dari kalangan Muhammadiyah. Jokowi justru mengangkat mantan CEO Gojek, Nadiem Makarim, sebagai Mendikbud. Terkait hal tersebut, menurut Fahmi persoalan pendidikan tidak melulu terkait persoalan pendidikan. Namun juga terkait dengan persoalan moral bangsa.

"Jadi bukan hanya persoalan teknologi. Karena inti dari pendidikan itu adalah moralitas bangsa. Nah yang jelas jangan sampai nanti di masyarakat lalu akan muncul persepsi bahwasanya penyusunan Kabinet ini dilakukan agak serampangan," tegas Fahmi. Seperti diketahui, Jokowi menunjuk Nadiem Makarim sebagai Mendikbud. Dirinya menggantikan Muhadjir Effendy sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) dalam Kabinet Indonesia Maju.

Berita Terkait

Masih Mau Jatah Menpora? Berikut Bocoran Kursi Menteri yang Diminta PKB Isi Kabinet Jokowi Jilid II

Maya Rosfi'ah

Abu Janda Simak Sambil Manggut-manggut Kiai Tanggapi Pernyataan Permadi Arya Soal Cadar

Maya Rosfi'ah

Materi SD Kelas 1-3 Belajar dari Rumah TVRI Jawaban Soal pada Hari Apa Rania akan Kembali menuju Rumah

Maya Rosfi'ah

Respons Polri Soal Desakan buat Periksa 4 Saksi Ini Dalam Sengkarut Kasus Djoko Tjandra

Maya Rosfi'ah

Peringatan Dini BMKG: Waspada! Cuaca Ekstrem Hari Ini Sabtu 27 April, Dampak Pusat Tekanan Rendah

Maya Rosfi'ah

Bagikan Foto Hasil Jepretannya, Ani Yudhoyono: Matahari Terbit Selalu Membawa Suasana Batin Berbeda

Maya Rosfi'ah

Hingga eks Penasihat KPK Uji Materi Perppu Corona Din Syamsuddin Amien Rais

Maya Rosfi'ah

Ki Gendeng Pamungkas Meninggal Dunia di RS Mulia Bogor BREAKING NEWS

Maya Rosfi'ah

Peringatan Gelombang Tinggi Jumat 5 Juni 2020 Capai 4 Meter di Sejumlah Perairan Indonesia BMKG

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment