Image default
Bisnis

Begini Penjelasan Bos CPRO Terkait Harga Sahamnya yang Masih Gocap Bertahun Tahun

Sejak tahun 2015 hingga saat ini harga saham Central Proteina Prima Tbk (CPRO), stagnan di angka Rp50/saham. Padahal, saham ini pertama kali diperdagangkan ke publik pada tahun 1990 sebesar Rp4.000. Direktur Keuangan CPRO, Saleh mengatakan, stagnasi harga saham perusahaan memproduksi makanan olahan ikan dan udang dan pakan hewan peliharaan salah satunya kegagalan perseroan untuk membayar obligasi yang menyebabkan kerugian secara akuntansi.

"Tapi kami berhasil membukukan laba yang luar biasa pada 2018. Jadi, jangan hanya dilihat dari harga saham," ujar Saleh saat ditemui selepas Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di Bursa Efek Indonesia, Jumat (13/12/2019). CPRO tercatat telah melakukan restrukturisasi obligasi sebanyak tiga kali. Yang pertama pada 2009, ketika sejumlah tambak udang CPRO diserang virus IMNV(Infectious Myonecrosis Virus) dan anjloknya nilai tukar rupiah terhadap dollar.

Restrukturisasi kedua terjadi pada 2017, saat terjadi pola budidaya inti plasma menjadi pola budidaya mandiri di Lampung. Restrukturisasi ketiga, lanjut Saleh, terjadi pada 2019 dengan tujuan untuk perpanjangan waktu jatuh tempo obligasi guna menyesuaikan kondisi finansial sehingga CPRO dapat tumbuh dan berkembang sesuai harapan. "Diharapkan, CPRO akan memiliki kemampuan finansial yang lebih baik untuk mendukung upaya peningkatan kinerjanya," tukasnya.

Berita Terkait

Kemenperin Siapkan Dana Rp 10 Miliar buat Program Santripreneur

Maya Rosfi'ah

Rupiah Diprediksi Terkerek Hasil Rapat The Fed

Maya Rosfi'ah

Hari Ini PT KAI Gratiskan Kereta Api Lokal, Berikut Daftar 42 Kereta dan Rutenya!

Maya Rosfi'ah

Shoh Enterprise Resmikan Studio Shoh Entertainment di Indonesia

Maya Rosfi'ah

PT Industri Nuklir Indonesia Teken Kontrak Kerjasama dan Bersinergi dengan BUMN

Maya Rosfi'ah

Tarif Ojol Sebaiknya Tak Turun Lagi

Maya Rosfi'ah

Generasi Milenial Pelajar Tumpuan Kemajuan Indonesia Wamendag

Maya Rosfi'ah

LPDB Target Wujudkan 25 Unit Koperasi Modern Berbasis Teknologi

Maya Rosfi'ah

Shopee Donasi Rp 1 Miliar menuju PMI buat Covid-19

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment