Image default
Bisnis

Berawal dari Instagram Kini Jadi Jutawan Berkati 3 Platform Edtech Kisah berhasil Hendro Mardika

EdTech atau yang umum dikenal dengan sebutan edukasi berbasis online memberi peluang bisnis yang cukup menjanjikan di era serba digital saat ini. Hal ini dibuktikan oleh seorang entrepreneur muda di bidang pendidikan bernama Hendro Mardika. Saat ini dirinya sudah memiliki 3 platform edtech yang dapat diakses melalui situs berbasis website langsung dari perangkat pintar.

Peluang bisnis ini ia kelola sejak awal tahun 2016 silam, dimana saat itu platform pertama yang dikelolanya bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar berbasis online yang efektif dan fleksibel bagi siswa SMA yang akan mempersiapkan diri memasuki perguruan tinggi. Dengan memanfaatkan social media Instagram, ia berhasil menyedot perhatian siswa Indonesia melalui akun @SBMPTN.ID yang kini sudah mencapai 800 ribu pengikut. Hendro menjelaskan, pihaknya menyediakan latihan soal atau try out online, baik yang free maupun premium dengan masing masing keuntungan.

Diakuinya, membangun semua ini bukanlah hal mudah yang dapat dikerjakan secara instan, banyak rintangan dan pembelajaran yang harus dilalui hingga mencapai tingkat kepercayaan pengguna seperti sekarang. “Platform berbasis online memang akan menjadi tempat yang memiliki daya jual yang tinggi jika kita bisa memanfaatkan dan mengelola dengan baik,” ujar Hendro yang menargetkan platformnya terbuka untuk semua kalangan. Sebelum dikenal dan dipercaya oleh para pelajar, rintangan yang dihadapinya, misalnya, mulai dari keterbatasan dana untuk pengembangan bisnis, dan lain lain.

Seperti yang kita semua tahu untuk biaya pengembangan berbasis IT tidaklah murah, dirinya sempat mencari bantuan dari pihak pihak yang dirasa dapat membantu, namun akhirnya ia memutuskan untuk menggunakan sebagian tabungan pribadinya untuk memulainya dari nol. Di masa masa awal pun, banyak trial and error yang terjadi, namun hal itu demi memberikan kualitas belajar yang efektif untuk target pasarnya. “Berkali kali saya mengganti tim karena berbagai macam alasan, sempat merasa capek tapi karena ingat tekad dari awal saya berusaha terus belajar dari kesalahan kesalahan tersebut,” ujarnya.

Saat ini jerih payah dan kerja kerasnya terbayar lunas. Tiga platform yang dibangunnya sudah cukup dikenal kalangan pengguna Instagram. Selain memiliki platform untuk siswa SMA dalam mempersiapkan ujian masuk, ia juga memperkenalkan platform khusus persiapan ujian masuk sekolah kedinasan STAN dan yang paling teranyar yaitu platform persiapan penerimaan CPNS yang bernama @CPNSINDONESIA.ID yang sudah memiliki 890rb pengikut. Platform ini membantu calon ASN mengenal ragam soal dan memberikan gambaran materi sebagai persiapan menghadapi tes seleksi CPNS.

Dengan kesuksesannya dalam menggaet konsumen digital, ke depan Hendro bertekad untuk membangun bisnis offline, mendirikan tempat kursus atau bimbingan belajar baik untuk persiapan SBMPTN ataupun CPNS. Bisnis berbasis online ini pun kini telah sukses memberikan dampak bagi Hendro. Terbukti ia mampu membukukan omzet untuk setiap mengadakan Try Out SBMPTN atau CPNS online hingga puluhan juta rupiah. "Saya ingin terus mengembangkan bisnis ini agar semakin baik dari hari ke hari. Harus diakui, menjadi entrepreneur sekaligus karyawan swasta itu tidaklah mudah. Terutama dalam hal dalam membagi waktu, namun saya yakin kesempatan besar ini patut dicoba karena memang dari dulu sudah menjadi cita cita saya untuk memiliki usaha di bidang ini,” sebutnya.

Dengan berkembangnya platform tersebut, memberikan Hendro keuntungan tersendiri baginya untuk dapat memasarkan produk usahanya di akun Instagram pribadi yang telah memiliki 140 ribu pengikut sampai saat ini.

Berita Terkait

Ini yang Bisa Dilakukan Pemerintah buat Pertahankan Startup Seperti Nodeflux

Maya Rosfi'ah

Tantangan Startup ‘Gurem’ Lebih Besar Ketimbang Unicorn Soal IPO

Maya Rosfi'ah

PHE Targetkan Lifting Migas 2020 Sebesar 181.510 BOEPD

Maya Rosfi'ah

Rugi yang Dialami Investor Reksadana Merupakan Risiko Berinvestasi Cermati Prospektusnya

Maya Rosfi'ah

9 Triliun buat Kebutuhan Nasabah Jelang Tahun Baru BNI Siapkan Rp 16

Maya Rosfi'ah

Anak Usaha Pupuk Indonesia capai Sertifikasi Sistem Anti Suap Satu Lagi

Maya Rosfi'ah

Prudential Indonesia Lanjutkan Program Edukasi Asuransi & Literasi Keuangan 2020

Maya Rosfi'ah

Ombudsman Minta Utamakan Kepentingan Publik Kasus Soal Nasib Nasabah Jiwasraya

Maya Rosfi'ah

Soal Kemungkinan Diminta Jadi Menteri Lagi, Budi Karya Sumadi: Jalannya Allah Saja

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment