Image default
Kesehatan

Berikut Penyebab Pengobatan & Cara Pencegahannya Gejala Apa Itu Hepatitis A

Wabah hepatitis A akhir akhir ini menyerang sejumlah daerah di Indonesia. Dikutip dari , Rabu (27/11/2019) puluhan siswa SMPN 20 Depok, guru dan karyawan tertular oleh infeksi virus hepatitis A. Hepatitis A adalah peradangan infeksi organ hati yang disebabkan oleh virus Hepatitis A.

Cara penularan infeksi virus hepatitis Abisa melalui makanan dan minumanserta kontak langsung. Dikutip dari , seseorang dapat tertular apabila meminum air atau makanan yang terkontaminasi feses seorang penderita virus hepatitis A. Seseorang yang bersentuhan dengan feses atau darah penderita penyakit tersebut juga dapattertular.

Selain itu, hubungan seksual secara anal atau oral juga dapat menjadi media penularan penyakit ini. Gejala paling sering muncul sekira 2 6 minggu setelah terpapar virus hepatitis A. Gejala hepatitis A meliputi:

Urin berwarna gelap Kelelahan Gatal

Kehilangan selera makan Demam ringan Mual dan muntah

Kotoran berwarna pucat atau seperti tanah liat Kulit kuning (jaundice) Jika merasakan gejala seperti di atas, segera menghubungi dokter terdekat.

Beberapa kiat membantu mengurangi risiko penyebaran atau penularan virus hepatitis A di antaranya: Selalu cuci tangan dengan baik setelah menggunakan kamar kecil, menyentuh darah, feses atau cairan tubuh orang lain yang terinfeksi. Hindari makanan dan air yang tidak bersih.

Selain itu tempat seperti penitipan anak dan tempat lain di mana orang berada berdekatan membuat virus ini semakin cepat dan mudah untuk menyebar. Mencuci tangan sebelum dan sesudah penggantian popok, sebelum menyajikan makanan dan setelah menggunakan toilet dapat membantu mencegah wabah tersebut. Meminta Vaksin hepatitis A di pusat kesehatan terdekat.

Vaksin tersebut akan melindungi dari virus hepatitis A. Vaksin mulai melindungi 4 minggu setelah mendapatkan dosis pertama. Seorang harus mendapatkan suntikan 6 hingga 12 bulan kemudian untuk perlindungan jangka panjang dari virus ini.

Tidak ada pengobatan khusus untuk hepatitis A. Ada beberapa cara sederhana untuk mengobati hepatitis A yaitu: Penderita harus beristirahat secara cukup.

Selain itu usahakan agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik ketika terkena hepatitis A. Orang dengan hepatitis akut harus menghindari alkohol dan obat obatan yang bisa meracuni organ hati, termasuk acetaminophen (Tylenol). Semua itu harus dihindari selama sakit dan beberapa bulan setelah pemulihan.

Makanan berlemak dapat menyebabkan muntah dan sebaiknya dihindari selama penyembuhan. Baca: Setelah penderita sembuh virus ini tidak tertinggal dalam tubuh.

Sebagian besar penderita hepatitis A akan pulih dalam tiga bulan setelah perawatan. Hampir seluruh penderita akan menjadi lebih baik setelah perawatan sekitar enam bulan. Tidak akan terjadi kerusakan fatal pada tubuh setelah menderita hepatitis A.

Memang ada risiko kematian, namun angkanya rendah. Biasanya risiko kematian akan tinggi apabila menyerang orang lebih tua atau penderita penyakit hati kronis.

Berita Terkait

Edukasi Gizi yang betul Diperlukan buat Akhiri Polemik Susu Kental Manis

Maya Rosfi'ah

Perubahan Ini yang Akan Langsung Dirasakan Tubuh Minum Teh Serai Secara Rutin

Maya Rosfi'ah

Kurangi Risiko Kanker hingga Atasi Bau Mulut 10 Manfaat yang Ada Pada Timun

Maya Rosfi'ah

Hal Hal Yang Disiapkan Dan Dilakukan Saat Ibu Hamil Ikut Perjalanan Mudik Lebaran

Maya Rosfi'ah

Tips Mengatasi Sulit Tidur bagi Ibu Hamil

Maya Rosfi'ah

KOPMAS Laporkan Temuan Pelanggaran Per BPOM Tentang Label Pangan Olahan Oleh Produsen SKM

Maya Rosfi'ah

Ini Kata Ahli Sederet Penelitian Berhasil Buktikan Puasa Bantu Tubuh Meningkatkan Sistem Imun

Maya Rosfi'ah

Fokus Yayasan Kanker Indonesia Mengurangi Penderita Kanker Di Indonesia

Maya Rosfi'ah

Cara Mudah Atasi Rambut yang Rapuh dan Mudah Rontok

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment