Image default
Kesehatan

Bisa Sebabkan Obesitas 4 Menu Makanan Ini Sebaiknya Dihindari Saat Sarapan Termasuk Jus & Sereal

Sarapan sangat dianjurkan untuk mengawali hari. Tetapi beberapa menu makanan ini sebaiknya dihindari ketika sarapan. Selain menyebabkan kita cepat lapar, beberapa jenis makanan juga bisa menyebabkan obesitas. Apa saja makanan yang sebaiknya tak disantap sebagai menu sarapan?

Sarapan di pagi hari sangat dianjurkan untuk mengisi tenaga sebelum beraktivitas seharian. Sarapan mempunyai peranan penting yang diibaratkan sebagai bahan bakar pertama sebelum beraktivitas seharian. Sarapan dapat memenuhi sebagian kebutuhan gizi hingga 15 30 persen tergantung dari jenis makanan yang dikonsumsi saat sarapan.

Menu yang baik untuk sarapan terdiri dari sumber karbohidrat, lauk pauk, sayuran, buah buahan, dan minuman. Tetapi masih banyak orang yang tidak terlalu memperhatikan menu makanan yang dikonsumsi saat sarapan, padahal ada banyak menu makanan yang harus dihindari saat sarapan. Menu makanan tersebut selain cepat membuat lapar kembali, juga dapat menyebabkan kegemukan atau obesitas.

Berikut ini menu makanan yang sebaiknya dihindari untuk menu sarapan. Donat dan produk pastry lainnya sebaiknya tidak dijadikan untuk menu sarapan karena sebagian besar kandungannya hanya gula dan lemak. Dengan proses pembuatannya yang menggunakan gula, krim dan digoreng dengan metode deep fried, hal ini menjadikan donat tinggi akan kalori tetapi minim kualitas gizi karena hanya mengandung karbohidrat dan jenis lemak yang tidak sehat.

Memakan donat dan produk pastry lainnya juga akan membuat kita cepat lapar sebelum waktu makan siang tiba, karena gula merupakan sumber karbohidrat yang sederhana. Produk olahan daging seperti sosis, bacon, ham, dan nugget sebaiknya dihindari untuk menu sarapan pagi karena merupakan tipe makanan daging yang berbahaya bagi kesehatan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Harvard, setiap 50 gram daging olahan yang dimakan akan meningkatkan resiko penyakit jantung hingga 42 persen.

Jika dikonsumsi untuk sarapan, daging olahan juga dapat menyebabkan obesitas atau kegemukan karena mengandung banyak lemak jenuh. Jus memang menyegarkan bila dikonsumsi pada pagi hari sebagai menu sarapan pagi, namun jus tidak dianjurkan untuk dikonsumsi pagi hari tanpa mengkonsumsi makanan lainnya. Jus mengandung karbohidrat dan gula yang akan membuat cepat lapar sebelum makan siang.

Jika memang ingin mengkonsumsi jus untuk sarapan, siapkan juga makanan lain yang kaya akan protein atau menjadikan jus sebagai makanan penutup untuk menu sarapan. Seereal dan susu segar biasanya menjadi menu sarapan favorit banyak orang karena penyajian yang cepat dan praktis. Tetapi kandungan gizi dalam sereal harus menjadi perhatian.

Setidaknya pilihlah sereal yang mengandung 3 gram serat dalam setiap takaran sajiannya. Selain itu, jika ingin mencampur sereal dengan susu maka sebaiknya gunakan susu biasa, jangan susu kenal manis karena susu kental manis sudah diberi tambahan gula yang cukup banyak. Rekomendasimenu sarapan di Baliyang paling banyak disukai oleh wisatawan dan masyarakat lokal.

Deretanmenu sarapan di Baliini memiliki cita rasa lezat dan menggugah selera. Tak hanya itu,menu sarapan di Baliini juga dijual dengan harga murah per porsinya. Seperti nasi rames, daging ayam, soto ayam, hingga nasi pecel.

Warung<span ></span>Nasi Ayam Bu Oki<span ></span>bisa jadi pilihan tepat bagi traveler yang sedang mencari sarapan di kawasan Nusa Dua. Ada beberapa menu lezat di Warung<span ></span>Nasi Ayam Bu Oki<span ></span>yang harus kamu coba. Mulai dari nasi sayur, telur bacem, sate lilit, ayam, hingga urap.

Aneka menu di Warung<span ></span>Nasi Ayam Bu Oki<span ></span>dilengkapi dengan lalapan yang segar dan sambal. Untuk menikmati menu di Warung Nasi Ayam Bu Oki, kamu harus datang mulai pukul 08.00 21.00 WITA. Warung Wardani menjadi pilihan semua orang yang ingin sarapan kenyang dan hemat.

Ada beberapa menu andalan yang harus kamu coba. Seperti nasi campur dengan aneka lauk yang menggugah selera. Mulai dari sate lilit, gelantin, kentang, urap, daging sapi, dan dilengkapi sambal.

Warung Wardani mulai buka setiap hari pukul 08.00 16.00 WITA. Bagi kamu yang sedang diet atau ingin mengurangi konsumsi nasi bisa mencari sarapan di Warung Bunana. Warung Bunana menyediakan makanan ringan yang bisa jadi pilihan untuk menu sarapan.

Menu andalan di Warung Bunana adalah Roti Canai yang lezat dan enak. Biasanya, untuk menikmati Roti Canai lebih pas ditemani dengan segelas teh tarik. Menu nasi campur di Warung Nasi Ayam Kedawetan Ibu Mangku selalu jadi andalan para traveler yang liburan ke Ubud.

Ada banyak lauk yang bisa membuatmu kenyang, mulai dari sate lilit, telur ayam, sambal goreng kacang, telur dadar iris, ayam, hingga urap. Warung Nasi Ayam Ibu Mangku mulai buka pukul 08.00 19.00 WITA setiap hari. Warung Nikmat menyediakan menu sarapan enak dan halal.

Ada aneka sayur, rendang sapi, hati ayam, hingga orek tempe. Kamu yang ingin berjemur di pantai Kuta bisa sarapan di Warung Nikmat terlebih dahulu. Warung Nikmat buka setiap hari mulai pukul 08.00 20.00 WITA.

Sesuai dengan namanya, menu andalan di warung Nasi Pecel Bu Tinuk adalah nasi pecel. Sayuran segar yang telah dikukus diberi sambal kacang pedas. Sebagai pelengkap, ada beberapa lauk yang bisa jadi pilihan.

Mulai dari pecel ayam, tempe bacem, ayam kalasan, hingga bebek goreng. Nasi Bali Men Weti menyediakan menu sarapan lezat yang bisa kamu coba. Mulai dari telur balado, soto ayam, daging ayam, sambal goreng kacang, terancam, hingga telur bacem.

Jika kamu ingin mengurangi konsumsi nasi putih tidak perlu khawatir. Kamu bisa memesan sayuran yang banyak atau bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah. Nasi Bali Men Weti mulai buka pukul 08.00 22.00 WITA.

Warung Bu Mi menyediakan aneka menu sarapan sehat dan lezat yang bisa kamu coba. Seperti nasi campur dengan nasi merah yang memiliki gizi tinggi. Ada beberapa lauk yang bisa jadi pilihan, seperti ayam, sate lilit, aneka sayuran, hingga telur ayam.

Warung Bu Mi mulai buka pukul 08.00 22.00 WITA setiap hari.

Berita Terkait

Terapi Larotrectinib dan Tes Genom untuk Pencegahan Kanker

Maya Rosfi'ah

Mengenal Penyakit Kanker Kelenjar Getah Bening yang Jadi Penyebab Ria Irawan Meninggal

Maya Rosfi'ah

Ada 9 Hal yang Perlu Dilakukan Calon Ibu Sebelum Merencanakan Kehamilan Apa Saja

Maya Rosfi'ah

Cegah Stunting pada Anak, Ini Asupan Makanan yang Disarankan

Maya Rosfi'ah

Hindari Sayuran Bertepung hingga Tidur yang Cukup Simak Langkahnya Cara Diet Alami dengan Cepat

Maya Rosfi'ah

Manfaat Kulit Pisang untuk Kesehatan

Maya Rosfi'ah

Cara Mudah Atasi Rambut yang Rapuh dan Mudah Rontok

Maya Rosfi'ah

Turunkan Risiko Kanker Serviks Lewat Gaya Hidup Sehat

Maya Rosfi'ah

Ini Penjelasannya Saus Tomat Bahaya Buat Kesehatan Anak

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment