Image default
Bisnis

BPJS Ungkap Ada 12 Kasus Fraud Selamatkan Kebocoran Rp1 Triliun

Direktur Kepatuhan, Hukum dan Hubungan Antar Lembaga BPJS Kesehatan, Bayu Wahyudi mengatakan berdasarkan hasil audit terdapat 12 temuan dugaan kasus fraud selama 2018 2019. Bayu mengatakan pihaknya telah menindaklanjuti enam kasus dari temuan tersebut. "Pertama itu masalah pembiayaan, tapi sudah diselamatan BPJS karena tidak sesuai ketentuan yang ada," ujar Bayu dalam diskusi Polemik MNC Trijaya, Sabtu (20/6/2020).

Bayu mengatakan pihaknya mampu menyelamatkan Rp1 triliun uang negara setelah pengungkapan enam kasus itu. "Sehingga bisa diselematkan lebih kurang Rp1 triliun. Tapi itu dikembalikan dan tidak bocor," tutur Bayu. Dirinya mengungkapkan kecurangan atau fraud ada yang dilakukan oleh peserta.

Ada peserta yang meminjamkan kartunya kepada orang lain yang tidak mengikuti layanan BPJS kesehatan. Selain itu, fraud juga dapat dilakukan oleh petugas BPJS itu sendiri, bagian pembiayaan layananan, penyedia obat dan alat kesehatan serta pemangku kepentingan lainnya. "Dari peserta sendiri meminjamkan kartu JKN KIS kepada orang lain yang belum jadi peserta dan sakit," ungkap Bayu.

Bayu mengatakan pihaknya saat ini terus membangun mekanisme untuk menangkal perbuatan fraud pada layanan BPJS. "Sistem mekanisme yang kita bangun dengan transparan dan seluruh masyarakat dengan menerapkan sistem untuk memberikan informasi terhadap ketidakbenaran," pungkas Bayu.

Berita Terkait

Perusahaan Ritel Mdans Akan Akuisisi Saham Ocado

Maya Rosfi'ah

Rayakan HUT RI, BRI Beri Bantuan CSR Untuk 57 SLB Se Indonesia

Maya Rosfi'ah

Menteri Erick Thohir Sudah Ingatkan Perihal Kursi Panas Bos BUMN Kasus Proyek Fiktif

Maya Rosfi'ah

Erick Thohir Duga Direksi Garuda yang Lain Terlibat Penyelundupan Harley Davidson Tak Hanya Dirut

Maya Rosfi'ah

Cara Top Up BRIzzi di BRImo

Maya Rosfi'ah

Deflasi Bahan Pangan Justru Untungkan Masyarakat Presiden Diminta Tak Khawatir

Maya Rosfi'ah

Ada Aksi Massa, Rupiah Tembus ke Rp 14.500 Per Dollar AS

Maya Rosfi'ah

25 Triliun di BEI Angkasa Pura II Catatkan Obligasi Rp 2

Maya Rosfi'ah

Pemerintah wajib Perkuat Grand Design Sektor Perikanan Percepat Pemulihan Ekonomi Pasca Corona

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment