Image default
Bisnis

BPJS Ungkap Ada 12 Kasus Fraud Selamatkan Kebocoran Rp1 Triliun

Direktur Kepatuhan, Hukum dan Hubungan Antar Lembaga BPJS Kesehatan, Bayu Wahyudi mengatakan berdasarkan hasil audit terdapat 12 temuan dugaan kasus fraud selama 2018 2019. Bayu mengatakan pihaknya telah menindaklanjuti enam kasus dari temuan tersebut. "Pertama itu masalah pembiayaan, tapi sudah diselamatan BPJS karena tidak sesuai ketentuan yang ada," ujar Bayu dalam diskusi Polemik MNC Trijaya, Sabtu (20/6/2020).

Bayu mengatakan pihaknya mampu menyelamatkan Rp1 triliun uang negara setelah pengungkapan enam kasus itu. "Sehingga bisa diselematkan lebih kurang Rp1 triliun. Tapi itu dikembalikan dan tidak bocor," tutur Bayu. Dirinya mengungkapkan kecurangan atau fraud ada yang dilakukan oleh peserta.

Ada peserta yang meminjamkan kartunya kepada orang lain yang tidak mengikuti layanan BPJS kesehatan. Selain itu, fraud juga dapat dilakukan oleh petugas BPJS itu sendiri, bagian pembiayaan layananan, penyedia obat dan alat kesehatan serta pemangku kepentingan lainnya. "Dari peserta sendiri meminjamkan kartu JKN KIS kepada orang lain yang belum jadi peserta dan sakit," ungkap Bayu.

Bayu mengatakan pihaknya saat ini terus membangun mekanisme untuk menangkal perbuatan fraud pada layanan BPJS. "Sistem mekanisme yang kita bangun dengan transparan dan seluruh masyarakat dengan menerapkan sistem untuk memberikan informasi terhadap ketidakbenaran," pungkas Bayu.

Berita Terkait

Kemenperin Siapkan Dana Rp 10 Miliar buat Program Santripreneur

Maya Rosfi'ah

WhatsApp 08122-123-123 atau Login www.pln.co.id Ini Langkah Dapatkan Token Gratis PLN Juli 2020

Maya Rosfi'ah

Malindo Air Buka Rute Baru ke Adelaide via Denpasar

Maya Rosfi'ah

Tarif Ojol Sebaiknya Tak Turun Lagi

Maya Rosfi'ah

Ekonom Bilang Tak Perlu Kaget Ekonomi Indonesia Kuartal II Minus 4 Persen

Maya Rosfi'ah

PT Industri Nuklir Indonesia Teken Kontrak Kerjasama dan Bersinergi dengan BUMN

Maya Rosfi'ah

BI Disarankan Turunkan Suku Bunga Acuan 50 Basis Poin

Maya Rosfi'ah

Soal Kemungkinan Diminta Jadi Menteri Lagi, Budi Karya Sumadi: Jalannya Allah Saja

Maya Rosfi'ah

Cara Bank DKI Kembangkan Bisnis Sinergi BUMD DKI

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment