Image default
Kesehatan

Bukan Hanya Penyakit Fisik, Penyakit Kejiwaan Juga Kerap dialami Jemaah Haji

Bukan hanya penyakit fisik, para jemaah haji juga ada yang mengalami gangguan kejiwaan saat sedang menjalankan ibadah. Menteri Kesehatan Nila Moeleok menyebutkan ada beberapa faktor menyebabkan gangguan kejiwaan pada peserta haji,mulai dari faktor sosial dan faktor budaya. Perasaan bahagia yang berlebih setiba di tanah suci pun bisa membuat seseorang tidak dapat menahan diri yang dapat menyebabkan gangguan.

“Banyak faktor ya mulai dari terlau bersemangat, sosial, beda budaya, terutama excited banyak yang sampai disana sampai hilang kontrol, saya berharap jangan ada lagi yang seperti itu,” ungkap Nila Moeloek saat ditemui di Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan, Rabu (12/6/2019). Lebih detil, Kepala pusat Kesehatan Haji Kemenkes, Eka Jusuf menjabarkan faktor lainnya yang memancing kejiwaan seeorang saat sedang menjalankan ibadah haji karena stres. Faktor stres tersebut bisa terjadi misalnya karena terbiasa tidur sendiri tetapi saat di penginapan ibadah haji tidurnya harus beramai ramai.

“Bisa karena stres kan, kondisi lingkungan beda, yang biasanya tidur sendiri di sana empat sampai lima orang 4 sampai 5 orang kan stres,” ungkap Eka. Bahkan ada sekitar 47 peserta haji asal Indonesia yang di tahun 2018 lalu harus mengalami perawatan di Mekkah karena alasan gangguan kejiwaan sehingga membuat pemerintah sangat konsen pada kesehatan jemaah haji sebelum keberangkatan. “Ini tinggal intervensi kita komitmen politik kita harus kuat dalam memastikan kesehatan jamaah. Pemerintah harus itu pro kesehatan jamaah, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Agama,” pungkas Eka.

Berita Terkait

Stres Berkepanjangan Bisa Timbulkan Jerawat pada Wajah 10 Tips Atasi Jerawat dengan Mudah

Maya Rosfi'ah

Kesiapan Fasilitas KRI Dr. Soeharso buat Evakuasi WNI di Jepang

Maya Rosfi'ah

Coba 5 Lulur Kaki Buatan Ini untuk Mendapatkan Kaki Cantik dan Lembut, Bahannya Mudah Ditemukan

Maya Rosfi'ah

Pagi Ini Kualitas Udara di Jakarta Masih Tidak Sehat, Gunakan Masker Saat Beraktivitas di Luar Rumah

Maya Rosfi'ah

Perawatan Luka Pascaoperasi Sunat Kadang Bikin Anak Rewel

Maya Rosfi'ah

Berikut Penyebab Pengobatan & Cara Pencegahannya Gejala Apa Itu Hepatitis A

Maya Rosfi'ah

Kemenkes Sebut Wabah Antraks di Gunungkidul Bisa Dikendalikan

Maya Rosfi'ah

Satu Diantaranya Istri ‎Menteri Sofyan Djalil Dapat Penghargaan Dari Moeldoko 10 Pegiat Stunting

Maya Rosfi'ah

Jika Tak Tepat Posisinya Fungsi untuk Halangi Polusi Tidak Maksimal, Ini Cara Benar Pakai Masker

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment