Image default
Corona

Bukan Negara Besar Kalahkan Negara Kecil tapi Negara Cepat Kalahkan Negara Lambat Presiden

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku senang dengan adanya 7 perusahaan asing yang akan berinvestasi di Indonesia. Hal itu disampaikan Presiden saat meninjau proyek kawasan Industri di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Selasa, (30/6/2020). "Saya senang hari ini sudah ada yang masuk 7. Sudah pasti ini yang 7. Kemudian ada 17 yang memiliki komitmen besar sudah masuk ke 60 persen, hampir 100 persen," kata Presiden.

Presiden meminta Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia agar melayani dan mengejar para investor lainnya yang berkomitmen menanamkan modalnya di Indoensia tersebut. "Disampaikan fasilitas apa yang ingin kita berikan. Baik urusan lahan urusan ijin, urusan listrik, gas dan lain lain, ini akan memberikan sebuah daya saing negara kita dalam rangka mereka mau merelokasi ke Indonesia," katanya. Presiden berterimakasih atas kerja para menteri dalam meningkatkan investasi di Indoensia.

Presiden ingin hal tersebut ditingkatkan agar Indonesia bisa mengalahkan negara lain dalam masalah investasi. "Karena sekarang ini bukan negara besar mengalahkan negara kecil tapi negara yang cepat mengalahkan negara yang lambat," pungkasnya. Adapun 7 Perusahaan yang memastikan relokasi ke Indonesia yakni:

PT Meiloon Technology Indonesia Relokasi pabrik dari Suzhou, China. Pabrik di Taiwan dan China merupakan pusat produksi untuk pasar global. PT Sagami Indonesia

Relokasi pabrik dari Shenzen, China karena biaya pabrik dan tenaga kerja di indonesia lebih kompetitif dari China. PT CDS Asia (Alpan) Relokasi pabrik dari Xiamen, China karena tarif impor produknya dari Indonesia ke Amerika 0% dibanding tarif 25% dari China ke Amerika.

PT Kenda Rubber Indonesia Relokasi pabrik dari Shenzen, China karena peningkatan permintaan pasar di Indonesia. Denso, PT Denso Indonesia

Relokasi pabrik dari Jepang karena memandang Indonesia sebagai lokasi terbaik setelah melakukan riset ke berbagai negara di kawasan ASEAN. PT Panasonic Manufacturing Indonesia Relokasi dari China karena ingin menjadikan Indonesia sebagai pasar basis ekspor bagi beberapa kategori produk home appliances.

PT LG Electronics Indonesia Relokasi dari Korea Selatan dan berencana menjadikan Indonesia sebagai regional hub baru yang menjangkau pasar Asia dan Australia. Selain 7, ada 17 perusahaan yang berniat relokasi ke Indonesia dengan total investasi 37 Miliar US, serapan 112.000 orang. Salah satu perusahaan telah menyatakan komitmennya yaitu LG Chemical dengan nilai investasi 9,8 miliar US, potensi penyerapan kerja 14.000 orang.

Berita Terkait

NU Sebut Korban Meninggal Akibat Corona Termasuk Mati Syahid

Maya Rosfi'ah

Jokowi Minta Masyarakat yang Belum Dapatkan Bansos buat Lapor Mengaku Masih Ada Cadangan

Maya Rosfi'ah

Yuri Jangan Terpaku Persentase Kalau Positif 1 Meninggal Berarti Tingkat Kematian 100 Persen Dong

Maya Rosfi'ah

Kisah Tung Desem Bantu Tenaga Medis Saat Dirawat sebagai Pasien Covid-19

Maya Rosfi'ah

Ini Sebarannya di 34 Provinsi Total Kasus Positif Covid-19 di Indonesia Kini Mencapai 80.094 Orang

Maya Rosfi'ah

Cerita Petugas RSUD Kota Tasikmalaya Kerap Ditanya Soal Posisi Jenazah Hingga Buat Peti Mati Khusus

Maya Rosfi'ah

Kapolda Metro Jaya Minta Warga Tidak Salat Idul Fitri di Masjid Demi Cegah COVID-19

Maya Rosfi'ah

6 Provinsi Ini Lapor Nol Kasus Positif Covid-19 per 3 Juli Jambi hingga NTT

Maya Rosfi'ah

Ini Baru Presiden! Sujiwo Tejo Salut Jokowi Resmi Melarang Mudik buat Cegah Penyebaran Covid-19

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment