Image default
Corona

Buruh Ingatkan Kewajiban Pengusaha Membayar THR

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal, mengingatkan kewajiban pengusaha membayar secara penuh Tunjangan Hari Raya (THR) para buruh atau pekerja. Dia tidak setuju sikap Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah. Ida Fauziyah membuat kebijakan perusahaan yang arus kas tertekan untuk mencicil atau menunda pembayaran THR pekerja di tengah pandemi coronavirus disease 2019 (Covid 19).

Dengan catatan, ini dilakukan berdasarkan kesepakatan perusahaan dan pekerja. “KSPI tidak setuju dengan sikap Menaker,” tutur Said Iqbal, Rabu (29/4/2020). Dia meminta Menaker Ida supaya tidak mengabaikan hak buruh termasuk memberikan THR.

Apabila perusahaan menyatakan rugi, kata dia, perusahaan harus membuat laporan kas dan neraca keuangan selama 2 tahun terakhir untuk diperiksa oleh pemerintah melalui kantor akuntan publik. Dari hasil audit itulah, kata Said Iqbal, dapat diketahui perusahaan benar benar rugi atau sekedar cari cari alasan. “Termasuk, kita akan tahu, masih ada cadangan kas atau tidak,” kata dia.

Dia menambahkan, audit keuangan seperti ini memberikan keadilan bagi kaum buruh. Bukan dengan seenaknya mengatakan rugi dan tidak bisa bayar upah dan THR. “THR dan upah harus dibayar penuh agar daya beli buruh saat lebaran dan pandemi corona tetap terjaga. Sehingga konsumsi masyarakat tetap baik,” tambahnya. Sebelumnya, Menteri KetenagakerjaanIda Fauziyah membuat kebijakan perusahaan yang arus kasnya tertekan untuk mencicil atau menunda pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) pekerjanya di tengah pandemivirus corona. Dengan catatan, langkah ini dilakukan berdasarkan kesepakatan antara perusahaan dan pekerja.

Ida menjelaskan perusahaan yang kesulitan membayarkan THR, harus mengadakan dialog dengan pekerja. Dalam dialog itu, perusahaan harus menjelaskan kondisi keuangan perusahaan kepada pekerja.

Berita Terkait

Tambah 1.522 Total Kasus Positif Tembus 80.094 Update Kasus Corona di Indonesia Rabu (15/7/2020)

Maya Rosfi'ah

KBRI Washington DC Beri Perhatian Khusus Lansia di Tengah Pandemi Covid-19

Maya Rosfi'ah

New Normal Jangan Diartikan Bebas Segala-galanya Wakil Ketua DPRD DKI

Maya Rosfi'ah

Kasus Positif Tembus 500 Orang UPDATE Covid-19 di Depok

Maya Rosfi'ah

Stok APD Bagi Tenaga Medis Tangani Pasien Corona di RSUP Persahabatan Masih Cukup

Maya Rosfi'ah

Jokowi Minta Jajarannya Siapkan Terobosan Baru buat Penanganan Covid-19 Setelah Marah-marah

Maya Rosfi'ah

Kapolda Metro Jaya Minta Warga Tidak Salat Idul Fitri di Masjid Demi Cegah COVID-19

Maya Rosfi'ah

Ai Fen Kini Dikabarkan Menghilang Jadi Dokter yang Pertama Kali Ungkap Corona

Maya Rosfi'ah

Amerika Serikat Capai 70 Ribu Inggris 30 Ribu Jiwa UPDATE Korban Meninggal Virus Corona 7 Mei 2020

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment