Image default
Kesehatan

Cara Menghitung Kehamilan yang Mudah Dilakukan

Menghitung usia kehamilan adalah hal yang penting untuk dilakukan oleh ibu hamil. Ya, ibu hamil yang memiliki informasi lengkap mengenai usia kehamilan tentu akan terbantu untuk berusaha menjaga kesehatan kandungannya. Nah, pertanyaan yang sering muncul adalah bagaimana cara menghitung kehamilan tersebut?

Berbincang tentang cara untuk menghitung usia kehamilan, ada beberapa cara yang sebenarnya bisa dilakukan dengan cukup mudah. Pada kesempatan ini akan dibahas cara yang secara umum banyak digunakan. 

Bagaimana cara tersebut digunakan? Simak ulasan selengkapnya!

Menghitung Usia Kehamilan Dengan Metode HPHT

Metode HPHT adalah salah satu cara yang cukup banyak digunakan untuk menghitung usia kehamilan. HPHT sendiri adalah kependekan dari hari pertama haid terakhir. Nah, pada wanita, HPHT umumnya terjadi sekitar dua pekan sebelum terjadinya ovulasi serta pembuahan.

Oleh karenanya, pembuahan biasanya terjadi di hari ke-11 atau ke-21 setelah HPHT. Hal ini berlaku pada wanita yang mengalami menstruasi secara teratur. Nantinya, kehamilan akan terjadi dalam rentang waktu sekitar 37 hingga 42 pekan.

Menghitung Usia Kehamilan Dengan Rumus 4 1/3

4 1/3 adalah rumus yang juga bisa digunakan sebagai cara untuk menghitung usia kehamilan. Sekilas, metode yang satu ini memang cenderung lebih rumit dibandingkan dengan metode pertama karena adanya rumus yang digunakan.

Namun, sebenarnya, rumus tersebut cukup simple. Adapun rumus yang digunakan adalah sebagai berikut:

Usia kehamilan (tanggal sekarang – HPHT) x 4 1/3.

Sebagai contoh, jika tanggal hari ini adalah 14 Juli 2021 dan HPHT adalah 13 Maret 2021, maka usia kehamilan ibu adalah (14-13), (6-3) x (4 1/3) = (tanggal-tanggal), (bulan-bulan) x (4 1/3). Hasil dari perhitungan tersebut adalah 1 hari, 3 bulan dikalikan 4 1/3, yaitu 12 pekan.

Kedua cara di atas menjadi metode umum yang digunakan untuk menghitung usia kehamilan. Nah, jika Anda masih bingung dengan cara menghitung kehamilan di atas, Anda bisa saja meminta bantuan bidan untuk membantu perhitungan ketika sedang periksa.

Deskripsi: cara menghitung kehamilan perlu diketahui dengan tepat. Dengan usia kehamilan yang diketahui, ibu hamil bisa menjaga kehamilan mereka dengan lebih baik.

Berita Terkait

Penggunaan Rokok Elektrik di Selandia Baru Membantu Orang Berhenti Merokok

Maya Rosfi'ah

5 Inovasi Produk Makanan Terbaik buat Membantu Menanggulangi Stunting & Anemia

Maya Rosfi'ah

6 Makanan Alami Ini Dipercaya buat Bersihkan Organ Hati Tanpa Tindakan Medis

Maya Rosfi'ah

Diabetes dan Hipertensi Picu Kerusakan Ginjal

Maya Rosfi'ah

6 Cara Menghilangkan Stres saat Kamu Merasa Berada di Titik Terendah dalam Hidup

Maya Rosfi'ah

Tidak Pernah Sakit Serius, Bocah 15 Tahun Divonis Leukemia

Maya Rosfi'ah

Pakai Bahan yang Mudah Ditemukan di Rumah 4 Cara Mengatasi Gusi Bengkak secara Alami

Maya Rosfi'ah

Alat Makan Sampai Tenda di Pusat Observasi WNI dari Wuhan Disemprot Desinfeksi 3 Kali Sehari

Maya Rosfi'ah

Latihan Mudah Cardio Pembakaran Lemak Tanpa Gunakan Bantuan Alat

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment