Image default
Kesehatan

Cedera Pergelangan Kaki Picu Robeknya Pengikat Tulang Sehingga Memicu Nyeri Berkepanjangan

Kaki merupakan bagian tubuh yang lebih sering terluka dibandingkan lengan. Cedera pada kaki beraneka ragam, mulai dari otot yang tertarik atau keseleo, dislokasi (tulang yang keluar dari sendinya), hingga patah tulang baik tertutup maupun terbuka. Tidak jarang seseorang memilih untuk ke tukang urut atau tukang patah tulang ketimbang pergi ke dokter ortopedi ketika mengalami berbagai cedera terutama dislokasi maupun patah tulang.

Padahal, penundaan atau treatment yang salah justru dapat menyebabkan lebih parahnya suatu kondisi. Cedera pada kaki baik pada pergelangan kaki, kaki, maupun telapak kaki dapat berdampak besar dan menghambat produktivitas seseorang karena kaki merupakan tumpuan beban tubuh seseorang. Cedera pergelangan kaki terkadang bisa menyebabkan robeknya ligamen (pengikat tulang) sehingga dapat menyebabkan nyeri yang berkepanjangan di kemudian hari.

"Pada kasus fraktur, luka yang dibiarkan terlalu lama dapat juga menyebabkan infeksi dan jika parah bisa berakibat amputasi," katadokter spesialis bedah ortopedi Siloam Hospitals Kebon Jeruk, dr. Langga Sintong, Sp.OT saat temu media di Siloam Hospitals Kebun Jeruk, Jumat (28/11/2019). Lingga mengatakan, penanganan yang tidak tepat dapat memperburuk keadaan dan tidak semua cedera harus diselesaikan dengan cara operasi. Dikatakannya orang takut akan pembedahandan beranggapan solusi atas kondisi yang terjadi pasti melalui pembedahan jika datang ke dokter ortopedi atau bahkan amputasi, padahal belum tentu. Jika memang harus menjalani pembedahan, maka hal tersebut adalah solusi terbaik.

Tergabung dalam tim Sports, Shoulder, & Spine Clinic Siloam Hospitals Kebon Jeruk, dr. Langga menekuni bidang ortopedi khususnya foot & ankle. “Selama ini banyak kasus cedera otot dan patah tulang yang underdiagnosed atau tidak diketahui penyakitnya karena dokter yang mendalami minat ilmu foot & ankle masih sangat sedikit di Indonesia,” kata Langga. Memahami kompleksnya cedera pada tulang, Sports, Shoulder, & Spine Clinic terus hadir dengan berbagai dokter spesialis dan konsultan di bidang sports (olahraga), shoulder (bahu), spine (tulang belakang), dan foot & ankle.

Diharapkan dengan memperdalam ilmu di bidang masing masing dengan spesifik,tim Sports, Shoulder, & Spine Clinic dapat memberikan pelayanan yang lebih optimal bagi berbagai macam permasalahan tulang dan sendi khususnya yang berhubungan dengan cedera olahraga, kaki, pergelangan kaki, bahu, dan tulang belakang. Penanganan cedera pada area tersebut di antaranya cedera ligamen, cedera bantalan sendi lutut, dislokasi sendi, maupun patah tulang yang dilakukan melalui pemberian obat, fisioterapi, radiofrekuensi (prosedur untuk mengurangi nyeri dengan gelombang radio), hingga tindakan operasi kompleks.

Berita Terkait

Manfaat Tomat untuk Menangani Masalah Jerawat dan Komedo, Begini Cara Penggunaannya

Maya Rosfi'ah

Ternyata Madu dan Lidah Buaya Bisa Digunakan untuk Menghilangkan Bekas Luka Bakar! Begini Caranya

Maya Rosfi'ah

Ada 9 Hal yang Perlu Dilakukan Calon Ibu Sebelum Merencanakan Kehamilan Apa Saja

Maya Rosfi'ah

Cegah Stunting pada Anak, Ini Asupan Makanan yang Disarankan

Maya Rosfi'ah

Kesiapan Fasilitas KRI Dr. Soeharso buat Evakuasi WNI di Jepang

Maya Rosfi'ah

sebagai Antioksidan hingga Kurangi Risiko Penyakit Jantung 10 Manfaat Jahe bagi Kesehatan

Maya Rosfi'ah

Perawatan Luka Pascaoperasi Sunat Kadang Bikin Anak Rewel

Maya Rosfi'ah

Sederet Langkah Mudah buat Atasi Rasa Cemas & Stres Menjelang Persalinan

Maya Rosfi'ah

Pakai Bahan yang Mudah Ditemukan di Rumah 4 Cara Mengatasi Gusi Bengkak secara Alami

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment