Image default
Kesehatan

Cegah Stunting untuk Tingkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia

Presiden Joko Widodo akan terus memprioritaskan kesehatan ibu hamildan kesehatan bayi. Tujuannya untuk mencegah anak stunting maupun kematian ibu dan kematian bayi di sisa waktu kepemimpinanya maupun di pemerintahan berikutnya. Menteri Kesehatan Nila Moeloek menyebutkan pencegahan stunting atau anak tumbuh pendek memang penting dilakukan untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM).

Anak yang stunting karena gizi yang tidak seimbang dapat menyebabkan anak mudah sakit yang dpat mengganggu kognitifnya. “Saya berterimakasih kepada Pak Presiden membuat visi ke depan tidak boleh stunting. Kalau anak anak stunting bukan jadi aset malah jadi beban makanya kita berusaha benar menanganinya,” ungkap Nila saat ditemui di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RSPON), Jakarta Timur, Senin (15/7/2019). Sebagai Menteri Kesehatan, Nila Moeleok terus berupaya mencegah stunting bersama dengan pihak Kemenkes di berbagai daerah dengan menyiapakan berbagai program dan sosialisasi.

“Saya optimis kalau semua kita kerjakan secara bersama sama karena semalam abis Pak Jokowi ngomong langsung saya share ke Kepala Dinas Kesehatan ini tugas dari presiden lalu bikin poin poinnya, ayo kerja, kerja, kerja!,” ungkap Nila. Ditemui saat berada di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RSPON), Nila Moeloek mengingatkan agar rumah sakit juga turut membantu dengan menyediakan ruangan menyusui. Tujuannya supaya ibu bisa memberikan ASI kepada bayinyauntukmeningkatkan gizi anak.

“Saya nitip di rumah sakit harus ada tempat penitipan anak, ada ruang laktasi, itu penting, buat ibu ibu yang kerja di rumah sakit atau datang ke rumah sakit,” papar Nila.

Berita Terkait

5 Langkah Antisipasi Kejadian Luar Bisa Hepatitis A di Pacitan

Maya Rosfi'ah

9 Jenis Ikan Ini Tidak Layak Dikonsumsi Terlalu Banyak Meski Bergizi

Maya Rosfi'ah

Turunkan Risiko Kanker Serviks Lewat Gaya Hidup Sehat

Maya Rosfi'ah

Jadi Buruan Artis Hingga Izinnya Hanya Dokter Umum Fakta Klinik Suntik Punca Ilegal Disegel

Maya Rosfi'ah

Implementasi Peraturan tentang Nutrisi Medis Khusus buat Memenuhi Nutrisi Anak Berpenyakit Langka

Maya Rosfi'ah

Menkes Terawan Janjikan Kenaikan Kualitas Layanan Iuran BPJS Naik

Maya Rosfi'ah

Apa itu Gas Air Mata? Ini Kandungan, Cara Kerja, serta Penanganan Jika Terkena Gas Air Mata

Maya Rosfi'ah

Konsumsi Jus Lemon hingga Quinoa Tips Atasi Migrain

Maya Rosfi'ah

5 Manfaat Daun Mangga dari Mengobati Luka hingga Batuk

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment