Image default
Travel

Cek Kuota Bagasi Panduan Traveler yang Baru Pertama Kali Naik Pesawat

<span ></span>Pesawat terbang merupakan satu moda transportasi yang memiliki beberapa keunggulan dibandingkan jenis transportasi lain. Namun, tidak semua orang sudah terbiasa untuk naik pesawat terbang. Bagi kamu yang baru pertama kali naik pesawat, ada beberapa peraturan yang harus kamu perhatikan.

Memesan tiket pesawat sekarang dapat dilakukan dengan mudah dan praktis. Kamu tinggal memesan tiket lewat berbagai situs ticketing, agen travel, atau di website resmi maskapai. Saat membeli tiket, cek dan ricek lagi jam keberangkatan dengan situasi dan kondisimu.

Pastikan tas maupun koper yang kamu bawa tidak melebihi kapasitas berat bagasi gratis yang disediakan maskapai. Jika melebihi batas, maka kamu akan dikenai biaya bagasi per kilogramnya. Datang lebih awal ke ke bandara, setidaknya dua jam sebelum waktu keberangkatan.

Pasalnya, jika kamu datang terlalu mepet, bakal repot dan berisiko ketinggalan pesawat. Cek kembali tiket pesawat, perhatikan terminal mana yang kamu datangi. Jangan sampai salah ya, karena kalau tidak, kamu dapat ketinggalan pesawat.

Saat melewati pemeriksaan keamanan (security check), pastikan kamu memperhatikan barang barang yang dilarang dibawa masuk ke dalam kabin (tapi masih boleh didaftarkan ke bagasi). Maupun barang yang sama sekali tidak diperbolehkan masuk kabin atau bagasi. Setelah melalui security check, tujuan selanjutnya adalah loket chek in.

Siapkan e ticket dan KTP untuk keperluan check in, dan kamu akan mendapatkan boarding pass. Barang berukuran besar juga harus diserahkan untuk ditimbang dan masuk bagasi. Setelah check in dan mendapat boarding pass, pergilah ke gate yang tertera pada boarding pass kamu untuk menunggu penerbangan di ruang yang disediakan.

Di sini, pastikan kamu selalu memperhatikan pengumuman status keberangkatan pesawat. Serta jangan berada terlalu jauh dari gate agar kamu tidak melewatkan informasi yang penting. Seperti apakah penerbangan delay, dimajukan, atau harus pindah gate.

Segera naik ke pesawat jika sudah panggilan untuk boarding. Pastikan kamu tidak salah naik pesawat ya. Caranya dengan lihat nomor penerbangan yang tertera di boarding pass.

Siapkan KTP dan boarding pass. Setelah dicek, jangan lupa tetap simpan boarding pass dan KTP dalam dompet setelah masuk pesawat. Pasalnya, pemeriksaan identitas ini juga dilakukan beberapa kali.

Setelah berada dalam pesawat, carilah kursi dengan nomor yang sesuai dengan yang tertera pada boarding pass. Sesaat sebelum lepas landas, kamu harus memperhatikan instruksi keselamatan dengan baik. Biasanya, instruksi ini diperagakan oleh kru kabin.

Hal ini penting dilakukan, untuk berjaga jaga dengan adanya keadaan darurat. Saat berada dalam pesawat, patuhi semua peraturan yang ada. Sesaat setelah boarding (naik pesawat), kamu akan diminta mematikan handphone agar tidak mengganggu sistem navigasi pesawat.

Selain itu, kamu akan diminta untuk memasang sabuk pengaman seperti yang diperintahkan. Satu hal yang harus kamu perhatikan saat telah tiba di bandara tujuan yakni, jangan terburu buru. Jangan lupa ambil barang barang di bagasi sesuai nomor penerbangan.

Sebelum masuk ke dalam antrean pengambilan bagasi, cocokkan nomor penerbangan atau kota asalmu dengan informasi yang tertulis di layar setiap belt agar tidak salah tempat atau tertukar dengan milik orang lain. Jika kamu tidak menitipkan barang saat check in di bandara, maka kamu bebas keluar tanpa harus mampir ke tempat pengambilan bagasi atau Baggage Claim. Oiya, jangan langsung menyalakan handphone sebelum masuk gedung bandara ya.

Pasalnya, meskipun pesawat sudah mendarat, sinyal handphone masih bisa menganggu komunikasi antara pilot dan pihak pengatur lalu lintas udara di bandara. Maka, handphone sebaiknya dinyalakan saat kamu sudah berada di gedung bandara.

Berita Terkait

Negara yang Haruskan Pria & Wanita Jalani Wajib Militer Deretan Fakta Unik Israel

Maya Rosfi'ah

Prediksi Teknologi Canggih yang Akan Hadir di Bandara Tahun 2030

Maya Rosfi'ah

Coba Pecel Senggol hingga Soto Lenthok 10 Kuliner Khas Jogja di Kawasan Malioboro buat Sarapan

Maya Rosfi'ah

Mbah Lindu yang Sempat Jadi Penjual Gudeg Tertua di Indonesia Meninggal Dunia

Maya Rosfi'ah

Ini Berbagai Hal yang Dilakukan Pramugari Saat Ada Waktu Luang di Penerbangan

Maya Rosfi'ah

20 Ucapan Selamat Hari Kartini dalam Bahasa Indonesia dan Inggris, Cocok untuk Update Sosmed

Maya Rosfi'ah

7 Maskapai Ini Batalkan Penerbangan menuju Korea Selatan karena Wabah Virus Corona

Maya Rosfi'ah

Spot Wisata untuk Libur Lebaran Bersama Keluarga dan Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bogor

Maya Rosfi'ah

Cocok buat Liburan Bersama Pasangan 7 Tempat Wisata Romantis di Jogja

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment