Image default
Corona

Cerita Petugas RSUD Kota Tasikmalaya Kerap Ditanya Soal Posisi Jenazah Hingga Buat Peti Mati Khusus

Petugas Instalasi Pemulasaraan Jenazah (IPJ) RSU dr Soekardjo, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat membuat peti mati khusus bagi jenazah Covid 19 muslim. Alasannya, para petugas pemulasaran jenazah tersebut kerap mendapatkan pertanyaan dari warga soal posisi jenazah di dalam peti apakah sudah menghadap kiblat atau belum ? "Sudah dua kali kami melakukan prosesi pemakaman jenazah terkait Covid 19 dengan protap medis menggunakan APD. Tapi suka ditanyai apakah posisi jenazah sudah benar," kata Koordinator petugas IPJ RSU dr Soekardjo, Ajat Sudrajat, saat ditemui di Kamar Mayat, Minggu (19/4/2020).

Petugas kemudian menjelaskan, kendati bentuk peti mati umumnya untuk posisi jenazah menghadap ke atas, tapi khusus jenazah muslim dibaringkan miring agar saat dimakamkan posisinya menghadap kiblat. "Setelah dijelaskan seperti itu, barulah warga lega. Kami yakinkan mereka bahwa posisi jenazah sudah miring meski peti matinya untuk jenazah dengan posisi terlentang," kata Ajat. Agar posisi jenazah tidak berubah saat dimasukkan dengan posisi miring, bagian belakang jenazah diganjal material yang aman.

Sehingga saat ada guncangan, posisi jenazah dalam perjalanan tidak berubah. Melihat kondisi seperti itu, lanjut Ajat, muncul ide pembuatan peti mati yang lebih cocok untuk jenazah dengan posisi miring. Maka dibuatlah peti dengan dimensi lebih lebar ke atas dan lebar ke samping dipersempit.

"Dengan dimensi ruang peti mati seperti itu, posisi jenazah saat dimasukkan dalam peti dengan posisi miring tidak akan berubah," ujar Ajat. Warga pun diharapkan langsung mengetahui jika peti mati lebih melebar ke atas berarti posisi jenazah miring. Saat ini sejumlah petugas IPJ telah berhasil membuat beberapa peti mati khusus jenazah Covid 19.

Hingga Minggu sore mereka masih terus membuatnya.

Berita Terkait

63 RW Wilayah Pengendalian Ketat di DKI Terima 385 Fasilitas Cuci Tangan Portable

Maya Rosfi'ah

Sehari Bisa Antar Puluhan Korban Meninggal Dunia kisah Sopir Mobil Jenazah DKI Jakarta

Maya Rosfi'ah

Ridwan Kamil Umumkan Jabar Bisa Produksi Masker Bedah Seperti Standar WHO Lawan Penimbun

Maya Rosfi'ah

77 Anak di NTB Positif Covid-19 Dibiarkan Orangtuanya Tak Pakai Masker Saat Berkeliaran di Jalan

Maya Rosfi'ah

Praktisi Kesehatan Imbau Perketat PSBB & Jalankan Protokol Kesehatan Kasus Covid-19 Melonjak

Maya Rosfi'ah

Total 8.607 Kasus Positif 720 Meninggal 1.042 Sembuh BREAKING NEWS Update Corona 25 April 2020

Maya Rosfi'ah

Ini Kata WHO Hasil Uji Klinis Awal Inggris Sebut Dexamethasone Dapat Obati Pasien Covid-19

Maya Rosfi'ah

Sampai Saat Ini Belum Ada Laporan Covid-19 Masuk menuju Wilayah Adat AMAN

Maya Rosfi'ah

Mau Blusukan menuju Jawa Tengah Presiden Jokowi Sudah Tidak Tahan

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment