Image default
Corona

China Kini Hadapi Lonjakan Kasus Covid-19 Tanpa Gejala atau Asimptomatik Infeksi Lokal Menurun

China melaporkan 39 kasus infeksi Covid 19 baru pada Minggu (5/4/2020). Angka ini mengalami kenaikan 30 orang sehari sebelumnya. Dilansir , sementara itu jumlah kasus infeksi corona tanpa gejala atau asimptomatik juga melonjak.

Komisi Kesehatan Nasional China mengatakan bahwa ada 78 kasus asimptomatik baru pada Senin (6/4/2020). Ke 78 kasus ini diidentifikasi sejak Minggu lalu, dan naik dari angka 47 sehari sebelumnya. Kasus impor dan pasien tanpa gejala memang kini menjadi perhatian utama bagi otoritas China sejak beberapa pekan terakhir.

Dari sejumlah kasus baru yang bergejala, 38 diantaranya adalah orang yang berasal dari luar negeri. Sementara itu kasus lokal juga muncul kembali di provinsi selatan Guangdong. Mengalami penurunan setelah sebelumnya ada lima orang yang terinfeksi.

Kini otoritas kesehatan Guangdong meningkatkan kewaspadaan di empat titik di Kota Guangzhou, Shenzhen dan Jieyang dari tingkat rendah ke sedang pada Minggu. Kini negeri tirai bambu telah mencatatkan total 81.708 kasus infeksi. Sementara itu jumlah kematiannya ada 3.331 orang.

Sedangkan pasien sembuh mencapai 77.078 orang. Infeksi harian ini turun drastis sejak Februari lalu. China juga telah lama menutup perbatasannya saat pandemi merebak secara global.

Kendati demikian, kasus impor berasal dari warga China sendiri yang pulang dari luar negeri. Menyoal infeksi asimptomatik, otoritas China juga telah mendorong pemerintah lokal untuk mengumpulkan pasien kondisi tersebut. Lantas mengindentifikasi dan mengisolasi orang orang itu.

Dilansir , Perwakilan Komisi Kesehatan Nasional (NHC), Wang Bin mengatakan akan memperluas pemindaian khusus pasien tanpa gejala. Kini mencakup kontak dekat pasien, kluster, dan area atau populasi di sekitarnya yang beresiko tinggi terinfeksi Covid 19. Lembaga medis ini akan bekerjasama dengan bantuan komunitas dan klinik.

Diharapkan para pasien ini akan bisa dikarantina dan terkonsentrasi secepat mungkin. Otoritas kesehatan Tiongkok juga mewajibkan rumah sakit nasional dan departemen pengendalian penyakit mengambil tindakan cepat setelah pasien asimptomatik COVID 19 terdeteksi. Setidaknya dalam waktu dua jam setelah ditemukan, pasien tanpa gejala harus dilaporkan ke departemen terkait.

Sementara itu, survei epidemiologis termasuk penyelidikan kontak harus diselesaikan dalam waktu 24 jam oleh departemen pengendalian penyakit. Setelah itu penderita Covid 19 asimptomatik akan dikarantina dengan pengawasan selama 14 hari. Pasien boleh pulang bila hasil dua kali tes swap atau asam nukleat negatif Covid 19.

Berita Terkait

Dua Pimpinan DPR RI Kenakan Masker Rapat Paripurna

Maya Rosfi'ah

”Mau di Bagasi kek ga Bakal Bisa. Kan Semua Bus udah Nggak Boleh Lewat” hendak di Mesin kek Polisi

Maya Rosfi'ah

Jokowi Minta Masyarakat yang Belum Dapatkan Bansos buat Lapor Mengaku Masih Ada Cadangan

Maya Rosfi'ah

Lima Laboratorium BPOM Siap Dukung Percepatan Pengujian Spesimen COVID-19

Maya Rosfi'ah

Amerika Serikat Capai 70 Ribu Inggris 30 Ribu Jiwa UPDATE Korban Meninggal Virus Corona 7 Mei 2020

Maya Rosfi'ah

DPRD DKI Minta Anies Terbitkan Kepgub Gratiskan Sewa Rusun yang Terdampak PSBB

Maya Rosfi'ah

Kapolda Metro Jaya Minta Warga Tidak Salat Idul Fitri di Masjid Demi Cegah COVID-19

Maya Rosfi'ah

Puluhan Warga di Kabupaten Bogor Diminta Isolasi Mandiri Hadiri Tahlilan Korban Covid-19

Maya Rosfi'ah

499 Positif & 45 Meninggal 81 Sembuh UPDATE Corona di Jawa Timur 15 April 2020

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment