Image default
Pendidikan

Cocok Ditonton di Momen Hari Guru Nasional 7 Film Indonesia tentang Perjuangan Guru

Senin (25/11/2019) diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Momen tersebut merupakan sebuah penghargaan atas jasa para Guru yang telah ikut mencerdaskan anak bangsa. Penetapan Hari Guru Nasional pada tanggal 25 November dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 78 tahun 1994.

Selain ditetapkan menjadi Hari Guru Nasional, tanggal 25 November juga dijadikan sebagai hari lahir organisasai Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Ada banyak cara memperingati momen spesial ini. Selain upacara, kita juga bisa menonton film yang mengisahkan perjuangan seorang guru.

Film ini berkisah tentang Denias, seorang anak dari pedalaman Papua yang rajin dan punya tekad kuat untuk belajar. Suatu ketika, guru favoritnya harus kembali ke kampung halaman. Denias pun berjuang mencari sekolah lain di daerahnya dengan melewati berbagai rintangan sulit seperti hutan, sungai, ngarai dan gunung.

Film ini berkisah tentang HOS Tjokroaminoto. Seorang bangsawan yang rela bekerja bersama rakyat jelata sekaligus menjadi guru dari beberapa tokoh nasional. Di antaranya adalah Soekarno dan Tan Malaka.

Dari film ini, kita belajar bahwa seorang guru tidak bisa menilai potensi siswa hanya dari kemampuan kognitifnya saja. Film ini juga mengandung pesan agar anak anak selalu berjuang sebaik mungkin untuk meraih cita cita melalui potensi besar yang mereka miliki. Film ini bercerita tentang pengorbanan seorang guru untuk anak anak yang ada di ujung Indonesia supaya memiliki masa depan gemilang.

Film ini memperlihatkan kita tentang semangat belajar anak anak di tempat terpencil. Meski penuh keterbatasan, tapi mereka bisa memanfaatkan hal itu untuk mengejar prestasi. Bercerita tentang seorang guru yang penuh inspirasi dan selalu memotivasi muridnya untuk mengejar passion dan kesuksesan.

Film ini mengajarkan kita bahwa menjadi guru haruslah memiliki pemikiran yang terbuka. Supaya anak anak dapat belajar dengan giat dan percaya diri mengejar setiap mimpi yang mereka miliki. Berkisah tentang sosok seorang guru bernama Balia yang sangat menginspirasi murid muridnya untuk mengejar pendidikan setinggi mungkin.

Meski harus mengalami berbagai konflik dan masalah kehidupan, tapi Balia selalu menyemangati muridnya untuk menuntut ilmu sampai ke jenjang perguruan tinggi. Film ini terinspirasi dari kisah nyata Butet Manurung, seorang guru yang mendedikasikan hidupnya untuk mengajar di masyarakat rimba dan tinggal di hutan. Ia terkena malaria dan diselamatkan oleh seorang anak bernama Bungo.

Bungo sangat ingin bisa membaca. Begitu juga Butet yang juga ingin mengajar Bungo dan teman temannya, namun adat di sana melarangnya. Seperti apa perjuangan Butet? tonton saja film nya!

Berita Terkait

Pendaftaran UTBK Gelombang II Akan Ditutup pada Senin (1/4/2019), Simak Link Pendaftaran UTBK

Maya Rosfi'ah

STIA LAN Jakarta Bakal Bertransformasi Jadi Politeknik Tahun 2020

Maya Rosfi'ah

Tata Cara Mandi Junub Pakai Debu Jika Tidak Ada Air, Ini Penjelasan dari Ustaz Abdul Somad

Maya Rosfi'ah

Tata Tertib UNBK SMK 2019 yang Wajib Diketahui Peserta, Digelar Mulai Besok hingga Kamis

Maya Rosfi'ah

Banggakan Indonesia, Riyan Adi Saputra Siswa SMA 1 Bandar Lampung Raih Perak di Filipina

Maya Rosfi'ah

Puldapia Expo Suguhkan 50 Sekolah Islam Berorientasi Global di Muslim Lifestyle Festival

Maya Rosfi'ah

Kampus Pencetak Entrepreneur TRIBUNNEWSWIKI – Mengenal Universitas Ciputra

Maya Rosfi'ah

Jawaban Soal TVRI SMP & Sederajat Apa Fungsi Sayap Pada Pesawat Terbang

Maya Rosfi'ah

Ini 4 Amalan Agar Panen Pahala Selamat Datang Bulan Rajab 1441 H Hari Ini Selasa 25 Februari 2020

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment