Image default
Travel

Daftar Paspor Terkuat & Terlemah di Dunia 2020 Indonesia Peringkat Berapa

PasporJepang dinobatkan sebagaipasporterkuat di tahun ini. Menurut pemeringkat paspor negara, Henley Passport Index (Indeks Paspor Henley), pemegangpaspor Jepangmemiliki bebas visa atau visa on arrival (visa pada kedatangan) ke 191 negara lain. Pada daftar paspor terkuat di dunia awal 2020, negara negara di Asia mendominasi daftar teratas.

Singapura berada pada peringkat ke dua dengan bebas visa dan visa pada kedatangan ke 190 negara dan Korea Selatan beserta Jerman di tempat ketiga dengan bebas visa dan visa pada kedatangan ke 189 negara. Setelah itu disusul dengan negara negara Eropa yang masuk kedalam sepuluh besar. Finlandia dan Spanyol di urutan keempat, Spanyol, Luksemburg, dan Denmark berada di urutan kelima.

Lalu disusul dengan Swedia dan Prancis di urutan ke enam. Sempat menjadi terkuat pada 2015, Amerika Serikat (AS) dan Inggris kini turun ke peringkat delapan. AS dan Inggris berada di posisi ke delapan bersama Belgia, Norwegia dan Yunani dengan paspor yang dapat mengakses 184 negara.

Kanada dan Australia sama sama berada di urutan ke sembilan. Sedangkan negeri tetangga Malaysia berada di peringkat 13 mendapat akses bebas visa ke 178 negara. China dan India masing masing berada di posisi 72 dan 84.

Pemegang paspor China memiliki akses ke 71 negara, sementara India hanya memiliki akses ke 58 negara. Posisi terbawah ada Irak di urutan 106 dan Afganistan 107. PasportIrak mendapat bebas visa ke 28 negara dan Afganistan hanya 26 negara.

1. Jepang dengan 191 negara 2. Singapuradengan 190 negara 3. Korea Selatan, Jermandengan 189 negara

4. Italia, Finlandiadengan 188 negara 5. Spanyol, Luksemburg, Denmarkdengan 187 negara 6. Swedia, Prancisdengan 186 negara

7. Swiss, Portugal, Belanda, Irlandia, Austriadengan 185 negara 8. Amerika Serikat, Britania Raya, Norwegia, Yunani, Belgia dengan 184 negara 9. Selandia Baru, Malta, Republik Ceko, Kanada, Australiadengan 183 negara

10. Slovakia, Lithuania, Hongariadengan 181 negara 100. Korea Utara, Sudan dengan 39 negara 101. Nepal, Wilayah Palestinadengan 38 negara

102. Libyadengan 37 negara 103. Yemendengan 33 negara 104. Somalia, Pakistandengan 32 negara

105. Suriahdengan 29 negara 106. Irakdengan 28 negara 107. Afghanistandengan 26 negara

Indeks Paspor Henley sendiri adalah pemeringkat paspor negara. Daftar ini dibuat oleh perusahaan keuangan. Indeks Paspor Henley didasarkan pada data yang disediakan oleh Otoritas Transportasi Udara Internasional (IATA) yang mencakup 199 paspor dan 227 tujuan perjalanan. Data tersebut diperbarui secara real time atau terus menerussepanjang tahun ketika perubahan kebijakan visa mulai berlaku.

Berita Terkait

Tagar #CoretBaliDanToba yang Sempat Trending Topic di Twitter Tuai Kecaman Netizen

Maya Rosfi'ah

Traveler yang Merekam Mengaku Tidak Menyangka Video Pramugara Lion Air Suapi Lansia Viral

Maya Rosfi'ah

Bisa Melanggar Aturan Budaya, Ini 7 Hal yang Tak Boleh Dilakukan di India

Maya Rosfi'ah

5 Kuliner Lezat yang Wajib Dicicipi Saat Liburan ke Tunisia

Maya Rosfi'ah

8 Potret Romantis Raffi Ahmad & Nagita Slavina saat Liburan di Labuan Bajo

Maya Rosfi'ah

Tak Perlu Mendaki! Ini 5 Tempat Terbaik Menikmati Keindahan Gunung Merapi dari Jauh

Maya Rosfi'ah

10 Destinasi Wisata Populer untuk Liburan Akhir Pekan di Jakarta

Maya Rosfi'ah

Kelakuan Dua Turis Kendarai Motor Ini Buat Geram Warga Bali Viral di Medsos

Maya Rosfi'ah

Pria Pakai Kostum Rilakkuma di Tengah Pandemi Virus Corona Viral di Medsos

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment