Image default
Nasional

dan Dokter di RSPI Sulianti Saroso Wajib Lakukan Tindakan ‘Safety Diri’ Perawat Petugas

Direktur Utama Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso Mohammad Syahril menjelaskan, petugas, perawat dan dokter yang bertugas menangani pasien dengan virus corona atau Covid 19 wajib melakukan tindakan safety diri. Tindakan safety diri ini meliputi hal hal yang berkaitan dengan kebersihan diri. Mulai dari mencuci tangan menggunakan hand sanitizer, memiliki lingkungan hidup yang sehat hingga mengkonsumsi makanan dengan teratur.

Bahkan, pihak RSPI Sulianti Saroso pun turut memberikan mereka vitamin agar tetap sehat. "Yang pertama dia harus melakukan safety untuk dia sendiri. Safety seperti apa? Cuci tangan, lingkungan baik, makan baik, bahkan kita kasih vitamin untuk seluruh karyawan dan yang mengawasi," kata Syahril di Jakarta, Selasa (3/3/2020). Lebih lanjut, Syahril mengatakan tindakan safety diri yang diwajibkan pada petugas medis dan karyawan RSPI Sulianti Saroso juga menyangkut cara penggunaan masker yang baik dan benar.

Selain itu, penggunaan alat medis untuk penanganan pasien dengan virus corona pun harus benar. "Jadi benar tidak dia pakai maskernya? Benar tidak dia pakai alatnya? Mulai dari pakai sampai melepas dan menaruh barang di tempat. Jadi perawat yang bertugas yang bertugas mengawasi pencegahan dan pengendalian infeksi," jelas Syahril. RSPI Sulianti Saroso menerima dua pasien baru suspek Virus Corona pada Selasa (3/3) pagi.

Keduanya memiliki gejala yang sama dengan dua pasien yang dinyatakan positif Covid 19, yang sebelumnya telah terlebih dahulu dirawat di ruang isolasi RSPI Sulianti Saroso. Gejala gejala virus corona yang ditemukan pada dua pasien baru tersebut yakni mulai dari demam tinggi, batuk batuk hingga sakit tenggorokan. "Dia masuk dengan kondisi batuk, demam, dan juga ada sakit tenggorokan," ungkap Syahril di Jakarta.

Dengan tambahan dua pasien baru itu, lanjut dia, total sudah ada 8 pasien yang menjalani perawatan intensif di ruang isolasi RSPI Sulianti Saroso pada hari ini. Dua pasien tersebut diterima Selasa pagi. Sementara empat lainnya, diterima pada Senin (2/3) malam.

"Total ada 8 pasien di Isolasi, dua positif sisanya enam orang dalam pengawasan," kata Syahril, di RSPI Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, Selasa (3/3/2020).

Berita Terkait

Ini ketentuan Masuk Poltekip & Poltekim Pendaftaran Sekolah Kedinasan Kemenkumham Dibuka 8 Juni

Maya Rosfi'ah

50.114 Pekerja Migran bakal Pulang menuju Indonesia Juli Mendatang Apa Langkah Satgas Covid-19

Maya Rosfi'ah

Mulai Pukul 08.00 WIB buat PAUD Link Live Streaming TVRI Belajar dari Rumah Rabu 10 Juni 2020

Maya Rosfi'ah

Ini Lika-Liku Perjalanan Kasusnya Buronan Djoko Tjandra Berhasil Ditangkap

Maya Rosfi'ah

Peringatan Dini BMKG: Waspada! Cuaca Ekstrem Hari Ini Sabtu 27 April, Dampak Pusat Tekanan Rendah

Maya Rosfi'ah

Geisz Semprot Guntur Romli Katanya Gagal Ungkap Prestasi Anies Baswedan Ngapain PSI Jegal Anies

Maya Rosfi'ah

Seminar Pemakzulan Presiden Disebut Batal Karena Diteror Fadli Zon Bereaksi Kenapa Takut Bicara

Maya Rosfi'ah

Kisah Unik Pemudik, Melahirkan di Kapal Hingga Ketinggalan di SPBU dan Rest Area

Maya Rosfi'ah

PR Penting Di Awal Pemerintahan Jokowi Maruf Amin Menteri Diminta Tidak Saling Serang

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment