Image default
Pendidikan

Dapat Nilai UN Sempurna, Ananda Hafidh Rifai Siswa SMA N 4 Solo: Ya Allah, Nggak Nyangka

Ananda Hafidh Rifai, tak pernah menyangka bakal mendapat nilai sempurna di Ujian Nasional (UN). Hasil pengumuman UN menunjukkan Hafidh berhasil meraih nilai 100 di empat mata pelajaran yang diujikan. Hafidh mendapat nilai 100.

Nilai Wajib 100, skor 100. Dan terakhir mata pelajaran yang cukup sulit Fisika, Hafidh mendapat nilai 100. Siswa kelas XII jurusan IPA 6 itu rupanya memilih belajar sendiri di luar sekolah.

Hafidh tidak mengikuti program bimbingan belajar seperti banyak dipilih pelajar seusianya ketika menghadapi UN. Dia bahkan mengaku belajar dari internet. "Saya belajar sendiri, kadang dapat materi dari internet,"

Meski tidak terlahir dari keluarga berada, Hafidh tidak patang semangat. Ibunya, Supatmi, sehari hari bekerja sebagai penjual mainan anak anak di depan sekolah dasar. Orangtua Hafidh memiliki tanggung jawab besar menghidupi empat orang anak.

Hafidh sering kali membantu ibunya mengasuk ketiga adiknya. "Adik saya 3, jadi kalau pulang ke rumah saya sering bantu ngemong adik adik," "Ibu kaget juga pas dengar saya dapat nilai 100, tapi ya senang juga," kata Hafidh.

Hafidh tidak menyangka bakal mendapat nilai 100. Menurutnya, selama ini dia belajar biasa saja dan tidak terlalu keras. Karena dia memiliki keyakinan belajar terlalu keras belum tentu baik.

"Tidak menyangka, karena awalnya tidak ditarget (nilai 100)," "Kalau saya merasa tidak cukup dengan buku dari sekolah saya pasti cari tahunya dari internet, lebih praktis saja," ucapnya. Hafidh akan melanjutkan studi ke tingkat pendidikan tinggi.

Hafidh telah diterima sebagai mahasiswa baru melalui (SNMPTN). Bocah 18 tahun ini juga masih menghadapi 8 besar Olimpiade Astronomi tingkat nasional. Mendapat nilai UN sempurna, bagaimana kebiasaan Hafidh di kelas?

Cerdas mendapat nilai UN rata rata 100, Hafidh layaknya remaja pada umumnya. Dia dikenal remaja riang dan tertarik mata pelajaran Fisika dan dunia Astronomi. Berikut ini beberapa foto kegiatan Hafidh yang diunggah ke media sosial!

Berita Terkait

Mahasiswa ITS Ini Selesaikan Skripsi Setebal 3.045 Dalam 3 Minggu

Maya Rosfi'ah

Pendaftaran UTBK Gelombang II Akan Ditutup pada Senin (1/4/2019), Simak Link Pendaftaran UTBK

Maya Rosfi'ah

Jangan Tunggu Aba-Aba Jangan Tunggu Perintah! Pesan Nadiem di Hari Guru Nasional

Maya Rosfi'ah

Universitas Budi Luhur Kirim 741 Mahasiswa Jalani KKN Semester Genap ke Enam Provinsi

Maya Rosfi'ah

Catat Link Berikut! Daftar Lengkap Formasi CPNS 2019 Sepi Peminat Namun Gaji Hingga Puluhan Juta

Maya Rosfi'ah

Asyiknya Belajar Sastra Langsung dari Tokoh Terkenal Sastrawan Masuk Sekolah

Maya Rosfi'ah

28 Siswa Jadi Pemenang Kompetisi Matematika Nasional Eduversal

Maya Rosfi'ah

Tata Cara Mandi Junub Pakai Debu Jika Tidak Ada Air, Ini Penjelasan dari Ustaz Abdul Somad

Maya Rosfi'ah

Perlu Wadah Khusus Buat Pelajar buat Curhat Agar Masalah Kesehatan Mental Berkurang

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment