Image default
Nasional

Datangi Rumah Murid buat Mengajar di Tengah Pandemi Covid-19 Guru TK di Perbatasan

Mengajar dalam situasi pandemi covid 19 memiliki tantangan tersendiri, apalagi untuk jenjang taman kanak kanak. Seperti halnya yang dirasakan Sofiyah, Guru TK Aisyiyah Sangau, Kalimantan Barat. Pembelajaran jarak jauh (PJJ) untuk anak anak TK sangatlah sulit dan dirasa kurang optimal. Untuk itu, Sofiyah dan guru lainnya memutuskan untuk mengunjungi rumah para siswa dan mengumpulkan siswa dalam satu lingkup tempat tinggal yang berdekatan.

"Kami pun memutuskan melakukan kunjungan ke rumah rumah murid. Setiap kunjungan paling banyak murid yang berkumpul 5 orang, karena lingkungan tempat tinggal berdekatan," ujar Sofiyah dalam diskusi daring, Senin (17/8/2020). Di setiap kunjungan ke rumah murid tersebut, ujar Sofiyah, protokol kesehatan tetap diterapkan, misalnya di rumah, orangtua menyediakan tempat cuci tangan dan anak murid harus mengenakan masker. "Kami guru juga membawa disinfektan untuk menjaga kebersihan alat mengajar," terang dia.

Sofiyah menuturkan, materi pembelajaran yang diajarkan berfokus pada life skills, kemandirian, dan keagamaan, sehingga perlu dipantau secara langsung apakah materi tersebut diterima baik oleh murid. "Belajar bercocok tanam bersama kami lakukan bersama murid di rumah. Karena kami sekolah berbasis keagamaan saat kunjungan itu juga kami pantau hafalan surat pendek alquran, gerakan wudhu dan shalat," "Pendidikan karakter ini penting," lanjutnya.

Ia mengatakan, pembelajaran jarak jauh juga dilakukan namun porsinya lebh sedikit. "Lewat whatapss. Guru memberi tugas life skills yang nanti dipraktikkan murid di rumah dan dikirimkan via video," jelas Shofiyah. Di tengah pandemi virus corona, Shofiyah mengatakan, diperlukan inovasi dan kreatifitas guru, murid maupun orangtua.

"Semuanya perlu bekerja sama. Kami guru berinovasi dengan materi, sementara anak dan orangtua saling mendukung kegiatan belajar," ungkap Shofiyah.

Berita Terkait

Selasa 28 April 2020 Jawaban Soal Urutkan Pecahan dari Kecil menuju Besar Belajar dari Rumah TVRI SMP

Maya Rosfi'ah

Moeldoko Minta LKPP & BPKP Perkuat Pendampingan Badan Pelaksana Kartu Prakerja

Maya Rosfi'ah

LPSK Kabulkan Permohonan Perlindungan Terhadap 14 ABK Korban Praktik Perbudakan di Kapal Ikan China

Maya Rosfi'ah

Ozi Syahputra Muncul dengan Peran Beda Legenda Hantu Si Manis Jembatan Ancol Kembali menuju Layar Lebar

Maya Rosfi'ah

Dilengkapi Flight Simulator Dan Pabrik Pengolahan Ikan Kediaman Susi Pudjiastuti Di Pangandaran

Maya Rosfi'ah

PKS Minta Pemerintah Sampaikan Protes Kepada PBB Soal Serangan Israel menuju Gaza

Maya Rosfi'ah

22 Wilayah Waspada Hujan Disertai Angin Kencang Peringatan Dini Cuaca Ekstrem BMKG 23 Juli 2020

Maya Rosfi'ah

Kami Konsisten Dukung Presiden Dan Tak Urus Soal Jabatan Menteri Seknas Jokowi

Maya Rosfi'ah

Daftar Promo Hari Kemerdekaan: Beli 1 Gratis 1 di Pizza Hut, Beli 2 Minuman di J.CO Bayar Rp 50 Ribu

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment