Image default
Kesehatan

Dikenal Menyehatkan, Baiknya Jangan Beri Air Kelapa Muda Jika Orang Mengalami 5 Kondisi Ini

Terbukti memiliki banyak nutrisi, wajar jika air kepala dikenal dengan sebutan air segudang manfaat. Air kelapa diketahui memiliki kandungan elektrolit, klorida, kalium, magnesium, natrium, dan protein. Selain itu, minuman ini juga merupakan sumber serat makanan, mangan, kalsium, ribpflavin, dan vitamin C yang baik bagi tubuh.

Berdasarkan kriteria fisik dan status kesehatan tertentu, ada beberapa orang yang sebaiknya tidak mengonsumsi minuman ini. Penderita gangguan ginjal justru tidak disarankan untuk banyak mengonsumsi air kelapa. Hal tersebut karena kandungan potasium pada air kelapa bisa membuat kondisi ginjal lebih terbebani.

Tak hanya membebani ginjal, rupanya kandungan potasium atau kalium yang tinggi pada air kelapa pun berdampak buruk bagi penderita jantung. Dalam satu cangkir air kelapa segar kira kira mengandung 252 mg sodium yang mempengaruhi kesehatan jantung bagi orang yang sudah memiliki kelainan pada organ jantung. Kandungan kalium dan gula yang tinggi membuat minuman yang satu ini tidak direkomendasikan bagi penderita diabetes.

Hal ini karena kandungan gula yang ada dalam air kelapa bisa membuat diabetes menjadi sulit terkontrol. Rupanya air kelapa memiliki efek laxative yang bisa berbahaya bagi seseorang dengan penderita iritasi usus. Efek tersebut membuat air kelapa memiliki fungsi sebagai pencahar alami sehingga tidak direkomendasikan.

Ada juga orang orang yang tidak direkomendasikan meminum air kelapa karena tengah menjalani pengobatan dengan mengonsumsi obat obatan tertentu. Obat obatan yang dimaksud antara lain inhibitor ACE, beta blocker, dan beberapa antibiotik seperti penicillin. Hal ini karena konsumsinya secara berbarengan bisa membuat kadar kalium dalah darah semakin tinggi, sehingga berbahaya bagi tubuh.

Nah, jadi jangan sembarangan memberi air kelapa muda untuk orang orang dengan lima kondisi tersebut ya.

Berita Terkait

Solusi Bibir Pecah Pecah, Coba Tips Praktisi Kesehatan Andrew Weil MD Ini, Mudah!

Maya Rosfi'ah

Seperti Ini Caranya Atasi Gusi Bengkak Hanya dengan Kunyit

Maya Rosfi'ah

Dua Obat Kanker yang Rencananya Dihapus dari Layanan BPJS Kesehatan Ditunda

Maya Rosfi'ah

Implementasi Peraturan tentang Nutrisi Medis Khusus buat Memenuhi Nutrisi Anak Berpenyakit Langka

Maya Rosfi'ah

Sejak Kecil Tak Bisa Lepas Dari Es, Inikah Pemicu Sungadi Obesitas Hingga Bobotnya 1,4 Kuintal?

Maya Rosfi'ah

Karbohidrat Bikin Gemuk Adalah Persepsi yang Salah, Ini Penjelasannya

Maya Rosfi'ah

Benarkah Kecanduan Internet Bisa Turunkan Daya Ingat dan Fungsi Otak? Simak Penjelasannya!

Maya Rosfi'ah

Bidan Berperan dalam Pelayanan Kesehatan Reproduksi dan Kesehatan Seksual Perempuan

Maya Rosfi'ah

Aura Kasih Disebut ‘Pabrik Susu’ Asosiasi Ibu Menyusui Bereaksi, Gak Pantas Dibuat Candaan

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment