Image default
Kesehatan

Dinkes DKI Bagikan Trik Hindari Heat Stroke Cuaca Ekstrem

Warga DKI Jakarta terancam mengalami heat stroke atau kondisi suhu tubuh yang terlalu panas yang disebabkan oleh cuaca ekstrem. Apalagi suhu udara di Pulau Jawa hingga Nusa Tenggara berkisar 35 36,6 derajat celcius hingga akhir Oktober 2019, berdasarkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). “Kalau panasnya sangat ekstrem yang sangat dikhawatirkan adalah heat stroke,” kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti pada Jumat (25/10/2019).

Widyastuti mengatakan, lembaganya telah membuat selebaran untuk mengantisipasi serangan heat stroke. Selabaran itu dibagikan di sejumlah layanan kesehatan di Jakarta seperti rumah sakit, Posyandu dan Puskesmas. Tercatat ada enam upaya yang dapat dilakukan masyarakat untuk mengantisipasi heat stroke.

Pertama hindari berada di luar ruangan pada pukul 10.00 sampai 16.00, karena pada saat itu suhu udara sangat terik. Kedua, minum air putih hingga tiga jam sekali, atau minimal dua liter per hari. “Jangan menunggu haus baru minum air mineral, jadi sebelum haus juga harus tetap minum,” ujarnya.

Ketiga, masyarakat diminta mengonsumsi buah buahan segara dan banyak mengandung air. Keempat, warga diimbau memakai masker dan payung saat keluar ruangan. Kelima, bila keluar ruangan hendaknya memakai krim pelembab kulit guna meredam paparan sinar matahari.

“Upaya terakhir menjaga kondisi tubuh dengan istirahat dan tidur yang cukup,” jelasnya. Meski belum ada yang meninggal dunia akibat penyakit ini, namun heat stroke tetap harus diwaspadai. Gejala umum dari penyakit ini adalah kepala pusing, tidak sadarkan diri, kelelahan hingga muntah.

Kondisi heat stroke biasanya dipicu oleh dua faktor, yakni suhu lingkungan yang tinggi dan melakukan aktivitas yang berat. (faf)

Berita Terkait

Olahraga Zumba Terasa Menyenangkan dengan Musik Rock

Maya Rosfi'ah

Tiga Alasan Ini yang Menjelaskan Mi Instan Berbahaya buat Kesehatan

Maya Rosfi'ah

Empat Trik Sederhana Hindari Virus Corona Ala Ahli Kesehatan Masyarakat

Maya Rosfi'ah

Karbohidrat Bikin Gemuk Adalah Persepsi yang Salah, Ini Penjelasannya

Maya Rosfi'ah

dari dari Jus Pare hingga Daging Merah 8 Bahan Alami buat Kontrol Gula Penderita Diabetes

Maya Rosfi'ah

Kamu Bisa Tahu Bagaimana Kondisi Jantungmu saat Ini Hanya Dalam Waktu 30 Detik

Maya Rosfi'ah

China Umumkan Virus Korona Jenis Baru Dapat Menular Antar-Manusia Tak Lagi Pasif

Maya Rosfi'ah

Sering Dianggap Sama, Ini Bedanya Pilek dan Flu, Mulai Dari Penyebab, Gejala Hingga Obatnya!

Maya Rosfi'ah

Yuk Ketahui Ciri Hamil Anak Laki Akurat dengan Cara Berikut Ibu Hamil Wajib Tahu

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment