Image default
Kesehatan

Dinkes DKI Bagikan Trik Hindari Heat Stroke Cuaca Ekstrem

Warga DKI Jakarta terancam mengalami heat stroke atau kondisi suhu tubuh yang terlalu panas yang disebabkan oleh cuaca ekstrem. Apalagi suhu udara di Pulau Jawa hingga Nusa Tenggara berkisar 35 36,6 derajat celcius hingga akhir Oktober 2019, berdasarkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). “Kalau panasnya sangat ekstrem yang sangat dikhawatirkan adalah heat stroke,” kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti pada Jumat (25/10/2019).

Widyastuti mengatakan, lembaganya telah membuat selebaran untuk mengantisipasi serangan heat stroke. Selabaran itu dibagikan di sejumlah layanan kesehatan di Jakarta seperti rumah sakit, Posyandu dan Puskesmas. Tercatat ada enam upaya yang dapat dilakukan masyarakat untuk mengantisipasi heat stroke.

Pertama hindari berada di luar ruangan pada pukul 10.00 sampai 16.00, karena pada saat itu suhu udara sangat terik. Kedua, minum air putih hingga tiga jam sekali, atau minimal dua liter per hari. “Jangan menunggu haus baru minum air mineral, jadi sebelum haus juga harus tetap minum,” ujarnya.

Ketiga, masyarakat diminta mengonsumsi buah buahan segara dan banyak mengandung air. Keempat, warga diimbau memakai masker dan payung saat keluar ruangan. Kelima, bila keluar ruangan hendaknya memakai krim pelembab kulit guna meredam paparan sinar matahari.

“Upaya terakhir menjaga kondisi tubuh dengan istirahat dan tidur yang cukup,” jelasnya. Meski belum ada yang meninggal dunia akibat penyakit ini, namun heat stroke tetap harus diwaspadai. Gejala umum dari penyakit ini adalah kepala pusing, tidak sadarkan diri, kelelahan hingga muntah.

Kondisi heat stroke biasanya dipicu oleh dua faktor, yakni suhu lingkungan yang tinggi dan melakukan aktivitas yang berat. (faf)

Berita Terkait

Jadi Buruan Artis Hingga Izinnya Hanya Dokter Umum Fakta Klinik Suntik Punca Ilegal Disegel

Maya Rosfi'ah

Cegah Stunting pada Anak, Ini Asupan Makanan yang Disarankan

Maya Rosfi'ah

Sejak Kecil Tak Bisa Lepas Dari Es, Inikah Pemicu Sungadi Obesitas Hingga Bobotnya 1,4 Kuintal?

Maya Rosfi'ah

Sering Dipilih untuk Mengatasi Rasa Lembab di Miss V, Kapan Waktu Tepat Pakai Pantyliner?

Maya Rosfi'ah

Sering Dianggap Sama, Ini Bedanya Pilek dan Flu, Mulai Dari Penyebab, Gejala Hingga Obatnya!

Maya Rosfi'ah

Tapi Manjur Juga buat Pertumbuhan Rambut Bayi Manfaat Daun Seledri Bukan Hanya buat Kesehatan

Maya Rosfi'ah

Manfaat Buah Semangka yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Maya Rosfi'ah

Ibu dengan Banyak Anak Kata Peneliti Cenderung Awet Muda, Ini Penjelasannya

Maya Rosfi'ah

Kripik Kentang Hingga Minuman Soda 11 Daftra Makanan yang Dapat Menyebabkan Penyakit Kanker

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment