Image default
Internasional

Dr Toru Kakuta dari Jepang Ungkap Pemeriksaan Air Liur Lebih Akurat Dibanding Lendir Hidung

Dr Toru Kakuta (64), Wakil Ketua Asosiasi Dokter Metropolitan Tokyo mengungkapkan pentingnya pemeriksaan air liur manusia untuk pembuktian terinfeksi tidaknya terhadap Covid 19. "Ternyata pemeriksaan air liur lebih akurat ketimbang lendir di dalam hidung. Pemeriksaan air liur negatif, dilakukan lagi seminggu kemudian negatif, dipastikan 100 persen negatif," kata Dr Toru Kakuta, Sabtu (16/5/2020). Namun kalau pemeriksaan dari lendir hidung dalam, walaupun negatif, ternyata kemungkinan melenceng masih lebih besar ketimbang contoh (sampel) dari air liur.

"Virus Corona ternyata mudah sekali menancapkan kakinya ke lidah manusia. Dari sana menyebar luas sehingga kalau kita ambil air liur seseorang, dipastikan benar positif atau negatif terinfeksi Corona saat ini dengan alat tes yang ada," tambahnya. Hal tersebut dapat dipastikan pula dengan melihat kepada tes PCR yang ternyata hasil tes menggunakan air liur (ludah manusia) jauh lebih akurat ketimbang lendir di dalam hidung manusia. Selain itu Kakuta juga berharap kepada Pemda Tokyo untuk membuat rumah sakit khusus Corona agar perlakuan khusus dapat dilakukan di dalam rumah sakit tersebut kepada para pasiennya, sehingga penanganan lebih terfokus dan cepat sembuh.

Demikian pula terhadap para tenaga medis dan dokter, Dr Toru Kakuta berharap masyarakat bisa menerima mereka dengan baik, jangan melakukan diskriminasi dan menjauhkan mereka. "Para tenaga medis juga punya keluarga, kerja keras membantu pasien dan berisiko tinggi terinfeksi pula. Kalau pulang ke rumahnya mereka juga punya risiko menularkan kepada keluarganya. Tapi tolong terimalah mereka, jangan malah dijauhkan," harapnya. Diskusi mengenai Jepang dalam WAG Pecinta Jepang terbuka bagi siapa pun. Kirimkan email dengan nama jelas dan alamat serta nomor whatsapp ke: [email protected]

Berita Terkait

Pembobolan Penjara Paling Aman di Dunia Tayang di Bioskop TransTV Pukul 21.00 Sinopsis Escape Plan

Maya Rosfi'ah

Gara-Gara Turis Indonesia Bikin Shinkansen Terlambat Berangkat Lebih dari 10 Menit VIRAL

Maya Rosfi'ah

Minta Pihak Berwenang segera Usut Kasusnya Donald Trump Mengaku Bicara dengan Keluarga George Floyd

Maya Rosfi'ah

Viral Acara Lamaran Sebelahan dengan Acara Takziah, Netizen Sempat Marah tapi Endingnya Beri Pujian

Maya Rosfi'ah

Meski Sudah Lockdown Jumlah Kematian Akibat Virus Corona di Italia Melampaui China

Maya Rosfi'ah

Rain Akan Perankan Seorang Pengacara Egois dalam Drama Terbarunya

Maya Rosfi'ah

hingga Mengemis di Bawah Jembatan Meghan Markle Dituduh Sebabkan Saudaranya Jadi Gelandangan

Maya Rosfi'ah

Balita 16 Bulan Kritis, Diduga Jadi Korban Kekerasan Seksual Pria Pedofil, Pacar Ibunya

Maya Rosfi'ah

Lebih dari Sepertiga Anggaran Jepang Tahun 2020 Dialokasikan buat Kesejahteraan Sosial

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment