Image default
Internasional

Dr Toru Kakuta dari Jepang Ungkap Pemeriksaan Air Liur Lebih Akurat Dibanding Lendir Hidung

Dr Toru Kakuta (64), Wakil Ketua Asosiasi Dokter Metropolitan Tokyo mengungkapkan pentingnya pemeriksaan air liur manusia untuk pembuktian terinfeksi tidaknya terhadap Covid 19. "Ternyata pemeriksaan air liur lebih akurat ketimbang lendir di dalam hidung. Pemeriksaan air liur negatif, dilakukan lagi seminggu kemudian negatif, dipastikan 100 persen negatif," kata Dr Toru Kakuta, Sabtu (16/5/2020). Namun kalau pemeriksaan dari lendir hidung dalam, walaupun negatif, ternyata kemungkinan melenceng masih lebih besar ketimbang contoh (sampel) dari air liur.

"Virus Corona ternyata mudah sekali menancapkan kakinya ke lidah manusia. Dari sana menyebar luas sehingga kalau kita ambil air liur seseorang, dipastikan benar positif atau negatif terinfeksi Corona saat ini dengan alat tes yang ada," tambahnya. Hal tersebut dapat dipastikan pula dengan melihat kepada tes PCR yang ternyata hasil tes menggunakan air liur (ludah manusia) jauh lebih akurat ketimbang lendir di dalam hidung manusia. Selain itu Kakuta juga berharap kepada Pemda Tokyo untuk membuat rumah sakit khusus Corona agar perlakuan khusus dapat dilakukan di dalam rumah sakit tersebut kepada para pasiennya, sehingga penanganan lebih terfokus dan cepat sembuh.

Demikian pula terhadap para tenaga medis dan dokter, Dr Toru Kakuta berharap masyarakat bisa menerima mereka dengan baik, jangan melakukan diskriminasi dan menjauhkan mereka. "Para tenaga medis juga punya keluarga, kerja keras membantu pasien dan berisiko tinggi terinfeksi pula. Kalau pulang ke rumahnya mereka juga punya risiko menularkan kepada keluarganya. Tapi tolong terimalah mereka, jangan malah dijauhkan," harapnya. Diskusi mengenai Jepang dalam WAG Pecinta Jepang terbuka bagi siapa pun. Kirimkan email dengan nama jelas dan alamat serta nomor whatsapp ke: [email protected]

Berita Terkait

Pemeran John Wick Keanu Reeves Perkenalkan Pacar menuju Publik setelah Berpuluh-puluh Tahun Sendiri

Maya Rosfi'ah

40 Negara dengan Jumlah Kasus Terbanyak Indonesia Berada di Urutan 38 Update Corona 6 April 2020

Maya Rosfi'ah

Hanko Omong Kosong di Era Digital Ketua Keidanren Jepang

Maya Rosfi'ah

Perekam Klarifikasi Fakta Sebenarnya VIRAL Video Kursi Berputar Sendiri Tanpa Ada yang Menyentuh

Maya Rosfi'ah

Polisi Wanita Amankan Jalannya Ibadah Haji di Mekkah buat Pertama Kalinya

Maya Rosfi'ah

Pangeran William Akhirnya Ungkap Rasa Depresinya Usai 22 Tahun Kematian Putri Diana

Maya Rosfi'ah

S 400, Rudal Super Canggih Buatan Rusia Yang Bikin Turki Berpaling Dari Amerika Serikat

Maya Rosfi'ah

Kemenlu Angkat Bicara Soal WNI Pasien Corona Meninggal di Singapura

Maya Rosfi'ah

Film Adaptasi Video Game Besutan Sega yang Sempat Tuai Kecaman di Media Sosial Sonic the Hedgehog

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment