Image default
Internasional

Dr Toru Kakuta dari Jepang Ungkap Pemeriksaan Air Liur Lebih Akurat Dibanding Lendir Hidung

Dr Toru Kakuta (64), Wakil Ketua Asosiasi Dokter Metropolitan Tokyo mengungkapkan pentingnya pemeriksaan air liur manusia untuk pembuktian terinfeksi tidaknya terhadap Covid 19. "Ternyata pemeriksaan air liur lebih akurat ketimbang lendir di dalam hidung. Pemeriksaan air liur negatif, dilakukan lagi seminggu kemudian negatif, dipastikan 100 persen negatif," kata Dr Toru Kakuta, Sabtu (16/5/2020). Namun kalau pemeriksaan dari lendir hidung dalam, walaupun negatif, ternyata kemungkinan melenceng masih lebih besar ketimbang contoh (sampel) dari air liur.

"Virus Corona ternyata mudah sekali menancapkan kakinya ke lidah manusia. Dari sana menyebar luas sehingga kalau kita ambil air liur seseorang, dipastikan benar positif atau negatif terinfeksi Corona saat ini dengan alat tes yang ada," tambahnya. Hal tersebut dapat dipastikan pula dengan melihat kepada tes PCR yang ternyata hasil tes menggunakan air liur (ludah manusia) jauh lebih akurat ketimbang lendir di dalam hidung manusia. Selain itu Kakuta juga berharap kepada Pemda Tokyo untuk membuat rumah sakit khusus Corona agar perlakuan khusus dapat dilakukan di dalam rumah sakit tersebut kepada para pasiennya, sehingga penanganan lebih terfokus dan cepat sembuh.

Demikian pula terhadap para tenaga medis dan dokter, Dr Toru Kakuta berharap masyarakat bisa menerima mereka dengan baik, jangan melakukan diskriminasi dan menjauhkan mereka. "Para tenaga medis juga punya keluarga, kerja keras membantu pasien dan berisiko tinggi terinfeksi pula. Kalau pulang ke rumahnya mereka juga punya risiko menularkan kepada keluarganya. Tapi tolong terimalah mereka, jangan malah dijauhkan," harapnya. Diskusi mengenai Jepang dalam WAG Pecinta Jepang terbuka bagi siapa pun. Kirimkan email dengan nama jelas dan alamat serta nomor whatsapp ke: [email protected]

Berita Terkait

Brenton Tarrant, Teroris Penembak Masjid di Selandia Baru Bakal Jalani Tes Kejiwaan

Maya Rosfi'ah

KJRI Houston Tanggapi Vonis Pelaku Tabrakan yang Tewaskan WNI Ratih Sinta di Lousiana

Maya Rosfi'ah

5 Fakta Kebakaran Gedung Kyoto Animation Jepang, 33 Orang Tewas, Sengaja Dibakar, Pelaku: Mati Kau!

Maya Rosfi'ah

Polisi Wanita Amankan Jalannya Ibadah Haji di Mekkah buat Pertama Kalinya

Maya Rosfi'ah

Menurut Penelitian Perempuan Lebih Mungkin Bertahan dari Virus Corona Dibanding Lelaki

Maya Rosfi'ah

Istri Bagikan Momen Terakhir Pamit Futsal Ternyata Tak Pernah Kembali Viral Tragedi Pengantin Baru

Maya Rosfi'ah

Belum 1 Menit Uang Gosong Wanita Ini Panggang Uang Rp 6 Juta di Microwave Takut Virus Corona

Maya Rosfi'ah

Dikasih Obat Dosis Tinggi Sempat Ditolak Masuk Masjid kisah Jemaah WNI yang Dikarantina di India

Maya Rosfi'ah

Rudal Iran Bikin 50 Tentara AS Cedera Otak

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment